KOMPONEN KOMPUTER – Pada kesempatan kali ini inspiring.id akan informasi tentang bagaian-bagian komputer menunjang terbentuknya sebuah komputer yang bisa kita gunakan setiap hari.
Komputer adalah perangkat elektronik yang sedang mengambil data mentah sebagai masukan dari pengguna dan prosesnya di bawah kendali seperangkat cara (hasil program), menghasilkan hasil (keluaran), dan menyimpannya untuk pemakaian selanjutnya. Tutorial ini menjelaskan konsep dasar perangkat keras komputer, perangkat lunak, sistem operasi, periferal, dll. Bersama dengan sobat dan manfaat paling besar dari teknologi komputer.
Daftar Isi
Hadirin
Tutorial ini telah dipersiapkan untuk pemula dan para level lanjutan yang ingin berhubungan dengan komputer. Tutorial ini juga sangat berguna bagi mahasiswa S1 ilmu komputer, teknik, administrasi bisnis, manajemen, sains, perdagangan dan kesenian, dimana kursus pengantar komputer merupakan bagian dari kurikulum.
Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda akan menemukan diri Anda berada pada tingkat keahlian yang sedang dalam pengertian dasar-dasar komputer dari tempat Anda bisa membawa diri Anda ke tingkat berikutnya.
Prasyarat
Pengetahuan komputer sedikit prasyarat untuk memulai isi dari tutorial ini. Tutorial ini tidak mengasumsikan latar belakang dalam pemrograman Komputer atau Komputer.
Komponen Komputer – Pratinjau
Dunia sekarang adalah dunia yang kaya informasi dan telah menjadi kebutuhan setiap orang untuk mengetahui tentang komputer. Komputer adalah perangkat pengolah data elektronik, yang menerima dan menyimpan data input, input input data, dan hasil output dalam format yang dibutuhkan.
Tujuan dari tutorial ini adalah mengenalkan Anda pada Komputer dan.
Fungsionalitas Komputer
Jika kita melihat dalam arti yang sangat luas, setiap komputer digital melakukan lima fungsi berikut –
Langkah 1 – data data sebagai masukan.
Langkah 2 – Menyimpan data / cara dalam memori dan menggunakan sesuai kebutuhan.
Langkah 3 – Memproses data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.
Langkah 4 – Menghasilkan output.
Langkah 5 – Mengontrol agan di atas.
Keuntungan dari Komputer
Berikut adalah keuntungan komputer tertentu.
Kecepatan tinggi
- Komputer adalah perangkat yang sangat cepat.
- Hal ini mampu melakukan perhitungan jumlah data yang sangat besar.
- Komputer memiliki satuan kecepatan dalam mikrodetik, nanodetik, dan bahkan picosecond.
- Hal itu bisa dilakukan jutaan hitungan dalam beberapa detik dengan pria yang akan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk melakukan tugas yang sama.
Ketepatan
- Selain sangat cepat, komputer sangat akurat.
- Perhitungannya 100% bebas dari kesalahan.
- Komputer melakukan semua pekerjaan dengan akurat 100% asalkan inputnya benar.
Kemampuan Penyimpanan
- Memori merupakan ciri komputer yang sangat penting.
- Komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih banyak dari manusia.
- Ini bisa menyimpan sejumlah besar data.
- Ini bisa menampung semua jenis data seperti gambar, video, teks, audio, dll.
Ketekunan
- Tidak seperti manusia, komputer bebas dari monoton, penuh, dan kurang konsentrasi.
- Bisa bekerja terus tanpa ada kesalahan dan kebosanan.
- Hal itu bisa melakukan tugas berulang dengan kecepatan dan kejujuran yang sama.
Serbaguna
- Komputer adalah mesin yang sangat serbaguna.
- Komputer sangat fleksibel dalam melakukan pekerjaan yang harus dilakukan.
- Mesin ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan berbagai bidang.
- Pada satu contoh, ini mungkin memecahkan masalah ilmiah yang kompleks dan saat mungkin.
Akal
- Komputer adalah mesin yang andal.
- Komponen elektronik modern memiliki umur panjang.
- Komputer yang dirancang untuk mendapatkan perawatan.
Otomatisasi
- Komputer adalah mesin otomatis.
- Otomasi adalah kemampuan untuk melakukan tugas secara otomatis. Program yang tersimpan dalam memori komputer, maka program dan pelaksanaan dapat mengendalikan pelaksanaan program tanpa hubungan manusia.
Pengurangan Biaya Karya dan Biaya Kertas
- Penggunaan komputer untuk pengolahan data dalam sebuah organisasi penyebab dalam pekerjaan kertas dan hasil percepatan proses.
- Karena data dalam file elektronik dapat diambil sewaktu dan bila diperlukan, masalah dokumen sangat besar.
- Untuk biaya tambahan, namun secara substansial dikurangi biaya setiap transaksinya.
Kekurangan Komputer
Berikut adalah kelemahan komputer tertentu.
Tidak ada IQ
- Komputer adalah mesin yang tidak memiliki kecerdasan untuk melakukan tugas apa pun.
- Setiap instruksi harus diberikan ke komputer.
- Komputer tidak bisa mengambil keputusan sendiri
Ketergantungan
- Ini berfungsi sesuai pengguna, sehingga sangat tergantung pada manusia.
Lingkungan hidup
- Lingkungan kerja komputer harus bebas debu dan sesuai.
Tidak ada perasaan
- Komputer tidak memiliki perasaan atau emosi.
- Itu tidak bisa dibuat berdasarkan perasaan, rasa, pengalaman, dan pengetahuan tidak seperti manusia.
Komponen Komputer – Pengaplikasian Komputer
Pada bab ini, kita akan membahas penerapan komputer di berbagai bidang.
Bisnis
Komputer yang memiliki kecepatan perhitungan, ketekunan, akunting, deretan, atau kelebihan yang tinggi sehingga menjadikannya bagian yang terintegrasi dalam semua organisasi bisnis.
Komputer yang digunakan dalam organisasi bisnis untuk –
- Perhitungan gaji
- Penganggaran
- Analisis penjualan
- Peramalan keuangan
- Mengelola database karyawan
- Pemeliharaan stok, dll.
Perbankan
Saat ini, sedang hampir tergantung pada komputer.
Bank menyediakan fasilitas berikut –
- Fasilitas akuntansi online, termasuk info saldo saat ini,. Dan catatan wali amanat.
- Mesin ATM yang benar-benar otomatis otomatis lebih mudah dengan bank.
Asuransi
Perusahaan asuransi menyimpan semua catatan up – to – date dengan bantuan komputer. Perusahaan asuransi, rumah keuangan, dan perusahaan pialang saham banyak menggunakan komputer untuk kepentingan mereka.
Perusahaan asuransi database semua klien dengan informasi yang menunjukkan –
- Prosedur untuk perbaikan kebijakan
- Tanggal mulai kebijakan
- Selanjutnya karena angsuran sebuah polis
- Tanggal jatuh tempo
- Minat jatuh tempo
- Manfaat bertahan hidup
- Bonus
Pendidikan
Komputer membantu dalam menyediakan banyak fasilitas dalam sistem pendidikan.
- Komputer menyediakan alat dalam sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah CBE (Computer Based Education).
- Kontrol CBE, penyampaian, dan evaluasi pembelajaran.
- Belajar komputer dengan cepat.
- Ada fasilitas pendidikan yang dapat digunakan komputer untuk mendidik para siswa.
- Hal ini digunakan untuk mempersiapkan database tentang kinerja seorang siswa dan analisis yang dilakukan atas dasar ini.
Pemasaran
Dalam pemasaran, penggunaan komputer mengikuti –
- Periklanan – dengan komputer, profesional periklanan – seni dan grafis, menulis dan merevisi salin, dan mencetak iklan dengan tujuan menjual lebih banyak produk.
- Belanja Rumah – Belanja rumah telah dimungkinkan melalui penggunaan katalog komputerisasi yang menyediakan akses ke informasi produk dan terima masuknya pesanan secara langsung untuk diputar oleh pelanggan.
Kesehatan
Komputer telah menjadi bagian penting di rumah sakit, laboratorium, dan apotik. Mereka digunakan di rumah sakit untuk menyimpan catatan pasien dan obat-obatan. Hal ini juga digunakan dalam pemindaian dan diagnosa penyakit yang berbeda. EKG, EEG, ultrasound dan CT scan, dll juga dilakukan dengan mesin komputerisasi.
Berikut adalah beberapa bidang perawatan kesehatan utama di mana komputer digunakan.
- Sistem Diagnostik – Komputer yang digunakan untuk mengumpulkan data dan.
- Lab-diagnostic System – Semua tes bisa dilakukan dan laporannya disiapkan oleh komputer.
- Sistem Pemantauan Pasien – Ini digunakan untuk merawat tanda-tanda pasien untuk kelainan seperti pada Cardiac Arrest, EKG, dll.
- Sistem Informasi Farmasi – Komputer yang digunakan untuk memeriksa label obat, tanggal kedaluwarsa , efek samping yang berbahaya , dll.
- Bedah – Saat ini, komputer juga digunakan dalam melakukan operasi.
Desain teknik
Komputer banyak digunakan untuk keperluan Engineering.
Salah satu area adalah CAD (Computer Aided Design) yang menyediakan pembuatan dan modifikasi gambar. Beberapa ladang adalah –
- Rekayasa Struktural – Memerlukan analisis dan rencana untuk pembangunan, bangunan, anggaran, pesawat terbang, dll.
- Teknik Industri – Komputer jas disain, implementasi, dan peningkatan sistem terpadu manusia, material, dan peralatan.
