Daftarkan Diri Anda Di Sscn.bkn.go.id Untuk Ikut Penerimaan CPNS 5/5 (3)

7 min read

Daftarkan Diri Anda Untuk Ikut Penerimaan CPNS Hanya Di sscn.bkn .go .id

Tahun ini pemerintah akan segera membuka seleksi CPNS untuk umum yang mana ini menjadi kabar gembira untuk Anda yang bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sekitar 140 ribuan dari 197 ribu lowongan akan didikan untuk tenaga seperti guru, kesehatan dan juga tenaga teknis.

Karena itu, hal ini tentunya adalah momen yang sangat membahagiakan. Penerimaan CPNS sendiri kabarnya akan dibuka pada tanggal 25 Oktober tahun ini. adapun jumlah formasi seutuhnya adalah kurang lebih sebanyak 197.111 formasi. Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar, Anda bisa mendaftarnya langsung melalui situs resminya yakni di sscn.bkn.go.id

Apa Itu SSCN?

Jika di atas sudah disebutkan bahwa proses mendaftar CPNS dengan mengunjungi portal SSCN, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan SSCN itu? Jadi, SSCN merupakan sebuah kepanjangan dari Sistem Seleksi CPNS Nasional yang mana ini adalah sebuah situs resmi yang digunakan untuk mendaftar CPNS secara nasional.

Situs ini juga menjadi pintu pendaftaran CPNS di tahun 2019 ini. melalui situs ini, baik Anda yang berada di pusat maupun di daerah bisa mendaftarkan dirinya sendiri dan mengaksesnya secara langsung.

Adapun portal SSCN ini sendiri dikelola oleh sebuah Badan Kepegawaian negara (BKN) RI sebagai pihak panitia Seleksi CPNS Nasional.

Bahkan, BKN juga telah secara resmi mengumumkan bahwa jadwal pendaftaran CPNS akan dibuka di bulan Oktober tahun 2019 ini. nah, untuk melakukan pendaftaran Anda bisa mengunjungi https://sscn.bkn.go.id.

Lowongan apa saja yang ada dan bagaimana cara mengecek lowongan tersebut di SSCN? Nah, untuk Anda yang tertarik dan penasaran dengan lowongan yang dibuka, sebenarnya Anda bisa langsung mengunjungi sscn.bkn.go.id 2019 atau juga bisa mengunjungi helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn.

Setelah Anda berhasil untuk masuk, maka langkah selanjutnya adalah silahkan untuk memilih menu SPF (Simulasi Pemilihan Formasi) setelah itu langsung sisi form isian yang tersedia. Adapun usia pelamar yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai CPNS sendir adalah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Hal ini sesuai dengan PP 11 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa syarat penerimaan CPNS minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun ada saat melamar dan sesuai dengan pengumuman persyaratan pada masing-masing instansi.

Nah, untuk Anda yang bertanya apakah untuk mendaftar CPNS itu dipungut biaya? Ternyata untuk mendaftar CPNS itu gratis alias tidak dikenakan biaya sepeser pun. Bahkan, jika terdapat oknum yang meminta uang, maka segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

Bagaimana Sih Alur Pendaftaran SSCN?

Untuk melakukan pendaftaran CPNS, sebagai seorang peserta Anda harus melalui alur pendaftaran sesuai dengan apa yang ditentukan. Adapun mekanisme pendaftaran sscn.bkn.go.id 2019 pendaftaran sebagian besar adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, para calon peserta harus mendaftarkan dirinya secara langsung melalui situs https://sscn.bkn.go.id
  2. Setelah itu, peserta diminta untuk mengisikan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai dengan yang telah terverifikasi di Dukcapil.
  3. Jika NIK peserta sudah terverifikasi oleh sistem DukCapil, maka para peserta bisa langsung membuat akun saja mendapatkan bukti bahwa sudah memiliki dan terdaftar akunnya.
  4. Jika sudah, peserta harus segera mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti.
  5. Setelah mencetak kartu pendaftaran, kini saatnya calon peserta memilih formasi apa yang akan dipilih serta di institut mana kemudian mengunggah berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  6. Pastikan bahwa semua berkas persyaratan dalam bentuk softcopy baik itu PDF ataupun foto.
  7. Direncanakan bahwa berkas foto yang harus serta lampirkan adalah foto swafoto (selfie) dengan membawa kartu peserta beserta dengan KTP.
  8. Setiap instansi penyedia formasi CPNS juga dipersilahkan untuk mengajukan persyaratan tambahan jika ada di samping persyaratan utama yang dibutuhkan.
  9. Adapun contoh berkas utama yang harus ada adalah KTP, Ijazah, serta surat lamaran.
  10. Setelah semua berkas di unggah melalui sscn.bkn.go.id registrasi, maka berkas tersebut nantinya akan di verifikasi kelengkapan serta kevalidannya.
  11. Nah, jika para peserta lolos verifikasi, maka nantinya peserta akan mendapatkan kartu peserta untuk mengikuti tes CAT BKN.
  12. Jika peserta dinyatakan lolos, maka nantinya hasilnya akan dipublikasikan melalui situs sscn.bkn.go.id maupun media milik instansi yang membuka lowongan CPNS.
Baca juga :   BioCypress , 17 Khasiat Ajaib Untuk Menyembuhkan Penyakit Sendi dan Saraf

Itulah alur pendaftaran yang harus Anda lakukan ketika mengikuti seleksi CPNS. Pastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar dan jangan sampai lupa untuk menyimpan kartunya dengan baik.

