jadwal imsakiyah ramadahn 2017

Marhaban ya Ramadhan…! Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017 Alhamdulillah Bulan Ramadhan 2017 kembali menyapa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan, bulan dimana umat muslim menahan diri dari lapar dan dahaga, tidak lupa nafsu yang senantiasa mengajak pada keburukan harus kita jaga.

Jadwal Imsya’ dan Sholat pada bulan Ramadhan 1438 H tahun 2017

Dengan jadwal Imsyakiyah dan Sholat berikut, Anda bisa menyesuaikan berdasarkan tempat tinggal Anda. Kalau Anda lebih suka dalam bentuk hard file atau PDF. Di bagian kanan bawah  ada tombol “print” yang bisa mencetak jadwal melalui printer atau save menjadi file PDF. Berikut jadwal Imsyakiyah dan Sholat 2017 :


Syaitan-syaitan yang berkeliaran dibelenggu sehingga tidak bisa menggoda orang-orang yang beriman untuk bermaksiat.

Mari kita sucikan hati dalam menyambut bulan Ramadhan, supaya Ramadhan tahun ini lebih berkah. Agar puasa kita berkwalitas, mari kita persiapkan puasa kita dengan sahur pagi dan jangan sampai melewati batas imsyak.

Tips Menentukan Waktu Imsyak dan Sholat dari Kementrian Agama RI :

Pengertian imsyak sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsyaka yang berarti menahan. Jadi, dari perngertian menahan, berarti waktu imsak adalah waktu dimulainya menahan segala hal yang membatalkan puasa.

Sebagaimana firman Allah Swt di dalam Al-Quran:

وَكُلُواْ وَاشْرَبُواْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّواْ الصِّيَامَ إِلَى الَّليْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللّهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 187)

Baca juga :   Contoh Undangan Aqiqah dan Kartu Ucapan yang Bisa di Edit Beserta Hukumnya

Namun sebagian kaum muslimin zaman sekarang ini salah kaprah dalam penetapan waktu imsak dimana yang beredar di masyarakat waktu imsak adalah 10/15 menit sebelum terbit fajar shodiq ( adzan subuh ).

Berikut penjelasan yang benar mengenai makna imsyak oleh Ustad Adi Hidayat L.C :

Jadi, menurut penjelasan dair Ustad Adi, imsyak sendiri adalah waktu puasa (waktu subuh), sedangkan waktu peringatan sebelum berakhirnya batas sahur disebut dengan tanbihun (peringatan). Sebagai pengetahuan, berikut kriteria dalam cara menentukan Imsakiyah dan Jadwal Sholat menurut Kementrian Agama Republik Indonesia :

  1. Imsak 10 menit sebelum waktu subuh
  2. Subuh pada saat matahari berada pada suhu -20 derajat dibawah horizon timur ditambah ihtiyati 2 menit
  3. Syuruq / terbit saat matahari terbit di kurangi ihtiyati 2 menit
  4. Dhuha saat matahari berada pada suhu 4,5 derajat di atas horizon setelah terbit ditambah ihtiyati 2 menit
  5. Zuhur saat matahari melintas meridian (zawal/istiwa/noon) ditambah ihtiyati 2 menit
  6. Ashar saat panjang bayangan matahari = panjang benda + panjang bayangan benda waktu Zuhur ditambah ihtiyati 2 menit
  7. Magrib saat matahari terbenam ditambah ihtiyati 2 menit
  8. Isya’ pada saat matahari berada pada sudut -18 derajat dibawah horizon barat ditambah ihtiyati 2 menit.

Jangan lupa untuk terus membagikan kebaikan kepada saudara kita supaya kita juga mendapatkan pahalanya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Baca Juga : Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir oleh Syekh Ali Jaber

Like and Share ! 

Refrensi :

  • jadwalsholat.org
  • abiummi.com

Leave a Comment