- Teknik Arsitektur – Komputer membantu dalam merencanakan kota, bangunan bangunan, menentukan berbagai bangunan di lokasi menggunakan gambar 2D dan 3D.
Militer
Komputer sebagian besar digunakan dalam pertahanan. Tangki modern, rudal, senjata, dan lain-lain. Militer juga menggunakan sistem kontrol terkomputerisasi. Beberapa daerah militer tempat komputer digunakan –
- Kontrol Rudal
- Komunikasi militer
- Operasi dan Perencanaan Militer
- Senjata Pintar
Komunikasi
Komunikasi adalah cara untuk menyampaikan pesan, ide, gambar, atau ucapan yang diterima dan dipahami secara jelas dan benar oleh orang yang menjadi sasarannya. Beberapa area utama dalam kategori ini adalah –
- Mengobrol
- Usenet
- FTP
- Telnet
- Konferensi video
Pemerintah
Komputer memainkan peran penting dalam pelayanan pemerintah. Beberapa bidang utama dalam kategori ini adalah –
- Anggaran
- Departemen pajak
- Departemen Keuangan
- Perhitungan rasio pria / wanita
- Komputerisasi daftar pemilih
- Komputerisasi kartu PAN
- Cuaca Perkiraan
Komponen Komputer – Generasi
Generasi dalam terminologi komputer sedang. Istilah, istilah generasi digunakan untuk membedakan antara berbagai teknologi perangkat keras. Saat ini, perangkat lunak yang bersama-sama.
Ada lima generasi komputer yang diketahui sampai saat ini. Setiap generasi sudah terbaca bisa dicoba jangka waktu dan cirinya. Pada tabel berikut, setiap tanggal telah terjadi, yang biasanya diterima.
Berikut adalah lima generasi utama komputer.
S.No | Generasi & Deskripsi |
---|---|
1 | Generasi pertamaPeriode generasi pertama: 1946-1959. Tabung vakum berbasis |
2 | Generasi keduaPeriode generasi kedua: 1959-1965. Berbasis transistor |
3 | Generasi ketigaPeriode generasi ketiga: 1965-1971. Integrated Circuit berbasis. |
4 | Generasi KeempatPeriode generasi keempat: 1971-1980. Berbasis mikroprosesor VLSI |
5 | Generasi KelimaPeriode generasi kelima: 1980 – seterusnya. Berbasis mikroprosesor ULSI. |
Komponen Komputer – Tipe Komputer
Komputer dapat diklasifikasikan secara luas oleh kecepatan dan daya.
S.No. | Mengetik | Spesifikasi |
---|---|---|
1 | PC (Personal Computer) | Ini adalah sistem komputer pengguna tunggal yang memiliki mikroprosesor yang cukup kuat |
2 | Workstation | Ini juga merupakan sistem komputer single user, mirip dengan komputer pribadi namun memiliki mikroprosesor yang lebih kuat. |
3 | Komputer mini | Ini adalah sistem komputer multi user, yang mampu mendukung pengguna secara bersamaan. |
4 | Bingkai Utama | Ini adalah sistem komputer multi user, yang mampu mendukung pengguna secara bersamaan. Teknologi perangkat lunak berbeda dengan komputer mini. |
5 | Supercomputer | Ini adalah komputer yang sangat cepat, yang bisa melakukan ratusan juta cara per detik. |
PC (Personal Computer)
PC dapat didefinisikan sebagai komputer kecil yang relatif murah yang dirancang untuk pengguna individu. PC pada teknologi mikroprosesor yang memungkinkan produsen terpasang CPU pada satu chip. Bisnis menggunakan komputer pribadi untuk pengolah kata, akuntansi, desktop desktop, dan untuk menjalankan aplikasi manajemen spreadsheet dan basis data. Di rumah, penggunaan yang paling populer untuk komputer pribadi adalah bermain game dan berselancar di Internet.
Dengan sistem single user, sistem ini biasanya terhubung bersama untuk membangun jaringan. Dalam hal kekuatan, model high-end terbaru dari Macintosh dan PC menawarkan kemampuan komputasi dan grafis yang sama seperti workstation low-end oleh Sun Microsystems, Hewlett-Packard, dan Dell.
Workstation
Workstation adalah komputer yang digunakan untuk aplikasi teknik (CAD / CAM), desktop desktop, pengembangan perangkat lunak, dan jenis aplikasi lainnya yang membutuhkan jumlah tenaga komputasi moderat dan kemampuan grafis berkualitas tinggi.
Workstation umum hadir dengan layar grafis beresolusi tinggi dan besar, jumlah besar RAM, dukungan jaringan built-in, dan antarmuka pengguna grafis. Sebagian besar workstation juga memiliki perangkat penyimpanan massal seperti disk drive, namun jenis workstation khusus, yang disebut workstation tanpa disk, hadir tanpa disk drive.
Sistem operasi umum untuk workstation adalah UNIX dan Windows NT. Seperti PC, workstation juga merupakan komputer single user seperti PC namun biasanya terhubung bersama untuk membangun jaringan area lokal, walaupun juga dapat digunakan sebagai sistem yang berdiri sendiri.
Komputer mini
Ini adalah sistem multi-processing yang mampu mendukung hingga 250 pengguna secara bersamaan.
Mainframe
Mainframe sangat besar dan merupakan komputer mahal yang mampu mendukung bahkan. Mainframe mengeksekusi banyak program secara bersamaan dan mendukung banyak eksekusi program secara simultan.
Supercomputer
Superkomputer adalah salah satu komputer tercepat yang ada saat ini. Superkomputer sangat mahal dan dip pak untuk aplikasi khusus yang membutuhkan perhitungan matematis yang sangat banyak (angka mengunyah).
Misalnya, peramalan cuaca, simulasi ilmiah, grafik (fluida), perhitungan dinamika fluida, penelitian metodologi, dan analisis data geologi (misalnya dalam prospeksi petrokimia).
Komponen Komputer – Beberapa Tipe Komponen
Pada umunya semua jenis komputer yang strukturnya sama untuk mengubah data mentah yang masuk menjadi informasi yang berguna bagi pengguna.
Unit Masukan
Bagian ini berisi komponen komputer yang bisa membantu kita memasukkan data dalam komputer. Unit ini menciptakan hubungan antara pengguna dan komputer. Perangkat input informasi dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer.
CPU ( Central Processing Unit )
CPU dianggap sebagai otak komputer. CPU melakukan semua jenis operasi pengolahan data. Komponen ini menyimpan data, hasil sementara, dan memberikan program peraintah. Bagian ini mengendalikan semua bagian komponen yang ada dikomputer.
CPU sendiri memiliki tiga komponen, yaitu sebagi berikut.
- ALU (Arithmetic Logic Unit)
- Unit Memori
- Unit Kontrol
Unit Keluaran
Unit output terdiri dari perangkat dengan bantuan yang kita dapatkan dari komputer. Unit ini merupakan penghubung antara komputer dan pengguna.Perangkat keluaran menerjemahkan komputer dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pengguna.
Central Processing Unit (CPU) terdiri dari beberapa fitur berikut –
- CPU dianggap sebagai otak komputer.
- CPU melakukan semua jenis operasi pengolahan data.
- Ini menyimpan data, hasil antara, dan instruksi (program).
- Ini mengendalikan semua komputer.
CPU sendiri memiliki tiga komponen berikut.
- Unit Memori atau Penyimpanan
- Unit Kontrol
- ALU (Arithmetic Logic Unit)
Unit Memori atau Penyimpanan
Unit ini dapat menyimpan, data, dan hasil antara. Unit ini memasok informasi ke unit komputer lain bila diperlukan. Hal ini juga dikenal sebagai. Atau RAM Random Access Memory (RAM).
Ukurannya kecepatan, kekuatan, dan kemampuan. Memori primer dan memori sekunder adalah dua jenis kenangan di komputer. Fungsi dari unit memori –
- Ini menyimpan semua data dan instruksi yang diperlukan untuk diproses.
- Ini memperhitungkan guntingnya.
- Ini bisa diupdate akhir pengolahan sebelum hasil ini dilepas ke perangkat keluaran.
- Semua input dan output ditransmisikan melalui.
Unit Kontrol
Unit ini mengendalikan operasi semua bagian komputer namun tidak melakukan operasi pengolahan data yang sebenarnya.
Fungsi dari unit ini adalah –
- Ini bertanggung jawab untuk mengendalikan transfer data dan di antara unit komputer lainnya.
- Ini mengatur dan mengkoordinasikan semua unit komputer.
- Ini dari bahasa ibu, menafsirkannya, dan mengarahkan.
- Ini berkomunikasi dengan perangkat Input / Output untuk transfer data atau hasil dari penyimpanan.
- Ini tidak mengolah atau menyimpan data.
ALU (Arithmetic Logic Unit)
Unit ini terdiri dari dua subbab yaitu,
- Bagian Aritmatika
- Bagian Logika
Bagian Aritmatika
Fungsi bagian aritmatika adalah melakukan operasi aritmatika seperti distribusi, hukum, perkalian, dan pembagian. Semua operasi kompleks dilakukan dengan.
Bagian Logika
Fungsi bagian logika adalah melakukan operasi logis seperti membandingkan, memilih, mencocokkan, dan penggabungan data.
Komponen Komputer – Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU) terdiri dari beberapa fitur berikut –
- CPU dianggap sebagai otak komputer.
- CPU melakukan semua jenis operasi pengolahan data.
- Ini menyimpan data, hasil antara, dan instruksi (program).
- Ini mengendalikan semua komputer.
CPU sendiri memiliki tiga komponen berikut.
- Unit Memori atau Penyimpanan
- Unit Kontrol
- ALU (Arithmetic Logic Unit)
Unit Memori atau Penyimpanan
Unit ini dapat menyimpan, data, dan hasil antara. Unit ini memasok informasi ke unit komputer lain bila diperlukan. Hal ini juga dikenal sebagai. Atau RAM Random Access Memory (RAM).
Ukurannya kecepatan, kekuatan, dan kemampuan. Memori primer dan memori sekunder adalah dua jenis kenangan di komputer. Fungsi dari unit memori –
- Ini menyimpan semua data dan instruksi yang diperlukan untuk diproses.
- Ini memperhitungkan guntingnya.
- Ini bisa diupdate akhir pengolahan sebelum hasil ini dilepas ke perangkat keluaran.
- Semua input dan output ditransmisikan melalui.
Unit Kontrol
Unit ini mengendalikan operasi semua bagian komputer namun tidak melakukan operasi pengolahan data yang sebenarnya.
Fungsi dari unit ini adalah –
- Ini bertanggung jawab untuk mengendalikan transfer data dan di antara unit komputer lainnya.
- Ini mengatur dan mengkoordinasikan semua unit komputer.
- Ini dari bahasa ibu, menafsirkannya, dan mengarahkan.
- Ini berkomunikasi dengan perangkat Input / Output untuk transfer data atau hasil dari penyimpanan.
- Ini tidak mengolah atau menyimpan data.
ALU (Arithmetic Logic Unit)
Unit ini terdiri dari dua subbab yaitu,
- Bagian Aritmatika
- Bagian Logika
Bagian Aritmatika
Fungsi bagian aritmatika adalah melakukan operasi aritmatika seperti distribusi, hukum, perkalian, dan pembagian. Semua operasi kompleks dilakukan dengan.
Bagian Logika
Fungsi bagian logika adalah melakukan operasi logis seperti membandingkan, memilih, mencocokkan, dan penggabungan data.
Komponen Komputer – Input
Berikut adalah beberapa perangkat masukan penting yang digunakan di komputer –
- Keyboard
- Mouse
- Joy Stick
- Pena cahaya
- Track Ball
- Pemindai
- Tablet Grafis
- Mikropon
- Magnetic Ink Card Reader (MICR)
- Pembaca Karakter Optik (OCR)
- Pembaca barcode
- Optical Mark Reader (OMR)
Keyboard
Keyboard adalah perangkat input yang paling umum dan sangat populer yang membantu memasukkan data ke komputer. Tata letak keyboard seperti mesin tik tradisional, meski ada beberapa tombol tambahan yang disediakan untuk melakukan fungsi tambahan.
Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7 Windows 7.
Tombol pada keyboard adalah sebagai berikut –
S.No | Kunci & deskripsi |
---|---|
1 | Tombol pengetikan Tombol ini termasuk tombol huruf (AZ) dan tombol angka (09) yang umumnya memberikan tata letak yang sama dengan mesin tik. |
2 | Tombol angka Ini digunakan untuk memasukkan data numerik atau pergerakan kursor. Dari kumpulan sekumpulan 17 kunci yang diletakkan dalam konfigurasi yang sama yang digunakan oleh gedung mesin dan kalkulator. |
3 | Tombol Fungsi Dua belas tombol fungsi ada pada keyboard yang disusun berturut-turut di bagian atas keyboard. Setiap tombol fungsi memiliki arti unik dan digunakan untuk beberapa tujuan tertentu. |
4 | Tombol kontrol Tombol ini memberikan kursor dan. Ini mencakup empat arah panah arah. Tombol Kontrol juga mencakup Home, End, Insert, Delete, Page Up, Page Down, Control (Ctrl), Alternate (Alt), Escape (Esc). |
5 | Kunci Tujuan Khusus Keyboard juga berisi beberapa tombol tujuan khusus seperti Enter, Shift, Caps Lock, Num Lock, Space bar, Tab, dan Print Screen. |
Mouse
Mouse adalah perangkat penunjuk yang paling populer. Ini adalah perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal yang memiliki kotak ukuran telapak tangan kecil dengan bola bulat di atas, yang suka gerakan mouse dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU saat tombol mouse ditekan.
Ia memiliki dua tombol yang disebut tombol kiri dan kanan serta. Mouse dapat digunakan untuk mengendalikan posisi kursor pada layar, namun tidak dapat digunakan untuk memasukkan teks ke dalam komputer.
Keuntungan
- Mudah digunakan
- Tidak terlalu mahal
- Memindahkan kursor lebih cepat dari tombol panah pada keyboard.
Joystick
Joystick juga merupakan perangkat penunjuk, yang digunakan untuk memindahkan posisi kursor pada layar monitor. Ini adalah tongkat yang memiliki bola bulat pada bagian ujung bawah dan atas. Bola bola bawah bergerak dalam soket. Joystick dapat berpindah ke arah timur.
Fungsi joystick mirip dengan mouse. Hal ini bisa digunakan dalam Computer Aided Designing (CAD) dan bermain game komputer.
Pena Ringan
Pena ringan adalah perangkat penunjuk yang mirip dengan pena. Ini digunakan untuk memilih menu item yang ada di tampilan monitor. Ini terdiri dari fotosel dan sistem optik yang ditempatkan di tabung kecil.
Bila ujung pena lampu diputar di atas layar monitor dan tombol pena api, elemen penginderaan fotoselnya letak layar dan layar sinyal yang sesuai ke CPU.
Track Ball
Track ball adalah perangkat input yang banyak digunakan pada komputer notebook atau laptop, bukan mouse. Ini adalah bola yang setengahnya disol dan dengan menggerakkan jari pada bola, penunjuk bisa digerakkan.
Karena semua perangkat tidak tergerak, bola perjalanan membutuhkan lebih sedikit ruang dari mouse. Bola perjalanan dalam berbagai bentuk seperti bola, tombol, atau kotak.
Pemindai
Scanner adalah perangkat input, yang bekerja lebih mirip mesin fotokopi. Ini digunakan bila beberapa informasi tersedia di atas kertas dan akan dipindahkan ke hard disk komputer untuk manipulasi lebih lanjut.
Scanner menangkap gambar dari sumber yang kemudian diubah menjadi bentuk digital yang bisa disimpan di disk. Gambar-gambar ini dapat diedit sebelum dicetak.
Digitizer
Digitizer adalah perangkat input yang mengubah informasi analog menjadi bentuk digital. Digitizer bisa mengubah sinyal dari televisi atau kamera menjadi serangkaian angka yang bisa disimpan di komputer. Mereka bisa digunakan oleh komputer untuk membuat gambar dari apa pun yang kamera tunjuk.
Digitizer juga dikenal sebagai Tablet atau Graphics Tablet karena mengubah data grafis dan gambar menjadi input biner. Tablet grafis sebagai digitizer yang digunakan untuk karya gambar dan manipulasi gambar yang bagus.
Mikropon
Mikrofon adalah perangkat input untuk input suara yang kemudian disimpan dalam bentuk digital.
Mikrofon digunakan untuk berbagai aplikasi seperti menambah suara ke presentasi multimedia atau untuk mencampur musik.
Magnetic Ink Card Reader (MICR)
Perangkat input MICR yang biasa digunakan di bank karena ada sejumlah besar pemeriksaan yang akan diproses setiap hari. Nomor kode bank dan nomor cek tercetak di cek dengan jenis tinta khusus yang berisi partikel bahan magnetik yang mudah dibaca mesin.
Proses ini disebut Magnetic Ink Character Recognition (MICR). Keuntungan utama MICR adalah cepat dan kurang rawan error.
Pembaca Karakter Optik (OCR)
OCR adalah perangkat input yang digunakan untuk membaca teks cetak.
Untuk mengubah kode menjadi. Yang bisa dibaca mesin, dan menyimpan.
Pembaca Kode Batang
Bar Code Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca data kode batang (data. Garis terang dan gelap). Data kode batang umum digunakan dalam pelabelan barang, buku penomoran, dll. Mungkin pemindai genggam atau mungkin disematkan di pemindai stasioner.
Barcode Reader memindai gambar kode batang, mengubahnya menjadi nilai alfanumerik, yang kemudian ke komputer yang terhubung dengan pembaca kode batang.
Optical Mark Reader (OMR)
OMR adalah jenis khusus pemindai optik yang digunakan untuk jenis tanda yang dibuat dengan pena atau pensil. Ini digunakan di mana satu dari beberapa alternatif dipilih dan nilai.
Komponen Komputer – Output
Ini khusus digunakan untuk ujian ujian yang memiliki banyak pertanyaan pilihan.
Berikut adalah beberapa perangkat output penting yang digunakan di komputer.
- Pantau
- Plotter Grafis
- Pencetak
Pantau
Monitor, biasa disebut Visual Display Unit (VDU), merupakan perangkat output utama komputer. Ini membentuk gambar dari titik-titik kecil, disebut piksel yang disusun dalam bentuk kotak panjang. Ketajaman gambar tergantung pada jumlah piksel.
Ada dua macam tampilan layar yang digunakan untuk monitor.
- Katoda-Ray Tube (CRT)
- Flat-Panel Display
Monitor Katoda-Ray Tube (CRT)
Tampilan CRT terdiri dari elemen gambar kecil yang disebut piksel. Semakin kecil pixel, semakin baik kejernihan gambar atau resolusi. Diperlukan lebih dari satu pixel yang diterangi untuk membentuk keseluruhan karakter, seperti huruf ‘e’ dalam kata membantu.
Tersedia karakter yang terbatas dapat ditampilkan di layar sekaligus. Layarnya bisa dibagi menjadi. Ukuran besar layar mampu menampilkan.
Ada beberapa kelemahan dari CRT –
- Besar dalam Ukuran
- Konsumsi daya tinggi
Panel Monitor Panel Flat
Tampilan panel datar pada perangkat video yang telah dikurangi volume, berat dan kebutuhan daya dengan CRT. Anda bisa sesuainya di dinding atau memakainya di pergelangan tangan Anda. Penggunaan panel display datar saat ini mencakup kalkulator, video game, monitor, komputer laptop, dan tampilan grafis.
Tampilan panel datar terbagi menjadi dua kategori –
- Emissive Displays – Emissive displays adalah perangkat yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Misalnya panel plasma dan LED (Light-Emitting Diodes).
- Non-Emissive Displays – Tampilan non-emissive menggunakan efek optik untuk mengubah sinar matahari atau cahaya dari beberapa sumber lain menjadi pola grafis. Misalnya LCD (Liquid-Crystal Device).
Pencetak
Printer adalah perangkat output, yang digunakan untuk mencetak informasi di atas kertas.
Ada dua jenis printer –
- Printer Dampak
- Non-Impact Printers
Printer Dampak
Printer dampak mencetak karakter dengan mencolokkan pita, yang kemudian ditekan di atas kertas.
Karakteristik Impact Printers adalah sebagai berikut –
- Biaya pemakaian sangat rendah
- Sangat berisik
- Berguna untuk pencetakan massal karena berbiaya rendah
- Ada kontak fisik dengan kertas untuk menghasilkan gambar
Printer ini terdiri dari dua jenis –
- Printer karakter
- Printer garis
Karakter Printer
Printer karakter adalah printer yang mencetak satu karakter sekaligus.
Ini dibagi lagi menjadi dua jenis:
- Printer Dot Matrix (DMP)
- Roda Daisy
Printer Dot Matrix
Di pasaran, salah satu printer yang paling populer adalah Dot Matrix Printer. Printer ini populer karena kemudahan pencetakan dan harga ekonomisnya. Setiap karakter yang tercetak berupa pola titik dan kepala terdiri dari Matriks Pin dengan ukuran (5 * 7, 7 * 9, 9 * 7 atau 9 * 9) yang keluar untuk membentuk karakter yang mengapa Disebut Dot Matrix Printer.
Keuntungan
- Murah
- Banyak digunakan
- Karakter bahasa lainnya bisa dicetak
Kekurangan
- Kecepatan Lambat
- Kualitas buruk
Roda Daisy
Kepala tergeletak di atas roda dan pin yang sesuai dengan karakter seperti kelopak bunga Daisy (bunga) itulah sebabnya disebut Daisy Wheel Printer. Printer ini umumnya digunakan untuk pengolah kata di perkantoran yang memerlukan beberapa huruf untuk dikirim kesana kemari dengan kualitas yang sangat bagus.
Keuntungan
- Lebih dapat diandalkan daripada DMP
- Kualitas yang lebih baik
- Huruf karakter bisa dengan mudah diubah
Kekurangan
- Lebih lambat dari DMP
- Berisik
- Lebih mahal dari DMP
Line Printers
Printer garis adalah printer yang mencetak satu baris sekaligus.
Ini adalah dua jenis –
- Drum Printer
- Rantai Printer
Drum Printer
Printer ini seperti drum berbentuk sehingga disebut drum printer. Permukaan drum terbagi menjadi beberapa track. Total track sama dengan ukuran kertas, yaitu untuk lebar kertas 132 karakter, drum akan memiliki 132 track. Sebuah set karakter muncul di lintasan. Set karakter yang berbeda yang tersedia di pasaran adalah 48 set karakter, 64 dan 96 karakter. Satu rotasi drum mencetak satu baris. Drum printer cepat dalam kecepatan dan bisa mencetak 300 sampai 2000 baris per menit.
Keuntungan
- Kecepatan sangat tinggi
Kekurangan
- Sangat mahal
- Font karakter tidak dapat diubah
Rantai Printer
Pada printer ini, rangkaian set karakter digunakan, oleh karena itu disebut Chain Printer. Sebuah set karakter standar mungkin memiliki 48, 64, atau 96 karakter.
Keuntungan
- Font karakter dapat dengan mudah diubah.
- Bahasa yang berbeda bisa digunakan dengan printer yang sama.
Kekurangan
- Berisik
Printer Tanpa Dampak
Printer non-impact mencetak karakter tanpa menggunakan pita. Printer ini mencetak halaman lengkap sekaligus, sehingga mereka juga disebut sebagai Page Printers.
Printer ini terdiri dari dua jenis –
- Printer Laser
- Printer inkjet
Karakteristik Non-Impact Printers
- Lebih cepat dari pada printer dampak
- Mereka tidak berisik
- Kualitas tinggi
- Mendukung banyak font dan ukuran karakter yang berbeda
Printer Laser
Ini adalah printer halaman yang tidak berdampak. Mereka menggunakan lampu laser untuk menghasilkan titik yang dibutuhkan untuk membentuk karakter yang akan dicetak pada halaman.
Keuntungan
- Kecepatan sangat tinggi
- Kualitas output sangat tinggi
- Kualitas grafis bagus
- Mendukung banyak font dan ukuran karakter yang berbeda
Kekurangan
- Mahal
- Tidak dapat digunakan untuk menghasilkan banyak salinan dokumen dalam satu pencetakan
Printer inkjet
Printer inkjet adalah printer karakter non-impact berdasarkan teknologi yang relatif baru. Mereka mencetak karakter dengan menyemprot tetesan tinta kecil ke atas kertas. Printer inkjet menghasilkan output berkualitas tinggi dengan fitur yang rapi.
Mereka yang sedikit sedikit karena tidak ada palu yang dilakukan dan ini memiliki banyak gaya mode cetak yang tersedia. Pencetakan warna juga dimungkinkan. Beberapa model printer Inkjet bisa menghasilkan banyak.
Keuntungan
- Pencetakan berkualitas tinggi
- Lebih terpercaya
Kekurangan
- Mahal seperti biaya per halaman yang tinggi
- Lambat dibandingkan dengan laser printer
Komponen Komputer – Memori
Ingatan seperti otak manusia. Ini digunakan untuk menyimpan data dan instruksi. Memori komputer adalah ruang penyimpanan di komputer, dimana data akan diproses dan instruksi yang diperlukan untuk diproses disimpan. Memori dibagi menjadi sejumlah besar bagian kecil yang disebut sel. Setiap lokasi atau sel memiliki alamat unik, yang bervariasi dari nol sampai ukuran memori dikurangi satu. Misalnya, jika komputer memiliki kata-kata 64k, maka unit memori ini memiliki 64 * 1024 = 65536 lokasi memori. Alamat lokasi ini bervariasi dari 0 sampai 65535.
Memori terutama terdiri dari tiga jenis –
- Memori Cache
- Memori Utama / Memori Utama
- Memori Sekunder
Memori Cache
Memori cache adalah memori semikonduktor kecepatan sangat tinggi yang bisa mempercepat CPU. Ini berfungsi sebagai penyangga antara CPU dan. Ini digunakan untuk menyimpan bagian data dan program yang paling sering digunakan oleh CPU. Bagian data dan program ditransfer dari disk ke memori cache oleh sistem operasi, dari mana CPU dapat mengaksesnya.
Keuntungan
Kelebihan memori cache adalah sebagai berikut –
- Memori cache lebih cepat dari.
- Ini lebih sedikit sedikit waktu akses dibandingkan dengan.
- Ini menyimpan program yang bisa dijalankan dalam waktu singkat.
- Ini menyimpan data untuk penggunaan sementara.
Kekurangan
Kelemahan memori cache adalah sebagai berikut –
- Memori cache memiliki kapasitas terbatas.
- Itu sangat mahal
Memori Utama (Memori Utama)
Memori utama hanya menyimpan data dan instruksi yang digunakan komputer saat ini. Ini memiliki kapasitas dan data yang terbatas saat power dimatikan. Ini umumnya terbuat dari perangkat semikonduktor. Kenangan ini tidak secepat register. Data dan instruksi yang dibutuhkan untuk diproses berada pada memori utama. Ini dibagi menjadi dua subkategori RAM dan ROM.
Karakteristik Memori Utama
- Ini adalah kenangan semikonduktor.
- Hal ini dikenal sebagai memori utama.
- Biasanya volatile memory.
- Data hilang jika power dimatikan.
- Ini adalah memori kerja komputer.
- Lebih cepat dari pada kenangan sekunder.
- Komputer tidak dapat berjalan tanpa memori utama.
Memori Sekunder
Jenis memori ini juga dikenal sebagai memori eksternal atau non-volatile. Ini lebih lambat dari memori utama. Ini digunakan untuk menyimpan data / informasi secara permanen. CPU secara langsung tidak mengakses memori ini, malah mereka diakses melalui rutinitas input-output. Isi kenangan sekunder pertama kali ditransfer ke memori utama, dan kemudian CPU bisa mengaksesnya. Misalnya, disk, CD-ROM, DVD, dll.
Karakteristik Memori Sekunder
- Ini adalah kenangan magnetik dan optik.
- Hal ini dikenal sebagai memori cadangan.
- Ini adalah memori yang tidak mudah menguap.
- Data disimpan secara permanen meskipun daya dimatikan.
- Ini digunakan untuk penyimpanan data di komputer.
- Komputer bisa berjalan tanpa memori sekunder.
- Lebih lambat dari pada kenangan utama.
Komponen Komputer – RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori internal CPU untuk menyimpan data, program, dan hasil program. Ini adalah memori baca / tulis yang menyimpan data sampai mesin bekerja. Begitu mesin dimatikan, data terhapus.
Waktu akses di RAM tidak tergantung pada alamat, yaitu setiap lokasi penyimpanan di dalam memori mudah dijangkau seperti lokasi lain dan membutuhkan waktu yang sama. Data dalam RAM bisa diakses secara acak tapi sangat mahal.
RAM bergejolak, yaitu data yang tersimpan di dalamnya hilang saat kita mematikan komputer atau jika ada power failure. Makanya, cadangan Uninterruptible Power System (UPS) sering digunakan dengan komputer. RAM kecil, baik dari segi ukuran fisik maupun dalam jumlah data yang bisa dipegangnya.
RAM terdiri dari dua jenis –
- RAM Statis (SRAM)
- Dynamic RAM (DRAM)
RAM Statis (SRAM)
Kata statis menunjukkan bahwa memori menyimpan isinya selama daya dipasok. Namun, data hilang saat power turun karena sifatnya yang mudah menguap. Chip SRAM menggunakan matriks 6-transistor dan tidak ada kapasitor. Transistor tidak memerlukan tenaga untuk mencegah kebocoran, jadi SRAM tidak perlu disegarkan secara teratur.
Ada ruang ekstra dalam matriks, maka SRAM menggunakan lebih banyak chip daripada DRAM untuk jumlah ruang penyimpanan yang sama, sehingga biaya pembuatannya lebih tinggi. SRAM digunakan sebagai memori cache dan memiliki akses yang sangat cepat.
Karakteristik RAM Statis
- Panjang umur
- Tidak perlu refresh
- Lebih cepat
- Digunakan sebagai memori cache
- Ukuran besar
- Mahal
- Konsumsi daya tinggi
Dynamic RAM (DRAM)
DRAM, tidak seperti SRAM, harus terus refresh untuk mempertahankan data. Hal ini dilakukan dengan menempatkan memori pada rangkaian refresh yang menulis ulang data beberapa ratus kali per detik. DRAM digunakan untuk sebagian besar memori sistem karena harganya murah dan kecil. Semua DRAM terdiri dari sel memori, yang terdiri dari satu kapasitor dan satu transistor.
Karakteristik RAM Dinamis
- Masa pakai data singkat
- Perlu disegarkan terus menerus
- Lebih lambat dibandingkan dengan SRAM
- Digunakan sebagai RAM
- Ukurannya lebih kecil
- Lebih murah
- Kurang konsumsi daya
Komponen Komputer – ROM
ROM adalah singkatan dari Read Only Memory . Memori yang darinya kita hanya bisa membaca tapi tidak bisa menulis di atasnya. Jenis memori ini tidak mudah menguap. Informasi disimpan secara permanen dalam ingatan seperti itu selama pembuatan. ROM menyimpan instruksi seperti itu yang diperlukan untuk memulai komputer. Operasi ini disebut sebagai bootstrap . Chip ROM tidak hanya digunakan di komputer tapi juga barang elektronik lainnya seperti mesin cuci dan oven microwave.
Mari kita bahas berbagai jenis ROM dan karakteristiknya.
MROM (ROM bertopeng)
ROM pertama adalah perangkat terprogram yang berisi rangkaian data atau instruksi yang telah diprogram sebelumnya. ROM jenis ini dikenal sebagai ROM bertopeng, yang harganya murah.
PROM (Programmable Read Only Memory)
PROM adalah memori read-only yang bisa dimodifikasi hanya sekali oleh pengguna. Pengguna membeli PROM kosong dan memasukkan konten yang diinginkan menggunakan program PROM. Di dalam chip PROM, ada sekering kecil yang dibakar terbuka selama pemrograman berlangsung. Ini hanya bisa diprogram sekali dan tidak bisa dihapus.
EPROM (Memori Baca yang Dapat Dipulihkan dan Dapat Diprogram)
EPROM dapat terhapus dengan cara mengeksposnya ke sinar ultra violet selama 40 menit. Biasanya, penghapus EPROM mencapai fungsi ini. Selama pemrograman, muatan listrik terjebak di wilayah gerbang terisolasi. Tuduhan tersebut ditahan lebih dari 10 tahun karena tagihan tersebut tidak memiliki jalur kebocoran. Untuk menghapus muatan ini, sinar ultra violet dilewatkan melalui jendela kristal kuarsa (tutupnya). Paparan sinar ultra violet ini menghilangkan muatannya. Selama penggunaan normal, tutup kuarsa disegel dengan stiker.
EEPROM (Memori Memori yang Dapat Diambilkan Secara Elektronik dan Dapat Diprogram
EEPROM diprogram dan terhapus secara elektrik. Bisa dihapus dan diprogram ulang sekitar sepuluh ribu kali. Baik menghapus dan pemrograman memakan waktu sekitar 4 sampai 10 ms (milidetik). Di EEPROM, lokasi manapun bisa terhapus dan diprogram secara selektif. EEPROMs dapat dihapus satu byte pada satu waktu, bukan menghapus seluruh chip. Makanya, proses pemrograman ulang bersifat fleksibel tapi lambat.
Keuntungan ROM
Kelebihan ROM adalah sebagai berikut –
- Non-volatile di alam
- Tidak mungkin secara tidak sengaja berubah
- Lebih murah dari RAM
- Mudah untuk menguji
- Lebih handal dari RAM
- Statis dan tidak perlu refreshing
- Isi selalu diketahui dan bisa diverifikasi
Bagian-bagian Komputer – Motherboard
Motherboard berfungsi sebagai platform tunggal untuk menghubungkan semua bagian komputer secara bersamaan. Ini menghubungkan CPU, memori, hard drive, drive optik, kartu video, kartu suara, dan port dan lainnya. Ini bisa dianggap sebagai tulang punggung komputer.
Fitur Motherboard
Motherboard dilengkapi dengan fitur berikut –
- Motherboard sangat bervariasi dalam mendukung berbagai jenis komponen.
- Motherboard mendukung satu jenis CPU dan beberapa jenis kenangan.
- Kartu video, hard disk, kartu suara harus kompatibel dengan motherboard agar berfungsi dengan baik.
- Motherboard, kasus, dan catu daya harus kompatibel untuk bekerja dengan baik bersama.
Produsen populer
Berikut adalah produsen motherboard yang populer.
- Intel
- ASUS
- AOpen
- SEDIKIT
- Biostar
- Gigabyte
- MSI
Deskripsi Motherboard
Motherboard terpasang di dalam kotak dan dilekatkan dengan kencang melalui sekrup kecil melalui lubang pra-pengeboran. Motherboard berisi port untuk semua komponen internal. Ini menyediakan satu soket untuk CPU, sedangkan untuk memori, biasanya satu slot atau lebih tersedia. Motherboard menyediakan port untuk memasang floppy drive, hard drive, dan. Motherboard membawa penggemar dan port khusus yang dirancang untuk power supply.
Ada slot kartu periferal di depan motherboard yang menggunakan kartu video, kartu suara, dan kartu ekspansi lainnya yang bisa dihubungkan ke motherboard.
Di sisi kiri, motherboard membawa sejumlah port untuk melihat monitor, printer, mouse, keyboard, speaker, dan kabel jaringan. Motherboard juga menyediakan port USB, yang memungkinkan perangkat yang kompatibel dalam mode plug-in / plug-out. Misalnya, pen drive, kamera digital, dll.
Bagian-Bagian Komputer – Unit Memori
Unit memori adalah jumlah data yang dapat disimpan dalam unit penyimpanan. Kapasitas penyimpanan ini dalam bentuk Bytes.
Tabel berikut menjelaskan unit penyimpanan memori utama –
S.No. | Unit & Deskripsi |
---|---|
1 | Bit (Binary Digit) Angka biner adalah logis 0 dan 1 yang mewakili keadaan pasif atau aktif suatu komponen dalam rangkaian listrik. |
2 | Menggigit Sekelompok 4 bit disebut menggigit. |
3 | Byte Sekelompok 8 bit disebut byte. Bita adalah unit commun, yang bisa mewakili item data atau karakter. |
4 | Kata Kata komputer, seperti byte, adalah jumlah jumlah bit yang diproses sebagai unit, yang bervariasi dari komputer ke komputer namun tetap untuk setiap komputer. Panjang kata komputer disebut kata ukuran atau panjang kata. Ini mungkin sekecil 8 bit atau mungkin selama 96 bit. Komputer menyimpan informasi dalam bentuk kata-kata komputer. |
Tabel berikut mencantumkan beberapa unit penyimpanan yang lebih tinggi –
S.No. | Unit & Deskripsi |
---|---|
1 | Kilobyte (KB) 1 KB = 1024 Bytes |
2 | Megabyte (MB) 1 MB = 1024 KB |
3 | GigaByte (GB) 1 GB = 1024 MB |
4 | TeraByte (TB) 1 TB = 1024 GB |
5 | PetaByte (PB) 1 PB = 1024 TB |
Komponen Komputer – Port
Port adalah titik docking fisik yang bisa digunakan perangkat eksternal untuk terhubung ke komputer. Ini juga bisa menjadi titik docking program dimana informasi dari sebuah program ke komputer atau melalui Internet.
Karakteristik Pelabuhan
Port memiliki karakteristik berikut –
- Perangkat eksternal terhubung ke komputer menggunakan kabel dan port.
- Port adalah slot pada motherboard tempat kabel perangkat eksternal.
- Contoh perangkat eksternal yang terpasang melalui port adalah mouse, keyboard, monitor, mikrofon, speaker, dll.
Mari kita bahas beberapa jenis port yang penting –
Serial Port
- Untuk modem eksternal dan mouse komputer yang lebih tua
- Dua versi: 9 pin, model 25 pin
- Data perjalanan mencapai 115 kilobit per detik
Port Paralel
- Untuk pemindai dan printer
- Disebut juga port printer
- Model 25 pin
- Port Centronics yang berkekuatan IEEE 1284
PS / 2 Port
- Untuk keyboard dan mouse komputer lama
- Disebut juga port mouse
- Sebagian besar komputer lama menyediakan dua port PS / 2, masing-masing untuk mouse dan keyboard
- Port Centronics yang berkekuatan IEEE 1284
Port Universal Serial Bus (atau USB)
- Ini bisa menghubungkan semua jenis perangkat USB eksternal seperti hard disk eksternal, printer, scanner, mouse, keyboard, dll.
