Distributor Rak Minimarket Murah : Solusi Buat Anda Yang Butuh Rak Minimarket Berkualitas Namun Murah

jual rak minimarket

[su_column size=”3/4″ center=”yes”]

Di halaman ini anda akan banyak pilihan rak minimarket sesuai yang di inginkan sehingga bisa mensupport bisnis ritel anda lebih maksimal


Informasi dan Pemesanan:
085640152025 (WA/Tlp)


INFORMASI DATA BISNIS RITEL

  • Bisnis ritel saat ini sedang merebak hingga pelosok-pelosok daerah di seluruh tanah air dari model minimarket sampai hypermarket.
  • Di Indonesia rasio supermarket masih cukup menjanjikan1 : 300.000 orang. Sedangkan di negara-negara maju jumlahnya cukup kecil 1 : 30.000 orang (Swa, 2004).
  • Fakta menunjukkan dalam kurun waktu 3 tahun ini pasar Tradisional juga mengalami pertumbuhan negatif (-8%) sementara model pasar modern (swalayan) mengalami pertumbuhan hingga 18%.(Marketing, 2006).
  • Pertumbuhan income per kapita $3.542 dengan pertumbuhan daya beli sektor konsumsi meningkat rata-rata 10% per tahun (2014 tercatat 11,7%).
  • Ada 50 juta masyarakat menengah dan semakin bertambah rata-rata 10% per tahun dengan kekuatan daya beli 10 juta per bulan.
  • Penetrasi ritel modern di Indonesia baru mencapai 14%. Bandingkan dengan Filiphina 25%; Malaysia 53%; Singapore 68% (Riset Fitch Rating).

Melihat peluang yang sangat bagus ini, sebagai pelaku bisnis di bidang minimarket maka perlu di bekali pengetahuan manajemen minimarket yang baik. Berikut saya jelaskan manajemen pengelolaan minimarket :

Merchandising minimarket adalah arus aktivitas yang terkait dengan proses penyediaan barang dagangan dari sejak barang dianalisa untuk dijual, dipesan, disimpan, dipajang di rak gondola hingga terjual dan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan kelangsungannya

 Tanggung jawab Merchandising

  1. Pemilihan item produk laku
  2. Kelangsungan persediaan minimarket
  3. Penerimaan barang dalam jumlah dan kualitas yang tepat
  4. Batas kedaluwarsa (expired date)
  5. Penyimpanan barang rak gudang
  6. Pemajangan (Display) di rak gondola
  7. Promosi
  8. Biaya penjualan minimarket
  9. Keamanan
  10. Perputaran barang ( turn over )
  11. Kontrol inventori (Inventory control)

Kunci keberhasilan Merchandising

1. Pilih supplier minimarket professional

2. Barang dari sumber langsung

3. Pilih barang cepat laku (fast moving

4. Harga beli “termurah”

5. Harga jual terjangkau

6. Tepat waktu, kualitas & jumlah

7. Keuntungan (profit margin) maksimum

8. Display yang menarik di rak gondola

9. Inventory akurat

10. Promosi yang menarik

Ruang lingkup Merchandising Minimarket

Ø Merchandising Perencanaan

Ø Merchandising Keuangan

Ø Merchandising Pengadaan

Ø Merchandising Distribusi

Ø Merchandising Category

 

Ø Merchandising Display

Ø Merchandising Inventory

Ø Merchandising Marketing

Ø Merchandising Control

 

Berikut uraian ruang lingkup merchandising :

Merchandising Perencanaan

  1. Identifikasi calon konsumen minimarket
  2. Analisa calon konsumen
  3. Kajian pesaing (study competitor)
  4. Segmentasi pasar
  5. Kebijakan penyediaan barang
  6. Kebijakan strategi harga
  7. Strategi pemuasan pelanggan minimarket
  8. Target penjualan
  9. Strategi pemasaran (marketing)

Merchandising Keuangan

  1. Pricing (kebijakan harga rak minimarket)
  2. Cash planning (Perencanaan pembelian)
  3. Contribution to Margin (kebijakan Margin)
  4. Trading term (Waktu pembayaran supplier)
  5. Biaya penjualan (promosi)

Merchandising Pengadaan

  1. Product analysis
  2. Manage supplier
  3. Trend
  4. Supplier Selection
  5. Sales price calculation
  6. Stock manage
  7. Ordering process
  8. Control
  9. Evaluation merchandising

Merchandising Distribusi

  1. Sisdur pemesanan (ordering)
  2. Sisdur penerimaan (receiving)
  3. Pengendalian kualitas (quality control)
  4. Pola distribusi
  5. Pengembalian barang (returning)
  6. Pemusnahan barang (breakage)
  7. Membuat prosedur penyimpanan (storage)

Merchandising Category

· Manajemen pengelompokan barang untuk memudahkan pengelolaan merchandising

· Bauran barang di toko dikelompokkan dalam katagori-katagori sesuai dengan karakteristik barang yang dikelola secara khusus (focus) untuk memaksimalkan penjualan minimarket

Merchandising Display

· Usaha penataan barang dagangan di rak gondola dengan memperhatikan unsur pengelompokan jenis, kegunaan barang, kerapihan dan keindahan agar menarik dan mengarahkan calon pembeli untuk membeli

Merchandising Inventory

· Manajemen dalam pengaturan keluar masuk barang

Barang Masuk

ü Pembelian ( Selling In)

ü Barang gratis (Free goods)

ü Pengiriman dari cabang lain (internal transfer)

ü Pengembalian penjualan (Return Customer)

Barang keluar

ü Penjualan (selling out)

ü Pengiriman ke cabang lain (Transfer out)

ü Pengembalian ke pemasok (Return)

ü Pemakaian Kantor

ü Alat & bahan kebersihan, Alat tulis dll.

ü Kehilangan (Loss)

– Pencurian (Shrinkage)

– Pemusnahan (breakage)

Merchandising Marketing

  1. Datangkan customer
  2. Memperbanyak calon customer
  3. Memperbanyak customer
  4. Memperbanyak periode pembelian
  5. Memperbesar pembelian per customer
  6. Meningkatkan margin

Merchandising Control

  1. Kontrol penjualan
  2. Kontrol display di rak gondola
  3. Kontrol stock dan reordering
  4. Kontrol kehilangan & rusak (shrinkage)
  5. Kontrol pengembalian barang (returning)
  6. Kontrol barang discount (discounting)
  7. Evaluasi harga dan re-pricing
  8. Evaluasi pemasok (supplier performance)
  9. Evaluasi periode pembayaran (trading term)

 

Kemudian yang tidak kalah penting dalam aspek merchandising adalah perputaran persedian minimarket, sehingga harus dilakukan :

1. Peritel yg baik harus melakukan pencatatan yg teratur terhadap penjualan maupun persediaannya.

2. Pencatatan yg baik memudahkan peritel untuk menghitung dan mengindentifikasi tingkat perputaran persediaan

3. Tingkat perputaran persediaan adalah tingkatan dimana produk harus distok ulang selama penjualan kepada pelangan.

4. Perputaran persediaan yg baik membantu mengoptimalkan secara efesien dari kapital (arus kas) sekaligus membantu pengurangan kerusakan dan kebusukan khususnya barang barang yg tidak tahan lama atau produk segar (fresh produk) dgn demikian mencapai tingkat perputaran persediaan yg tinggi adalah penting.

LAPORAN KEUANGAN

1. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

2. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

3. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :

a) Neraca

b) Laporan laba rugi

c) Laporan perubahan ekuitas

d) Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana

CONTOH LAPORAN LABA RUGI MINIMARKET

 Rumus HPP Minimarket

 

Contoh Neraca Minimarket

NERACA
TOKO ABC
PER 31 DESEMBER 2015
AKTIVA :   PASIVA :  
AKTIVA LANCAR  HUTANG 
KAS14.000 HUTANG DAGANG15.000
BANK20.000 HUTANG BANK5.000
PERSEDIAAN50.000   
JUMLAH 84.000 JUMLAH HUTANG 20.000
     
AKTIVA TETAP  MODAL 
RAK25.000 MODAL DISETOR100.000
PERALATAN10.000 LABA BERJALAN3.000
MOTOR5.000   
AKUM. PENYUSUTAN(1.000)   
JUMLAH 39.000 JUMLAH103.000
     
TOTAL AKTIVA  123.000 TOTAL PASIVA  123.000

 

Manfaat laporan keuangan :

Bagi pihak internal / Pemilik Usaha

  1. Memberikan informasi kondisi keuangan/ hasil usaha (laba/rugi)
  2. Sebagai alat yang membantu dalam pengambilan keputusan (pengembangan usaha)

Bagi pihak eksternal

  1. Bank, Kreditor, Supplier

Memberikan informasi mengenai kondisi keuangan

2. Pemerintah

Pentingnya pelayanan kepada pelanggan

› Secara umum, pelayanan tersebut meliputi bagaimana kecepatan kita melayani, kenyamanan yang kita berikan, kemudahan lokasi, harga yang wajar dan bersaing, sampai dengan pengetahuan pramuniaga.

› Secara sederhana, hal itu dapat dirumuskan sebagai ”memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan dalam berbelanja.”

› Persaingan antar peritel semakin ketat, tuntutan pelanggan memang memaksa perusahaan untuk berbeda dalam aspek pelayanannya.

Ilmu Perilaku Menguak Rahasia Pelayanan

Banyak sekali penelitian dilakukan untuk mencari tahu aspek pelayanan seperti apa yang dibutuhkan pelanggan. Berikut ini adalah riset mutakhir, yang menggunakan pendekatan ilmu perilaku, dilakukan oleh Prof. Chase dsan Prof Dasu, peneliti dari Amerika yaitu Memberikan efek ”WOW” di akhir interaksi. Apa yang kita lakukan menjelang pelanggan meninggalkan toko lebih melekat di benak pelanggan. Karena itu, ciptakan pelayanan yang memberikan nilai tambah pada saat-saat terakhir. Nilai tambah yang memberikan efek WOW.

Mengelola keluhan pelanggan

Kebanyakan dari pelanggan, baru melakukan evaluasi bila sudah ada pengalaman yang kurang enak . Meskipun pengalaman itu merupakan masalah kecil. Katakanlah, mereka tidak menemukan barang yang mereka cari, tanpa ada pramuniaga yang bisa membantu. Atau, kalaupun mereka sudah bertanya, mereka merasa di abaikan. Kejadian-kejadian di atas, umumnya tidak diungkapkan pelanggan kepada kita.

Karena itu, jangan cepat puas dan terlalu yakin bila sangat sedikit keluhan yang masuk ke toko kita. Banyak riset umumnya 90% pelanggan ritel tidak mengeluh jika ia tidak puas. Biasanya pelanggan yang tidak puas itu berdiri diam dan tidak akan kembali lagi ke toko kita.

Pedoman Dalam Penanganan Keluhan Pelanggan

1) Jangan panik

2) Hentikan dulu apa yang sedang anda kerjakan

3) Dengarkan dengan seksama, tunjukkan rasa simpati, hindari argumentasi, ungkapkan permohonan maaf dan carilah fakta.

4) Tanggap menawarkan solusi dengan persetujuan KEPALA Toko/asistennya.

5) Catat identitasnya.

6) Selalu berikan penyelesaian yang ramah. Jangan membiarkan pelanggan keluar dari toko dalam keadaan marah/kecewa.

7) Membuat laporan tertulis mengenai keluhan-pelangganuntuk di follow up lebih jauh lagi.

Etika kasir dalam melayani pelanggan

1. Tidak mengobrol dengan karyawan lain sehingga mengabaikan pelanggan yang akan bertransaksi.

2. Mengucapkan salam

3. Menanyakan keanggotaan kartu member Brand Toko Koperasi.

4. Bila belum menjadi anggota ditawari dan dijelaskan keuntungannya.

5. Menawarkan barang promo/pun program promosi yang akan/sedang berlangsung di Toko/Koperasi.

6. Menawarkan produk baru.

7. Menawarkan produk pelengkap

8. Ucapkan jumlah uang dan berikut kembaliannya dengan lembar struk di posisi paling bawah.

9. Ucapkan terima kasih,”ditunggu kunjungan berikutnya”, dan SALAM.

Saat ini toko berkonsep swalayan lebih di minati karena berbagai kemudahannya. Salah satu investasi terpenting dalam sebuah toko swalayan adalah rak. Murah tidak hanya dari harga beli saja, namun juga awet tahan lama sehingga umur ekonomisnya panjang serta mendapatkan tambahan fasilitas lainnya. Pastikan rak yang anda pilih Murah dan Berkualitas.

Bijaklah dalam mengambil keputusan pembelian.

  • Kondisi barang baru terstandart pabrik (Bukan Barang Cina)
  • Rakitan sehingga mudah bongkar pasang (terdiri dari Tiang, Backmesh, Shelving bawah, selving atas, bracket)
  • Bahan full besi
  • Cat tahan lama memakai powder coating
  • Tersedia berbagai varian warna (orange, merah, biru, putih, hijau, hitam, kuning)
  • Tersedia berbagai ketinggian rak (120, 150, 170, 180, 200, 240)
  • Tersedia berbagai lebar shelving (25, 30, 35, 40)

Selain rak gondola kami menyediakan berbagai Perlengkapan Kasir :

  • software kasir premium,
  • meja kasir,
  • Scaner
  • printer kasir
  • printer pencetak barcode
  • Cashdrawer
  • seperangkat komputer
  • kertas termal

Dan juga perlengkapan Pendukung lainnya :

  • Cctv
  • Keranjang
  • troli konsumen
  • troli gudang
  • pintu putar
  • rak obral
  • rak buah
  • rak roti
  • rak mie, dll

Kami juga mempunyai layanan Jasa berupa pendampingan pendirian minimarket/ supermarket baru, pendampingan recovery (tradisional menjadi ritel modern) serta seminar ritel


Informasi dan Pemesanan:
085640152025 (WA/Tlp)


KATALOG PRODUK

CARA PESAN

Hubungi kontak 085640152025 (WA/Tlp)

Sampaikan kebutuhan anda

Jika anda membuka toko baru, sampaikan ukuran dan bentuk bangunan toko anda

ALASAN PESAN DI KAMI ?

Kami sudah bertahun-tahun terjun di dunia ritel, kami sudah menangani ribuan klien berada di seluruh indonesia.

  1. Harga murah
    Barang rak minimarket langsung produksi pabrik, sehingga dalam rantai bisnis kami berada tangan pertama dari proses produksi yang bisa membuat harga produk kami lebih murah.
  2. Jaminan kualitas
    Dalam proses produksi kami mengedepankan kualitas produk dengan cara quality control proses produksi yang sangat ketat.
  3. Bisa custom
    Sesuai dengan warna keinginan anda.
  4. Gratis Konsultasi
    Bisa sharing terkait manajemen bisnis ritel dengan pengalaman ratusan Portofolio klien.
  5. Fast Respon
    Pelayanan yang cepat dan memberikan solusi kebutuhan anda.
  6. GRATIS desain layout
    Kami akan memberikan layanan gratis mendesain layout toko dengan sesuai dengan informasi yang kami terima dari klien.
  7. Seluruh wilayah indonesia
    Bisa kirim seluruh wilayah Indonesia, untuk luar jawa menggunakan Cargo pihak ketiga.
  8. GRATIS Ongkos Kirim
    Untuk wilayah pulau jawa gratis ongkos kirim,dengan minimal nilai transaksi tertentu.
  9. GRATIS Pemasangan rak minimarket di lokasi
    Untuk gratis pemasangan di lokasi khusus bagi pulau jawa yang dikirim langsung oleh pihak kami (non cargo pihak ketiga).

[/su_column]