Mekanisme dan Ketentuan

Sebelum melakukan pendaftaran, maka ada baiknya jika Anda perlu tahu mekanisme dan ketentuan apa saja untuk mendaftar CPNS. Hal ini sangat penting agar nantinya Anda tidak kebingungan saat lowongan CPNS ini sudah dibuka secara umum.

Adapun ketentuan yang harus dimiliki oleh para peserta CPNS berdasarkan dengan Peraturan pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Terdapat 9 syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Usia peserta calon CPNS paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK)

Selain persyaratan yang sudah disebutkan di atas, seringkali juga ada tambahan yang ditentukan oleh formasi masing-asing dari PKK kementerian/lembaga/dinas yang terkait. Meskipun demikian, batas usia harus 18 tahun paling rendah dan 35 tahun paling tinggi. Sementara untuk jabatan tertentu yang ditetapkan oleh presiden paling tinggi itu 40 tahun.

Mekanisme Pendaftaran CPNS

Nah, untuk Anda yang akan mendaftar, ternyata ada mekanisme mendaftar yang harus Anda pahami. Dengan demikian saat lowongan CPNS ini dibuka Anda tidak akan kebingungan bagaimana cara mendaftarnya.

Oleh sebab itu, pelajari mekanisme pendaftarannya terlebih dahulu. Untuk Anda yang ingin tahu mekanisme pendaftaran CPNS seperti apa agar nantinya pada saat pendaftaran tidak salah, maka Anda bisa simak langkah-langkah mekanisme pendaftaran yang ada di bawah ini.

1. Masuk ke Situs SSCN

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah para pelamar harus mendaftar melalui portal resmi miliki SSCN BKN. Adapun portal resminya sendiri adalah https://sscn.bkn.go.id.

Melalui situs ini, Anda juga bisa melihat berbagai macam informasi perihal penerimaan CNS dan PK 2019 dengan lengkap. Sebab, ini adalah sebuah portal resmi yang memang dibuat oleh pemerintah.

2. Membuat Akun

Jika sudah berhasil masuk ke situs di atas, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat akun. Proses akun ini digunakan untuk mendaftarkan diri Anda. Nah, untuk membuat akun, Anda bisa memilih menu SSCN atau SSP3k di portal yang sudah dibuka tadi. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah dengan klik registrasi.

Dalam proses membuat akun, maka di sini Anda harus mengisikan data pribadi. Data ini berisikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan NIK KK yang telah terkonfirmasi pada Dinas DukCapil. Ini adalah hal yang harus di sisi jika Anda ingin mendaftar CPNS.

Baca juga :   Peluang Usaha Tahun 2020 Terbaru Yang Menjanjikan, Hanya Dengan Modal Kecil Dijamin Laris

Sedangkan jika Anda akan mendaftar PPPK, maka Anda harus mengisikan nomor peserta ujian K-2. NIK KK, NIK KTP serta tanggal lahir. Selain itu, Anda juga harus mengisikan alamat email yang aktif, beserta dengan password serta pertanyaan keamanan.

Setelah itu, baru deh Anda menganggap pas foto dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal adalah 200 kb dengan format.JPG ataupun .JPEG. setelah itu, Anda bisa langsung mencetak kartu sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan registrasi.

3. Login ke SSCN atau SSP3K

Setelah Anda berhasil mendaftar, maka Anda harus melakukan login kembali melalui https://sscn.bkn.go.id untuk melamar sebagai peserta CPNS 2019 atau peserta PPPK 2019. Untuk melakukan login, maka Anda harus memasukkan NIK serta password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

4. Melengkapi Data

Jika Anda sudah berhasil login, maka saatnya Anda untuk melengkapi data. Anda harus mengunggah foto selfie dengan membawa KTP dan Kartu Informasi akun sebagai tanda bukti bahwa telah membuat akun di SSCN.

Setelah mengunggah foto, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melengkapi biodata dengan informasi yang sebenar-benarnya. Anda juga harus memilih formasi, instansi serta jabatan sesuai dengan pendidikannya sendiri khusus untuk CPNS.

Sedangkan jika Anda mendaftar PPPK, maka Anda harus memilih jabatan serta melengkapi pendidikan. Jika sudah, unggahlah dokumen yang diperlukan sebagai suatu persyaratan yang ditetapkan oleh instansi.