- Ini diperkenalkan pada tahun 1997.
- Sebagian besar komputer menyediakan dua port USB minimal.
- Data perjalanan di 12 megabits per detik.
- Perangkat yang kompatibel dengan USB bisa mendapatkan daya dari port USB.
Port VGA
- Menghubungkan monitor ke kartu video komputer.
- Ini memiliki 15 lubang.
- Mirip dengan konektor port serial. Namun, konektor port serial memiliki pin, port VGA memiliki lubang.
Konektor Daya
- Steker tiga cabang
- Menyambungkan ke kabel daya komputer yang dihubungkan ke stopkontak atau soket dinding.
Port Firewire
- Transfer data dalam jumlah besar dengan kecepatan sangat cepat.
- Menghubungkan camcorder dan peralatan video ke komputer.
- Data perjalanan di 400 sampai 800 megabits per detik.
- Diciptakan oleh Apple.
- Ini memiliki tiga varian: konektor 4-Pin FireWire 400, konektor 6-Pin FireWire 400, dan konektor 9-Pin FireWire 800.
Port Modem
- Menghubungkan modem PC ke jaringan telepon.
Port Ethernet
- Menghubungkan ke jaringan dan internet berkecepatan tinggi.
- Menyambungkan kabel jaringan ke komputer.
- Port ini berada pada Ethernet Card.
- Data berjalan dengan kecepatan 10 megabit hingga 1000 megabit per detik tergantung pada bandwidth jaringan.
Game Port
- Sambungkan joystick ke PC
- Sekarang diganti dengan USB
Digital Video Interface, port DVI
- Sambungkan monitor LCD panel datar ke kartu grafis video high-end komputer.
- Sangat populer di kalangan produsen kartu video.
Soket
- Soket menghubungkan mikrofon dan speaker ke kartu suara komputer.
Komponen Komputer -Perangkat Keras
Hardware merupakan komponen fisik dan tangible komputer, yaitu komponen yang bisa dilihat dan disentuh.
Contoh Perangkat Keras adalah sebagai berikut –
- Perangkat input – keyboard, mouse, dll.
- Perangkat output – printer, monitor, dll.
- Perangkat penyimpanan sekunder – Hard disk, CD, DVD, dll.
- Komponen internal – CPU, motherboard, RAM, dll.
Hubungan antara Hardware dan Software
- Perangkat keras dan perangkat lunak saling bergantung satu sama lain. Keduanya harus bekerja sama untuk membuat komputer menghasilkan keluaran yang bermanfaat.
- Software tidak bisa dimanfaatkan tanpa hardware pendukung.
- Perangkat keras tanpa seperangkat program untuk beroperasi tidak dapat dimanfaatkan dan tidak ada gunanya.
- Untuk mendapatkan pekerjaan tertentu yang dilakukan di komputer, perangkat lunak yang relevan harus dimasukkan ke perangkat keras.
- Hardware adalah biaya satu kali.
- Pengembangan perangkat lunak sangat mahal dan merupakan biaya yang terus berlanjut.
- Aplikasi perangkat lunak yang berbeda dapat dimuat pada perangkat keras untuk menjalankan pekerjaan yang berbeda.
- Perangkat lunak bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan perangkat keras.
- Jika perangkat kerasnya adalah ‘jantung’ sebuah sistem komputer, maka perangkat lunaknya adalah ‘jiwa’ nya. Keduanya saling melengkapi satu sama lain.
Komponen Komputer -Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah seperangkat program, yang dirancang untuk melakukan fungsi yang didefinisikan dengan baik. Program adalah urutan instruksi yang ditulis untuk memecahkan masalah tertentu.
Ada dua jenis perangkat lunak –
- Perangkat Lunak Sistem
- Aplikasi perangkat lunak
Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem adalah kumpulan program yang dirancang untuk mengoperasikan, mengendalikan, dan memperluas kemampuan pemrosesan komputer itu sendiri. Perangkat lunak sistem umumnya disiapkan oleh produsen komputer. Produk perangkat lunak ini terdiri dari program yang ditulis dalam bahasa tingkat rendah, yang berinteraksi dengan perangkat keras pada tingkat yang sangat mendasar. Perangkat lunak sistem berfungsi sebagai antarmuka antara perangkat keras dan pengguna akhir.
Beberapa contoh perangkat lunak sistem adalah Sistem Operasi, Kompiler, Interpreter, Perakit, dll.
Berikut adalah daftar beberapa fitur perangkat lunak sistem yang paling menonjol –
- Dekat dengan sistem
- Cepat dalam kecepatan
- Sulit disain
- Sulit dimengerti
- Kurang interaktif
- Ukurannya lebih kecil
- Sulit dimanipulasi
- Umumnya ditulis dalam bahasa tingkat rendah
Aplikasi perangkat lunak
Produk perangkat lunak aplikasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan tertentu akan lingkungan tertentu. Semua aplikasi perangkat lunak yang disiapkan di laboratorium komputer bisa masuk dalam kategori perangkat lunak Aplikasi.
Perangkat lunak aplikasi dapat terdiri dari satu program, seperti notepad Microsoft untuk menulis dan mengedit teks sederhana. Ini mungkin juga terdiri dari kumpulan program, yang sering disebut paket perangkat lunak, yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas, seperti paket spreadsheet.
Contoh perangkat lunak aplikasi adalah sebagai berikut –
- Software Penggajian
- Perangkat Lunak Rekaman Siswa
- Perangkat Lunak Manajemen Inventaris
- Perangkat Lunak Pajak Penghasilan
- Perangkat Lunak Reservasi Kereta Api
- Perangkat Lunak Microsoft Office Suite
- Microsoft Word
- Microsoft Excel
- Microsoft PowerPoint
Fitur perangkat lunak aplikasi adalah sebagai berikut –
- Dekat dengan pengguna
- Mudah disain
- Lebih interaktif
- Lambat dalam kecepatan
- Umumnya ditulis dalam bahasa tingkat tinggi
- Mudah dimengerti
- Mudah dimanipulasi dan digunakan
- Ukurannya lebih besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar
Komponen Komputer – Sistem Penomoran
Saat kita mengetik beberapa huruf atau kata, komputer menerjemahkannya dalam angka karena komputer hanya bisa mengerti angka. Komputer dapat memahami sistem nomor posisi di mana hanya ada beberapa simbol yang disebut angka dan simbol-simbol ini mewakili nilai yang berbeda tergantung pada posisi yang mereka hadapi di nomor tersebut.
Nilai setiap digit dalam suatu nomor dapat ditentukan dengan menggunakan –
- Digitnya
- Posisi angka di nomor
- Dasar sistem bilangan (bilangan dasar yang tersedia dalam sistem angka)
Sistem bilangan desimal
Sistem angka yang kita gunakan dalam kehidupan sehari hari kita adalah sistem bilangan desimal. Sistem bilangan dasar 10 karena menggunakan 10 digit dari 0 sampai 9. Dalam sistem bilangan desimal, posisi berturut-turut di sebelah kiri titik desimal satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.
Setiap posisi mewakili kekuatan dasar yang spesifik (10). Misalnya, angka desimal 1234 terdiri dari angka 4 di posisi unit, 3 di posisi puluhan, 2 di posisi ratusan, dan 1 dalam posisi ribuan. Nilainya bisa ditulis sebagai
(1 x 1000)+ (2 x 100)+ (3 x 10)+ (4 x l) (1 x 103)+ (2 x 102)+ (3 x 101)+ (4 x l00) 1000 + 200 + 30 + 4 1234
Dengan pemrogram komputer atau profesional TI, anda harus memahami sistem nomor berikut yang sering digunakan di komputer.
S.No. | Nomor Sistem dan Deskripsi |
---|---|
1 | Sistem bilangan biner Base 2. Digit yang digunakan: 0, 1 |
2 | Sistem bilangan bulat Base 8. Digit yang digunakan: 0 sampai 7 |
3 | Sistem Jumlah Desimal Hexa Base 16. Digit yang digunakan: 0 sampai 9, Huruf yang digunakan: A- F |
Sistem bilangan biner
Karakteristik sistem bilangan biner adalah sebagai berikut –
- Menggunakan dua angka, 0 dan 1
- Disebut juga sebagai base 2 number system
- Setiap posisi dalam bilangan biner dasar kekuatan 0 basis (2). Contoh 2 0
- POSISI terakhir di hearts bilangan biner mewakili kekuatan x Dari dasar (2). Contoh 2 x dimana x posisi terakhir – 1.
Contoh
Nomor Biner: 10101 2
Menghitung Setara Setara –
Langkah | Nomor biner | Angka desimal |
---|---|---|
Langkah 1 | 10101 2 | (1 x 2 4 ) + (0 x 2 3 ) + (1 x 2 2 ) + (0 x 2 1 ) + (1 x 2 0 )) 10 |
Langkah 2 | 10101 2 | (16 + 0 + 4 + 0 + 1) 10 |
Langkah 3 | 10101 2 | 21 10 |
Catatan 10101 2 biasanya ditulis sebagai 10101.
Sistem bilangan bulat
Karakteristik sistem bilangan oktal adalah sebagai berikut –
- Menggunakan delapan digit, 0,1,2,3,4,5,6,7
- Disebut juga sebagai base 8 number system
- Setiap posisi dalam bilangan oktal mewakili kekuatan 0 basis (8). Contoh 8 0
- Posisi terakhir dalam bilangan oktal mewakili kekuatan x dari basis (8). Contoh 8 x dimana x mewakili posisi terakhir – 1
Contoh
Nomor Oktal: 12570 8
Menghitung Setara Setara –
Langkah | Nomor panggil | Angka desimal |
---|---|---|
Langkah 1 | 12570 8 | (1 x 8 4 ) + (2 x 8 3 ) + (5 x 8 2 ) + (7 x 8 1 ) + (0 x 8 0 )) 10 |
Langkah 2 | 12570 8 | (4096 + 1024 + 320 + 56 + 0) 10 |
Langkah 3 | 12570 8 | 5496 10 |
Catatan – 12570 8 biasanya ditulis 12570.
Sistem Jumlah Heksadesimal
Karakteristik sistem bilangan heksadesimal adalah sebagai berikut –
- Menggunakan 10 digit dan 6 huruf, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F
- Huruf mewakili angka mulai dari 10. A = 10. B = 11, C = 12, D = 13, E = 14, F = 15
- Disebut juga sebagai base 16 number system
- Setiap posisi dalam bilangan heksadesimal mewakili kekuatan 0 basis (16). Contoh, 16 0
- Posisi terakhir dalam bilangan heksadesimal mewakili daya x dari basa (16). Contoh 16 x dimana x mewakili posisi terakhir – 1
Contoh
Heksadesimal Nomor: 19FDE 16
Menghitung Setara Setara –
Langkah | Nomor biner | Angka desimal |
---|---|---|
Langkah 1 | 19FDE 16 | (1 x 16 4 ) + (9 x 16 3 ) + (F x 16 2 ) + (D x 16 1 ) + (E x 16 0 )) 10 |
Langkah 2 | 19FDE 16 | (1 x 16 4 ) + (9 x 16 3 ) + (15 x 16 2 ) + (13 x 16 1 ) + (14 x 16 0 )) 10 |
Langkah 3 | 19FDE 16 | (65536+ 36864 + 3840 + 208 + 14) 10 |
Langkah 4 | 19FDE 16 | 106462 10 |
Catatan – 19FDE 16 biasanya ditulis sebagai 19FDE.
Komponen Komputer -Konversi Nomor
Ada banyak metode atau teknik yang bisa digunakan untuk mengonversi bilangan dari satu basis ke basis lainnya. Dalam bab ini, kami akan menunjukkan hal berikut –
- Desimal ke Sistem Basis Lainnya
- Sistem Basis Lainnya ke Desimal
- Sistem Basis Lainnya ke Non-Desimal
- Metode pintas – Biner ke Oktal
- Metode pintas – Octal to Binary
- Metode pintas – Biner ke heksadesimal
- Metode pintas – Heksadesimal ke Biner
Desimal ke Sistem Basis Lainnya
Langkah 1 – Bagi bilangan desimal yang akan dikonversi dengan nilai basis baru.
Langkah 2 – Ambil sisa dari Langkah 1 sebagai digit paling kanan (digit paling penting) dari nomor dasar yang baru.
Langkah 3 – Bagi hasil bagi pembagian sebelumnya dengan basis baru.
Langkah 4 – Catat sisanya dari Langkah 3 sebagai digit berikutnya (ke kiri) dari nomor dasar yang baru.
Ulangi Langkah 3 dan 4, dapatkan sisa dari kanan ke kiri, hingga hasil bagi menjadi nol pada Langkah 3.
Sisa terakhir yang diperoleh akan menjadi Digit yang Paling Signifikan (MSD) dari nomor dasar baru.
Contoh
Nomor Desimal: 29 10
Menghitung Binary Equivalent –
Langkah | Operasi | Hasil | Sisa |
---|---|---|---|
Langkah 1 | 29/2 | 14 | 1 |
Langkah 2 | 14/2 | 7 | 0 |
Langkah 3 | 7/2 | 3 | 1 |
Langkah 4 | 3/2 | 1 | 1 |
Langkah 5 | 1/2 | 0 | 1 |
Seperti disebutkan dalam Langkah 2 dan 4, sisanya harus diatur dalam urutan terbalik sehingga sisa pertama menjadi Least Significant Digit (LSD) dan sisanya terakhir menjadi Digit Paling Signifikan (MSD).
Nomor Desimal: 29 10 = Biner Nomor: 11101 2.
Sistem Basis Lainnya dengan Sistem Desimal
Langkah 1 – Tentukan nilai kolom (posisi) masing-masing digit (ini tergantung pada posisi digit dan basis sistem bilangan).
Langkah 2 – Kalikan nilai kolom yang diperoleh (pada Langkah 1) dengan angka pada kolom yang sesuai.
Langkah 3 – Jumlahkan produk yang dihitung pada Langkah 2. Jumlahnya adalah nilai ekivalen dalam desimal.
Contoh
Nomor Biner: 11101 2
Menghitung Setara Setara –
Langkah | Nomor biner | Angka desimal |
---|---|---|
Langkah 1 | 11101 2 | (1 x 2 4 ) + (1 x 2 3 ) + (1 x 2 2 ) + (0 x 2 1 ) + (1 x 2 0)) 10 |
Langkah 2 | 11101 2 | (16 + 8 + 4 + 0 + 1) 10 |
Langkah 3 | 11101 2 | 29 10 |
Biner Nomor: 11101 2 = Nomor Desimal: 29 10
Sistem Basis Lainnya terhadap Sistem Non-Desimal
Langkah 1 – Mengkonversi nomor asli ke angka desimal (basis 10).
Langkah 2 – Mengkonversi angka desimal sehingga diperoleh ke nomor dasar baru.
Contoh
Nomor Oktal: 25 8
Menghitung Binary Equivalent –
Langkah 1 – Convert ke Desimal
Langkah | Nomor panggil | Angka desimal |
---|---|---|
Langkah 1 | 25 8 | ((2 x 8 1 ) + (5 x 8 0 )) 10 |
Langkah 2 | 25 8 | (16 + 5) 10 |
Langkah 3 | 25 8 | 21 10 |
Oktal Nomor: 25 8 = Nomor Desimal: 21 10
Langkah 2 – Mengkonversi Desimal ke Biner
Langkah | Operasi | Hasil | Sisa |
---|---|---|---|
Langkah 1 | 21/2 | 10 | 1 |
Langkah 2 | 10/2 | 5 | 0 |
Langkah 3 | 5/2 | 2 | 1 |
Langkah 4 | 2/2 | 1 | 0 |
Langkah 5 | 1/2 | 0 | 1 |
Nomor Desimal: 21 10 = Biner Nomor: 10101 2
Oktal Number: 25 8 = Binary Number: 10101 2
Metode Shortcut ─ Biner ke Oktal
Langkah 1 – Bagi digit biner ke dalam kelompok tiga (mulai dari kanan).
Langkah 2 – Mengkonversi setiap kelompok tiga digit biner menjadi satu digit oktal.
Contoh
Nomor Biner: 10101 2
Menghitung Oktal Setara –
Langkah | Nomor biner | Nomor panggil |
---|---|---|
Langkah 1 | 10101 2 | 010 101 |
Langkah 2 | 10101 2 | 2 8 5 8 |
Langkah 3 | 10101 2 | 25 8 |
Nomor Biner: 10101 2 = Nomor Oktal: 25 8
Metode Shortcut ─ Oktal ke Biner
Langkah 1 – Mengkonversi setiap digit oktal ke angka biner 3 digit (digit oktal dapat dianggap sebagai desimal untuk konversi ini).
Langkah 2 – Kombinasikan semua kelompok biner yang dihasilkan (masing-masing 3 digit) ke dalam satu nomor biner.
Contoh
Nomor Oktal: 25 8
Menghitung Binary Equivalent –
Langkah | Nomor panggil | Nomor biner |
---|---|---|
Langkah 1 | 25 8 | 2 10 5 10 |
Langkah 2 | 25 8 | 010 2 101 2 |
Langkah 3 | 25 8 | 010101 2 |
Oktal Number: 25 8 = Binary Number: 10101 2
Metode Shortcut ─ Biner ke Heksadesimal
Langkah 1 – Bagi digit biner menjadi kelompok empat (mulai dari kanan).
Langkah 2 – Mengkonversi setiap kelompok dari empat digit biner menjadi satu simbol heksadesimal.
Contoh
Nomor Biner: 10101 2
Menghitung heksadesimal Setara –
Langkah | Nomor biner | Nomor heksadesimal |
---|---|---|
Langkah 1 | 10101 2 | 0001 0101 |
Langkah 2 | 10101 2 | 1 10 5 10 |
Langkah 3 | 10101 2 | 15 16 |
Nomor Biner: 10101 2 = Heksadesimal Nomor: 15 16
Metode Shortcut – Heksadesimal ke Biner
Langkah 1 – Mengkonversi masing-masing digit heksadesimal ke bilangan biner 4 digit (digit heksadesimal dapat dianggap sebagai desimal untuk konversi ini).
Langkah 2 – Kombinasikan semua kelompok biner yang dihasilkan (dari 4 digit masing-masing) ke dalam satu nomor biner.
Contoh
Heksadesimal Nomor: 15 16
Menghitung Binary Equivalent –
Langkah | Nomor heksadesimal | Nomor biner |
---|---|---|
Langkah 1 | 15 16 | 1 10 5 10 |
Langkah 2 | 15 16 | 0001 2 0101 2 |
Langkah 3 | 15 16 | 00010101 2 |
Heksadesimal Nomor: 15 16 = Biner Nomor: 10101 2
Komponen Komputer – Data dan Informasi
Data dapat didefinisikan sebagai representasi fakta, konsep, atau instruksi secara formal, yang harus sesuai untuk komunikasi, interpretasi, atau pemrosesan oleh mesin manusia atau elektronik.
Data diwakili dengan bantuan karakter seperti huruf (AZ, az), digit (0-9) atau karakter khusus (+, -, /, *, <,>, = etc.)
Apa informasi
Informasi disusun atau diklasifikasikan data, yang memiliki beberapa nilai yang berarti bagi penerima. Informasi adalah data hasil proses pengambilan keputusan dan tindakan.
Agar keputusan menjadi bermakna, data yang diproses harus memenuhi syarat untuk karakteristik berikut –
- Tepat waktu – Informasi harus tersedia bila diperlukan.
- Akurasi – Informasi harus akurat.
- Kelengkapan – Informasi harus lengkap.
Siklus Pengolahan Data
Pengolahan data adalah penataan ulang atau pemesanan kembali data oleh orang atau mesin untuk meningkatkan kegunaannya dan menambahkan nilai untuk tujuan tertentu. Pengolahan data terdiri dari langkah-langkah dasar berikut – input, pengolahan, dan output. Ketiga langkah ini merupakan siklus pengolahan data.
- Masukan – Pada langkah ini, data masukan disiapkan dalam beberapa bentuk pemrosesan yang mudah. Bentuknya akan tergantung pada mesin pengolah. Misalnya, ketika komputer elektronik digunakan, data masukan dapat direkam pada salah satu dari beberapa jenis media masukan, seperti disk magnetik, kaset, dan sebagainya.
- Pengolahan – Pada langkah ini, data masukan diubah untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih berguna. Misalnya, cek gaji bisa dihitung dari kartu waktu, atau ringkasan penjualan untuk bulan tersebut bisa dihitung dari perintah penjualan.
- Output – Pada tahap ini, hasil dari proses pengolahan dilanjutkan. Bentuk data output tertentu bergantung pada penggunaan data. Misalnya, data keluaran mungkin cek gaji untuk karyawan.
Komponen Komputer – Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sistem di mana beberapa komputer terhubung satu sama lain untuk berbagi informasi dan sumber daya.
Karakteristik Jaringan Komputer
- Bagikan sumber daya dari satu komputer ke komputer lainnya.
- Buat file dan simpan di satu komputer, akses file-file dari komputer lain yang terhubung melalui jaringan.
- Sambungkan printer, pemindai, atau mesin fax ke jaringan komputer.
Berikut adalah daftar perangkat keras yang dibutuhkan untuk membuat jaringan.
- Kabel jaringan
- Distributor
- Router
- Kartu Jaringan Internal
- Kartu Jaringan Eksternal
Kabel jaringan
Kabel jaringan digunakan untuk hubungan komputer. Kabel yang paling sering digunakan adalah kabel Kategori 5 RJ-45.
Distributor
Sebuah komputer bisa dihubungkan ke port serial yang lain, tapi jika kita membutuhkan banyak komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan, koneksi serial ini tidak akan bekerja.
Solusinya adalah dengan menggunakan badan pusat tempat komputer, printer, scanner, dan lain-lain dapat terhubung dan kemudian badan ini akan diatur atau tempat kerja lalu lintas jaringan.
Router
Router adalah jenis perangkat yang bertindak sebagai titik pusat di antara komputer dan perangkat yang merupakan bagian dari jaringan. Dilengkapi dengan lubang yang disebut port. Komputer dan perangkat lainnya terhubung ke router menggunakan kabel jaringan. Router sekarang-a-hari hadir dalam mode nirkabel yang menggunakan komputer yang dapat terhubung tanpa kabel fisik.
Kartu jaringan
Kartu jaringan adalah komponen komputer yang penting komputer tidak dapat terhubung melalui jaringan. Hal ini juga dikenal sebagai adapter jaringan atau Network Interface Card (NIC). Sebagian besar komputer bermerek punya kartu jaringan yang sudah terpasang sebelumnya. Kartu Jaringan dan.
Kartu Jaringan Internal
Motherboard memiliki slot kartu jaringan internal untuk memasukkannya. Jaringan Antarmuka Peripheral Interkoneksi (PCI), sedangkan tipe kedua menggunakan Standar Industri Arsitektur (ISA). Kabel jaringan diperlukan untuk menyediakan akses jaringan.
Kartu Jaringan Eksternal
. Berbasis USB dan berbasis USB. Kartu nirkabel tidak perlu kabel ke dalam motherboard, namun tidak ada kabel jaringan yang diperlukan untuk terhubung ke jaringan.
Universal Serial Bus (USB)
Kartu USB mudah digunakan dan terhubung via port USB. Komputer secara otomatis dengan kartu USB.
Komponen Komputer – Sistem Operasai
Sistem Operasi adalah program dengan fitur berikut –
- Sistem operasi adalah program yang berfungsi sebagai antarmuka antara perangkat lunak dan perangkat keras.
- Ini adalah seperangkat program khusus yang digunakan untuk pengelolaan keseluruhan sumber daya dan operasi komputer.
- Ini adalah perangkat lunak khusus yang mengendalikan dan menjalankan semua program yang ada di komputer, termasuk program aplikasi dan perangkat lunak sistem lainnya.
Tujuan
Tujuan dari sistem operasi adalah –
- Agar sistem komputer mudah digunakan dengan cara yang efisien.
- Untuk sekian sumber daya perangkat keras dari pengguna.
- Menyediakan antarmuka yang mudah bagi pengguna untuk menggunakan sistem komputer.
- Untuk urusan sebagai perangkat antara perangkat keras dan pengguna, memudahkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan sumber daya lainnya.
- Untuk pengelolaan sumber daya.
- Untuk melacak siapa yang menggunakan sumber daya, memberikan permintaan sumber daya, danfoto permintaan yang bertentangan dengan berbagai program dan pengguna.
- Menyediakan sumber daya dan program yang efisien dan adil.
Karakteristik Sistem Operasi
Berikut adalah daftar beberapa fitur yang paling menonjol dari Sistem Operasi –
- Manajemen Memori – Melacak memori utama, contoh bagian mana yang digunakan oleh siapa, bagian mana yang tidak digunakan, dll dan mengalokasikan memori saat menjadi proses atau program memintanya.
- Prosesor Manajemen – Mengalokasikan prosesor (CPU) ke sebuah proses dan deallocates prosesor saat tidak lagi diperlukan.
- Manajemen Perangkat – Melacak semua perangkat . Ini juga disebut pengendali I / O yang menentukan proses mana yang perangkat, kapan, dan berapa banyak waktu.
- Manajemen File – Mengalokasikan dan mengalokasikan sumber daya dan keputusan siapa yang sumber daya.
- Keamanan – Mencegah akses yang tidak sah ke program dan data dengan menggunakan kata sandi dan teknik lain lainnya.
- Job Accounting – Melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai pekerjaan dan / atau pengguna.
- Kontrol atas Performa Sistem – Keterlambatan catatan antara permintaan layanan dan dari sistem.
- Interaksi dengan Operator – Interaksi bisa terjadi melalui konsol komputer dalam bentuk bentuk. Sistem operasi hal yang sama, melakukan tindakan yang sesuai, dan menginformasikannya dengan tampilan layar.
- Alat bantu pendeteksi kesalahan – Produksi dump, jejak, pesan kesalahan, dan metode debugging dan error-detecting lainnya.
- Koordinasi Antara Perangkat Lunak dan Pengguna Lain -. Dan berbagai kompas, juru bahasa, perakit, dan perangkat lunak lainnya ke berbagai pengguna.
Komponen Komputer – Internet dan Intranet
Dalam bab ini, kita akan melihat apa itu Internet dan Intranet, serta membahas persamaan dan perbedaan antara kedua.
Internet
Ini adalah sistem jaringan komputer interkoneksi di seluruh dunia / global. Ini menggunakan Protokol Internet standar (TCP / IP). Setiap komputer di Internet dengan alamat IP yang unik. Alamat IP adalah kumpulan bilangan unik (seperti 110.22.33.114) yang mengingat lokasi komputer.
DNS komputer khusus (Domain Name Server) digunakan untuk memberi nama pada Alamat IP sehingga pengguna dapat menemukan komputer dengan sebuah nama. Misalnya, server DNS akan menyelesaikan sebuah nama https://www.tutorialspoint.com ke alamat IP tertentu untuk menarik secara khusus komputer tempat situs web ini di-host.
Internet bisa diakses oleh setiap pengguna di seluruh dunia.
Intranet
Intranet adalah sistem di mana beberapa PC terhubung satu sama lain. PC di intranet tidak tersedia untuk dunia luar intranet. Semua organisasi yang ada di jaringan Intranet sendiri dan anggota / karyawan organisasi tersebut dapat mengakses komputer di intranet mereka.
Setiap komputer di Intranet juga dikenali oleh sebuah IP Address yang unik di antara komputer-komputer di Intranet tersebut.
Kemiripan antara Internet dan Intranet
- Intranet menggunakan protokol internet seperti TCP / IP dan FTP.
- Situs intranet dapat diakses melalui web browser dengan cara yang sama seperti situs web di internet. Namun, hanya anggota jaringan Intranet yang bisa akses situs host intranet.
- Di Intranet, instant messenger sendiri bisa dipakai mirip dengan yahoo messenger / gtalk melalui internet.
Perbedaan antara Internet dan Intranet
- Internet umum ke PC di seluruh duniaakang Intranet khusus untuk beberapa PC.
- Internet menyediakan akses yang lebih luas dan lebih baik ke situs web ke populasi yang besar, sedangkan Intranet batas.
- Internet tidak seaman Intranet. Intranet dapat diprivatisasi dengan aman sesuai kebutuhan.
Refrensi:
- Tutorialspoint.comBaca
KOMPONEN KOMPUTER
Leave a Reply