Setelah itu, cek kembali apakah dokumen yang sudah diisikan itu benar. Jika sudah, silahkan langsung saja mencetak kartu pendaftaran.

5. Melakukan Verifikasi

Adapun setelah Anda berhasil mendaftar, maka nantinya akan dilakukan verifikasi berkas yang akan dilakukan oleh tim verifikator. Jika, tahapan verifikasi ini sudah benar, maka Anda akan dinyatakan lolos secara administratif. Setelah itu, Anda akan mencetak kartu untuk ujian CAT dan melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya.

Sampai tahapan ini, maka Anda harus berjuang sampai terakhir. Untuk bisa mengerjakan tes CAT, maka pastikan Anda sudah belajar dan siap dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab dalam waktu 90 menit. Karena itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin.

Hal yang Harus Dipersiapkan

Nah, untuk Anda yang akan mengikuti CPNS, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Sehingga pada saat CPNS ini dibuka, maka Anda tidak khawatir lagi. dengan demikian, Anda bisa mengikuti seleksi CPNS tanpa tergesa-gesa karena memang semuanya sudah disiapkan dengan sebaik mungkin.

Adapun beberapa hal yang harus Anda persiapkan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Scan KTP
  2. Scan Kartu keluarga
  3. Foto diri
  4. Scan Transkrip Nilai
  5. Scan Ijazah.

Adapun pada saat melakukan proses pendaftaran ada dua hal yang sangat penting dan harus ada yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP. Serta nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK).

Karena beberapa syarat tersebut harus dalam keadaan soft copy, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mulai mempersiapkannya sejak dini. Sebab, hal ini sangat penting dan membutuhkan persiapkan yang matang. Dengan begitu saat Anda melakukan pendaftaran, tidak ada lagi kendala yang menghadang jalan Anda.

Portal Resmi Pendaftaran CPNS

Nah, untuk Anda yang akan mendaftar CPNS, bukankah Anda harus tahu postal resmi pendaftaran CPNS ini? sebab, proses pendaftaran dilakukan secara online, sehingga jika Anda tidak mengetahuinya maka Anda tidak akan bisa mendaftar.

Bicara soal portal atau situs, untuk mendaftar CPNS ada beberapa situs yang bisa Anda ketahui. Situs ini terkait sebagai sarana informasi ataupun media pendaftaran. Anda bisa mengunjungi link sscn.bknPanta.go.id.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi situs resmi milik BKN dengan link www.bkn.go.id. Selain situs tersebut, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk mengetahui info seputar pendaftaran CPNS.

Baca juga :   Inilah Beberapa Contoh Undangan Pernikahan yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Hal ini karena media sosial menjadi salah satu tempat yang paling tepat di era milenial dimana semua orang hampir menggunakannya. Beberapa media sosial mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, hingga YouTube kini dijadikan sebagai media informasi.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui informasi melalui media sosial, maka Anda bisa mengunjungi akun nya. Berikut ini adalah akun media sosial resmi milik BKN.

Twitter, untuk Anda para pengguna Twitter, Anda bisa mendapatkan informasi seutar CPNS yang resmi melalui twitter.com/BKNgoid. Sementara Anda para pengguna Facebook, maka Anda bisa mengunjungi akun dengan nama Facebook.com/BKNgoid.

Jika Anda menggunakan media sosial Instagram, maka Anda bisa mengunjungi akun Instagram.com/BKNgoidOfficial. Sementara jika Anda menggunakan akun YouTube, Anda bisa mendapatkan informasi lengkapnya melalui youtube.com/BKNgoidOfficial.

Dengan mengunjungi portal-portal yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa mendapatkan informasi sedetail-detailnya serta sebenar-benarnya. Sebab, informasi tersebut didatangkan langsung dari sumbernya.

Hal ini tentunya memiliki tujuan yakni untuk mencegah munculnya berita hoax yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Atau bahkan berita yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau diskriminatif, negatif dan juga tidak bermanfaat.

Setelah Anda mengetahui portal pendaftaran cpns yang benar, maka sudah menjadi sebuah kewajiban memanfaatkan setiap informasi yang didapatkan dari portal tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mensukseskan perekrutan CPNS di tahun 2019 ini.

Sudahkah Anda siapkan diri Anda untuk menyambut pendaftaran CPNS di tahun 2019 ini? yuk siapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan jangan lupa persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ujian CAT.

Karena sesungguhnya diterima atau tidaknya seseorang tergantung dengan doa dan usahanya. Sebab, manusia hanya bisa berjuang dan Tuhanlah yang mengabulkannya. Siapa tahu kali ini Anda diterima berarti PNS adalah jalan rezeki Anda.

Tunggu apa lagi, langsung saja kunjungi situs resmi SSCN BKN sekarang juga di https://sscn.bkn.go.id. Temukan banyak informasi bermanfaat di sana dan semoga Anda sukses dan bisa lolos seleksi CPNS tahun ini. selamat mencoba!

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *