Akankah Manusia Masih Dibutuhkan dengan Munculnya Robot-Robot Ini ? 5/5 (1)

Tehnologi robot merupakan tehnologi yang tengah berkembang saat ini. Hampir semua bagian dari hidup kita bisa diselesaikan oleh robot.

Dengan tehnologi robot, memudahkan kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Misalnya membersihkan debu pada karpet, mencuci baju, mencuci piring dll.

Mungkin bebrapa tahun yang lalu, pekerjaan seperti itu masih ditangani oleh manusia secara manual. Tapi sekarang, pekerjaan rumah bisa didiselesaikan oleh robot, sehingga pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan mudah.

Perkembangan tehnologi robot juga menjadi indikator perkembangan suatu bangasa. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh International Federatiaon of Robotics, negara yang paling maju tehnologi robotnya adalah Jepang, Repubik Korea dan Jerman.

Dari ketiga negara itu, banyak sekali tehnologi yang diterapkan untuk menyelesaikan pekerjaan secara ototmatis. Contohnya pada industri otomotif di Jepang. Di negara ini membutuhkan 1.436 unit robot untuk setiap 10.000 pekerja.

Sejarah robot

www.pinterest.com

Awal munculnya istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia. Kata robot berasal dari kosa kata “Robota” yang berarti “Kerja Cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec.

Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rosssum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.

Kata Robotika juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah sistem atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan menggantikan dan mempermudah kerja manusia.

Untuk bisa dikatakan sebagai robot, sebuah sistem tidak perlu meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem yang dapat megadopsi salah satu dari perilaku manusia saja,  sudah bisa dianggap sebagai sebuah robot.

Robot dimasa depan

www.pixelstalk.net/

Masing ingat dengan filem Transformer, I-Robot, Ironman atau Doraeman?

Dalam filem tersebut, manusia digambarkan hidup berdampingan dengan robot.

Bisa saja hal seperti itu akan terjadi di dunia nyata.

Dalam filem Doraemon pada seri “Doraemon dan lairin kaleng”, digambarkan pada abad 22 versi dunia Doraemon, manusia membuat robot yang  mirip seperti manusi untuk membantu pekerjaan manusia.

Lalu ada ilmuan yang membuat robot lebih canggih dari robot yang lainnya. Robot itu memiliki kecerdasar di atas rata-rata dari robot yang lain.

Robot ini didesain sebagai robot ilmuan untuk membantu sang ilmuan melakukan pekerjaan-pekerjaan dalam menemukan penemuan-penemuan barunya.

Robot tersebut berubah menjad jahat karena terlalu sempurna, Ia diciptakan dengan fikiran dan ingin menguasai dunia. Dia ingin memperbaiki kasta robot yang hanya diperintah manusia.

Akhirnya dia menciptakan suatu alat untuk manusia sehingga manusia tidak perlu lagi susah-susah mengerjakan rutinitas hariannya.

Alat itu bisa membantu manusia pindah dari tempat satu ke tempat yang lain tanpa harus menggunakan kaki mereka.

Makan, minum, datang ke  pesta, bahakan sampai buang air, cukup dialat itu saja, manusia tidak perlu capek-capek bergerak.

Pada akhirnya, tubuh manusia menjadi lembah dan tidak mampu bergerak.

Dari situlah dimulainya peralihan kekuasaan dari kekuasaan manusia kepada kekuasan robot.

Kejadian seperti itu mungkin bisa saja akan terjadi dimasa mendatang, dimana robot akan mengambil alih semua perkerjaan manusia.

Dikutip dari BBC (13/1), menurut keterangan kepala bidang AI di Singularity University, Neil Jacobstein, mengatakan bahwa pada tahun 2020 nanti, dunia akan dikuasai oleh robot.

Artinya, seluruh pekerjaan normal yang biasa dilakukan oleh manusia akan diambil alih oleh robot.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah, salah satu perusahaan besar yang berasal dari Tiongkok , Hon Hai, yang bergerak dibidang elektro mengungkapka bahwa, pihanya akan membangun pabrik berisi robot yang diproyeksikan dapat mengambil alih 500 ribu pekerja dalam tiga tahun mendatang.

Jika hal ini akan terjadi, pasti banyak manusia yang tidak mendapatkan lapangan pekerjaan, sehingga mengakibatkan pengangguran masal dan tingkat kejahatan akan meningkat.

Beberapa robot terbaik dunia

Berkut ini adalah beberapa contoh robot yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata dari robot pada umumnya.

BigDog

japanese.engadget.com

Bigdog adalah robot berkaki empat yang dinamis dan stabi, diciptakan pada tahun 2005 oleh Boston Dynamics, Foster-Milerpada  Nasa Jet Propulsion Laboratory, dan the Harvard University Concord Field Station.

Robot ini dirancang untuk kebutuhan militer, bisa melewati jalan yang terjal, melewati daerah bersalju, berlumpur dan daerah yang sulit dilalui oleh robot beroda. Robot ini juga mampu berdiri sendiri ketika terjatuh.

Tetapi robot ini juga memiliki keurangan, yaitu suranya berisik yang berasal dari mesin go-kart yang terpasang pada robot tersebut sebagai mesing penggerak robot.

Asimo

www.youtube.com

Nama ASIMO adalah kepanjangan dari Advanced Step in Innovative Mobility. ASIMO merupakan robot humanoid buatan Honda. Asimo didesain untuk tujuan multifungsi, terinspirasi untuk memudahkan orang yang memiliki sedikit waktu untuk bergerak.

Asimo biasanya digunakan di kantor-kantor sebagai customer service.

Asimo bisa bergerak dengan kecepatan 9 Kilometer per jam dengan tinggi robot 130 cm dan bobot 48 kg.

Asimo diprogram supaya mampu mengenali suara, wajah, dan objek, sehingga bisa diajak berbicara dan bisa mengenali lingkungan sekitar.

Asimo memiliki tas di belakang punggungnya, tapi itu bukan tas untuk menyimpan buku tulis, melainkan tempat baterai sebagai sumber daya bagi Asimo.

Rooomba

www.irobotweb.com

Romba adalah robot penghisap debu yang melekat pada karpet maupun lantai. Romba diciptakan oleh perusahaan yang bernama iRobot.

Roomba mempunyai kemampuan bergerak menyurusi lantai, tanpa harus menabrak perabotan yang ada di rumah. Hal ini bisa terjadi karena pada badan romba terpasang sensor yang mampu mendeteksi benda di sekitarnya.

Albo

futurecdn.net

Bagi anda yang suka binatang peliharaan, mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda. Pasalnya robot yang satu ini bisa berperilaku layaknya anjing yang menggemaskan.

Aibo merupakan singkatan dari Artificial Inteligence Robot, berasal dari bahasa Jepang yang artinya sahabat atau partner.

Albo merupakan salah satu robot terobosan terbaru dari SONY. Model pertamanya diluncurkan pada tanggal 11 Mei 1999, tapi sayang robot ini tidak dilanjutkan produksinya pada tahun 2006.

Setelah mengeluarkan beberapa versi, akhirnya pada tahun 2013, SONY merilis robot Aibo versi terbaru yang lebih canggih.

Qiro

newlaunches.com

Qiro meupakan salah satu robot cerdas yang bisa mengenali sura dan mimik wajah, sehingga robot ini bisa diajak berbicara dan berdansa.

Karena kecerdasan yang dimiliki oleh Qiro, robot ini pernah mendapatkan Guinness World Record pada tahun 2005.

Qiro (Quest for curiousity) merupakan salah satu robot buatan SONY, namun sayang robot ini tidak dijual secara komersial.

Baca juga: Komponen Komputer Fungsi dan Penjelasannya

Please rate this

Waspadalah! Jangan Sampai Simbol ini Ada di Masjidmu 5/5 (1)

Kamu seorang cowok muslim?. Pasti kamu suka ke Masjid, sehari minimal 5 kali lah… Kalau kurang dari itu, atau bahkan ndak pernah sama sekali, berarti kamu cowok muslimah :v.

Bagi seorang muslim, sholat lima waktu di Masjid adalah hal yang biasa dilakukan. Karena sholat lima waktu di Masjid sangat dianjurkan bagi seorang laki-laki muslim.

Bahkan Allah SWT menjanjikan, akan dimasukkan ke Surga bareng rombongaannya Rasulullah bagi para pemuda yang mencitai Masjid. Bukti cowok yang mencintai Masjid adalah sering sholat lima waktu di Masjid, itu se-minimal-minimalnya, apalagi sampai menjadi pengurus Masjid-nya, pasti kamu akan mendapatkan tike VIP ke Syurga :-).

Tapi, pernahkah kamu memperhatikan lingkungan Masjidmu ?. Pernahkah kamu menemukan ada simbol yang aneh?

Jika iya, pernahkah kamu menanyakan, kenapa ada simbol seperti itu ada di Masjid?

Saya sendiri pernah mengalai kejadian yang cukup menggoncang hati saya, pasalnya kejadian itu sampai nembus ke langit.

Gimana ndak menembus langit, ini berkaitan kepercayaan kita kepada Allah SWT je….,
Soalnya, pada saat itu hati saya seakan-akan diperintah untuk menghilangkan peran Allah dalam urusan tersebut.

Ceritanya berawal ketika saya lagi nyikat-nyikat temapat wudhu yang berkerak di Masjid Kampus….

Kedatangan orang yang tidak dikenal

ilustrai orang tak di kenal | farm3.staticflickr.com

Pada saat itu hari Ahad, sekitar pukul 9 pagi, saya sedang membersihkan tempat wudhu Masjid Kampus yang kotor dan berkerak. Hal ini saya lakukan untuk mengungkapkan perasaan cinta saya kepada Masjid. Sebenarnya dapet hukuman dari senior sih hehe 🙂

Lagi asyik menyikat lantai yang berkerak sambil mendengarkan Nasyid kesukaan saya. Tiba-tiba datang seorang bapak paruh baya yang mendatangi saya. Wajahnya terlihat seperti habis dari perjalanan jauh.

Bapak : “Mas-mas, bisa bertemu dengan pengurus Masjid sini ndak ?”
Saya : O iya pak, ada apa ya pak? Saya juga salah satu pengurus Masjid.
Bapak : Ini mas, saya punya produk bagus untuk Anda, barang kali mas berminat. Ini bisa membersihkan kerak di lantai dengan mudah lho mas. Nanti saya praktekkan cara pakainya.
Saya : O iya pak, saya panggil teman-teman dulu.

*kurang lebih seperti itu percakapannya

Pas banget nih, bisa meringankan perkerjaan saya membersihkan kerak dilantai “batin saya ” 🙂

Dengan semangat, saya memanggil teman-teman yang ada di asrama untuk melihat bapaknya membersihkan kerak di lantai tempat wudhu.

Mencoba Produk

unsplash.com

Setelah saya jelaskan singkat tentang apa yang saya temui di tempat wudhu tadi. Mereka langsung bergegas untuk mendatangi si bapak, seakan-akan bapak itu bisa mewujudkan impinan-impian kita, yaitu melihat tempat wudhu yang bersih dan kinclong hehe 🙂

Tanpa salam dan do’a pembuka, bapak tadi langsung menerangkan produknya tanpa basa-basai.

Diawal pembicaraan, si bapak memperkenalkan dirinya, asal daerah dan maksud kedatanganannya.

Katanya, beliau datang ke Jogja untuk berjualan produk bareng teman-temannya, mereka berpencar untuk menawarkan dagangan.

Dengan wajah lugunya, si bapak menerangkan kelebihan-kelebihan dari produknya. Beliau langsung mempraktekkan bagaimana cara membersihkan lantai menggunakan produk beliau. Ndak tahu apa namanya, si bapak juga ndak memberi nama pada produk itu, semacam batu alam yang sudah dilembutkan menjadi serbuk dan katanya manjur untuk membersihkan kerak dilantai.

Dengan sak ndulit serbuk batu alam itu, si bapak mengoles-oleskan pada lantai yang berkerak, kami pun ikut mempraktekkannya.

Kekaguman yang luar biasa

www.mp3ringtone.info

Melihat kemampuan dari serbuk batu alam ini, mata kita berkaca-kaca, seakan-akan impian-impian kita akan terwujud 🙂

Hanya dioleskan dengan menggunakan tangan saja, si bapak bisa membersihkan lantai dengan mudah.

Kami pun ikut mencobanya, si bapak memberikan serbuk batu alam tersebut melaluai tangannya, kemudian beliau memandu sambil memegang tangan kita.

Setelah itu, kita langsung mencobanya sendiri.
Wah… ternyata bisa ya! “Ucap saya”

Karena penasaran, teman-teman saya juga ikut mencobanya.
Beliau mengajari mereka seperti apa yang dilakukan kepada saya. Serbuk dioleskan dari tangan si bapak -> tangan kita dipegang si bapak -> kemudian kita suruh praktek sendiri.

Semua teman saya membuktikan bahwa produk ini bagus, bisa membersihkan kerak di lantai dengan mudah.

Asal-muasal munculnya simbol

simbol X di Masjid

Dari sinilah simbol itu muncul, si bapak selalu mempraktekkan cara membersihkan kerak dengan membuat simbol “X” pada dinding dan lantai.

Ndak tahu kenapa alasannya, mungkin simbol itu sebagai tanda untuk teman-temannya yang lain, bahwa Masjid ini sudah pernah didatangi oleh merek.

Atau mungkin itu seperti simboal “zonk” yang mengatakan, “Wilayah ini sudah kena jebakan betmen wkwkwk”

Proses tawar-menawar barang

6one5.com

Tanpa skill selling yang mumpuni dan tampang rupawan seperti para SPG-SPM (Sales Promotion Girl/Men). Bapak ini berhasil meng-closing kita untuk membeli produk beliau.

Belum lagi ada teman dari jurusan Tehnik Kimia yang tiba-tiba datang dan menerangkan kepada kita secara ilmiah.

Udah, kena deh…
Akhirnya saya beli dua bungkus untuk membersihkan kerak di rumah, masing-masing sekita Rp. 15.000 perbungkus.

Sedangakan untuk Masjid sendiri, takmir masih pikir-pikir mau beli berapa, karena takmir mengelola dana umat yang tidak boleh asal-asalan digunakan.

Kedatangan sang Dosen

rubik.okezone.com

Sembari takmir berdiskusi untuk memutuskan berapa dana yang mau dikeluarkan untuk membeli produk tersebut. Datanglah Dosen Ekonomi yang hendak mengambil wudhu untuk sholat duha.

Beliau merupakan salah satu Takmir Dosen yang aktif meberi ceramah ba’da sholat dzuhur.

Sebagai salah seorng Dosen yang peduli dengan kemakmuran Masjid, beliau penasaran dengan apa yang kita kerjakan.

“Ada apa mas, kok ada kumpul-kumpul ditempat wudhu?” (tanya beliau)

Akhirnya kita ceritakan kronolaginya dari awal sampai akhir. Ternyata belau juga penasaran dengan serbuk batu alam ini dan beliau mencobanya.

“Wah bagus mas, belia aja mas, untuk membersihkan kerak di Masjid” (ucap beliau)
Tanpa pikir panjang, takmir langsung membeli setengah toples ukuran sedang sebagai cadangan untuk beberapa bulan kedepan. Kalau ndak salah habis dana sekitar Rp. 150.000.

Transaksipun berakhir, dengan kita membeli produk dari si bapaknya.

Ada yang janggal

liputan6.com

Selesai dari transaksi jual beli. Kami pun kembali ke asrama dan bercerita tentang yang barusan terjadi. Bahkan teman saya mewacanakan akan ada hari Ahad Kincong, yaitu mengajak temen-temen jama’ah untuk membersihkan kerak di Masjid yang sudah bertahun-tahun singgah di dinding-dinding Masjid.

Asyik bercerita, tiba-tiba teman saya masuk ke kamar utama dan tertawa seperti tertawanya Sqidward yang tidak ikhlas.

“Wkwkwkwk….wkwkwk…wkwkkw…” (masnya)

“Ada apa mas, kok ketawa-ketawa sendiri”(saya)

Coba lihat punyamu, bisa dipakai untuk bersihin kerak ndak?

Lho… memang kenapa ? (saya penasaran)

Tanpa pikir panjang, saya langsung mencoba serbuk milik saya untuk membersihkan kerak. Pasalnya, diantara para takmir, hanya saya yang membeeli sendiri untuk keperluan pribadi.

Kaget luar biasa, ternyata serbuk batu alam yang kita beli tadi, tidak bisa digunakan untuk membersihkan kerah di lantai. Berkali-kali saya coba tetap saja tidak bisa membersihkan kerak di lantai.

Wah… Kita ditipu !

Pelajaran dan hikmah

unsplash.com

Saya ndak tahu sebabnya kenapa kita bisa tertipu, tapi ada beberapa faktor yang bisa saja itu berpengaruh terhadap kejadian yang barusan kita alami.

Mungkin kita lupa membawa peran Allah dalam membersihkan kerak itu. Kita menganggap bahwa serbuk batu alam itu  adalah sebuah benda ajaib yang bisa membuat lantai menjadi kinclong.

Kita lupa bahwa semua di dunia ini hanyalah sebagai wasilah (perantara) yang tidak memiliki  daya dan upaya tanpa ridho dari Allah SWT.

Demikianlah pengalaman saya mendapatkan simbol “X” di Masjid, kurang lebihnya saya mohon maaf.

 

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, tolong sebarka kepada saudara muslim kita.

Jangan sampai hal ini terjadi juga kepda anda.

Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Please rate this

Awas Ukhti, Jangan Sampai Hal ini Menodai Cerita Hijrahmu 5/5 (2)

Dewasa ini banyak wanita-wanita yang berhijrah untuk menjadi wanita yang lebih baik.

Dalam perjalanan hijrahnya, banyak perubahan yang nampak pada diri mereka. Dari hal cara berpakaian, adab dalam bersosial dll.

Perjalanan hijrah ini merupakan perjalanan yang sangan penting bagi mereka, karena hal ini menentukan arah dalam menggapai dunia dan akhirat mereka.

Mereka menyadari bahwa mereka pernah memiliki masalalu yang cukup kelam. Ada yang berasal dari dunia yang hedonis, akademis, ada juga yang berasal dari dunai hitam yang sudah bertaubat. Tapi semua itu adalah masalalu yang ingin dilupakan.

Bagi mereka, masalalu yang kelam adalah sebuah aib yang ingin dibuang jauh-jauh. Mereka menutup rapat-rapat, jangan sampai ada orang yang mengetahuinya. Bahkan ketika aib ini muncul di permukaan, reputase sebagai seorang muslim-muslimah yang sudah berhijrah akan runtuh.

Berawal dari sebuah obrolan di sosial media

unsplash.com

Ketika saya sedang membuka jejaring sosial, tiba-tiba ada adik angkatan yang PM ke saya. “Assalamu’alaykum, Mas, Kabarnya gimana?”

Karena lama tidak berjumpa, akhirnya kami asyik mengobrol, saling menanyakan kabar masing-masing dan saling bertanya kabar teman-teman seperjuangan yang pernah aktif dilembaga kampus.

Pada sebuah percakapan, teman saya ini tertanya kepada saya tentang identitas seorang akhwat, “Mas tahu akhwat ini ndak ?” (sambil menyebutkan nama). Karena saya tidak tahu akhwat tersebut, saya katakan kepada dia bahwa saya tidak tahu.

Karena saking penasarannya, teman saya ini kasih foto si akhwat tadi.

Saya kaget sekali, “Kok bisa ya dia dapet foto ini ?” (batin saya)

Kemudian saya tanya kepada dia, “Kok kamu bisa dapet fotonya sih, setahu saya, akhwat-akhwat yang sudah berhijrah itu tidak mengupload foto pribadinya di jejaring sosial?”

 

Ternyata teman saya itu mendapatkan fotonya dari facebook.

Tapi dia tidak mendapatkan foto itu dari galeri facebook milik si akwat tadi. Melainkan dari teman facebook yang menandai si akhwat tersebut.

Jadi, meskipun kita tidak mengupload foto pribadi ke jejaring sosial, bisa saja teman kita yang mengupload dan menandai kita ke foto mereka.

Bagi seorang akhwat yang sudah berhijrah, mengupload foto pada jejaring sosial adalah sesuatu yang tidak patut untuk dilakukan. Apalagi foto-foto yang tidak sesuai syariat, foto ketika belum berhijab misalnya.

Tapi foto seperti itu bisa saja muncul di sosial media secara tiba-tiba, karena teman kita pernah menguploadnya di sosial media tanpa seizin kita.

*

Untuk teman-teman akhwat yang pernah mengupload fotonya di sosial media, saya sarankan untuk segera di hapus.

Kalau ada temen yang mengupload foto anda, dan menandain anda. Hilangkan tag pada foto anda, dan mintalah kepada temen anda untuk menghapusnya.

 

“Lalu bagaimana untuk mengetahui temen-temen kita yang mengupload foto kita?”.

Pertanyaan tersebut bisa terjawab pada artikel saya sebelumnya tentang pencarian di facebook. Anda bis baca di sini : Cara mencari teman di facebok.

*

Sebagi seorang muslim, kita di anjurkan untuk menundukkan pandangan dari melihat kemaksiatan. Hal ini ditujukkan kepada ikhwat maupun akhwat.
Seorang ikhwan tidak semestinya memandang seorang akhwat yang bukan muhrimnya, begitu juga sebaliknya.

Mereka tidak semestinya memandang aurot orang lain yang di haramkan.

Pandanglah perkara di depan kita sesuai kadarnya saja, jangan sampai berlebihan sehingga mengumbar nafsu.

Jika ada lawan jenis tersenyum kepada kita, segeralah memalingkan wajah. Karena bisa jadi itu merupakan cara syaitan untuk menggoda kita supaya bermaksiat kepda Allah SWT.

Mungkin perkara ini sangat sukar dilakukan, pasalnya kondisi sosial masyarakat kita belum memungkinkan untuk memisahkan  kegiatan antara ikhwan dan akhwat.

Contohnya di Sekolahan, siswa laki-laki dan perempuan dicampur menjadi satu dan mereka bebas berinteraksi dengan minimnya pengawasan dari guru.

Hal ini berbahaya untuk generasi muda, terutama masa-masa SMP-SMA. Interaksi yang sangat sering bisa menimbulkan syahwat kepada lawan jenis tanpa disengaja.

Terbukti banyak media yang memberitakan tentang terjadinya hamil di luar nikah atau biasa disebut NBA (Marriage by Accident).

Pastinya kita tidak ingin menjadi salah seorang dari mereka.

Maka dari itu, yuk mulai dari diri kita sendiri untuk tidak mengumbar syahwat dipublik , terutama di sosial media. Karena bisa jadi, itu adalah awal dari kemaksiatan yang lebih besar.

 

Demikian tulisan singkat dari saya, kalau dirasa bermanfaat, tolong bagikan kepada teman Anda.

Jangan sampai hal ini terjadi pada orang yang kita sayangi.

Terimakasih,

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

baca juga : Cara Mencari Teman di Facebook Menggunakan Extention Inteligence Search

Please rate this

Cara Mencari Teman di Facebook Menggunakan Extention Inteligence Search 5/5 (1)

MENCARI TEMAN DI FACEBOOK – Facebook merupakan jejaring sosial yang paling populer untuk saat ini. Tidak ada anak muda yang tidak memiliki akun facebook. Bahkan sebagian dari mereka memiliki lebih dari 2 akun. Satu sebagai akun resmi, dan yang satu sebagai akun iseng-iseng buat ngepoin orang.

Belum lagi, facebook sekarang digunakan sebagai lapak jualan bagi para pelaku usaha. Ada yang jualan melalui akun official, ada juga yang menggunakan fanspage.

Memang sih, yang di perbolehkan oleh facebook untuk jualan cuma menggunakan fanspage. Tapi pada prakteknya banyak yang menggunakan akun official untuk berjualan.

Kalau melihat aktifitas sosial media di Indonesia, kebanyakan orang menggunakan facebook untuk bersosialisasi dengan kawan-kawan mereka.

Dengan banyaknya fasilitas gratis di facebook, seperti chat, private message, video call dll, memudahkan seseorang untuk bersilaturahmi dengan kawan mereka dari jarak jauh.

Kenapa orang mencari teman di Facebook ?

Facebook terkadang juga menjadi salah satu alat ternatif untuk mencari identitas seseorang.

Beberapa orang mencari identitas orang yang ingin mereka kenal melalui facebook, entah itu teman semasa kecil, teman yang baru bertemu di seminar, kampus dll.

Mereka ingin tahu lebih dalam pribadi dari teman baru mereka. Makannya mereka mencari-cari informasi lewat Google maupun Facebook.

Untuk pencarian melaui facebook, ada extention yang bisa memudahkan kita mencari teman di facebook. Namanya “Intelegence Search”, extention ini bisa membantu kita mencari teman berdasarkan kesukaan (like), hubungan pertemanan, lokasi dll. Lebih detailnya akan kita bahas satu persatu pada artikel ini.

Mencari Teman di Facebook dengan Extention Intelegence Search

unsplash.com

Intelegence search adalah salah satu extention yang ada pada Browser FireFox dan Google Chrome. Extention ini bisa digunakan untuk mencari informasi yang ada di Facebook, Linked dan Twitter. Pencarian bisa mencantumkan beberapa variabel tertentu sehingga kita akan mendapatkan informasi lebih spesifik.

Beberapa variabel dalam aplikasi ini akan kita bahas sebagian yang saya rasa penting untuk dibahas. Sedangkan untuk lebih advancenya Anda bisa mencoba-coba sendiri sesuai dengan kreatifitas anda.

Berikut penjelasan tentang Extention Inteligence Search dari situs resminya.


Sebelum kita membahas beberapa bagian menu dari aplikasi ini. Lebih baik temen-temen tahu terlebih dahulu apa perbedaan “AND” dan “OR” yang digunakan sebagai penyambung beberapa variabel dalam aplikasi ini.

Penggunaan “AND” untuk mencari teman di facebook

penggunaan AND

Ketika kita menggunakan “AND” untuk menggabungkan dua variabel, maka kita akan mendapatkan informasi (orang) yang mensyaratkan dua variabel tersebut harus terpenuhi.

Ibaratnya seperti ini.

kalau kita pernah belajar Matematika waktu SMP, kita pasti pernah menemukan  data yang irisan. Data irisan inilah yang akan kita gunakan, dimana data ini harus menenuhi persyaratan A dan B.

Sama seperti yang akan kita lakukan saat ini.

Kita akan mengambil data yang memenuhi persyaratan A dan B.

Contohnya :
Saya ingin mencari seorang penulis yang tinggal di kota Yogyakarta. Maka saya akan menentukan dua variabel, yaitu “Job” AND “Lives”.

Penggunaan variabel “Job” digunakan untuk mencari seseorang yang memiliki pekerjaan tertentu, pada contoh di atas saya menggunakan contoh pekerjaan penulis. Maka kita akan mendapatkan informasi orang yang memiliki pekerjaan sebagai penulis.

Penggunaan variabel “Lives” digunakan untuk mencari seseorang berdasarkan tempat tinggal. Kondisinya bisa present (sekarang), past (yang lalu), ever (pernah).

Kalau kita memilih present, makan kita akan mencari orang yang sekarang tinggal di kota Yogyakarta saat ini (contoh).

Jadi dalam pencarian yang saya lakukan, saya mencari orang yang pekerjaannya sebagai penulis dan tinggal di kota Yogyakarta.

Penggunaan “OR” untuk mencari teman di facebook

penggunaan OR

Penggunaan variabel “OR” sendiri saya ibaratkan seperti mencampurkan beberapa bola yang jenisnya berbeda-beda.

Misalnya seperti ini :
Saya memiliki tiga jenis bola. Bola tenes, bola golf dan bola biliard, masing-masing berjumlah 100 biji dalam setiap kotaknya.

Kemudian ketiga jenis bola itu dimasukkan dalam satu kotak dan dicampur. Maka hasilnya akan ada satu kotak bola tercampur.

Begitulah ibarat kalau kita menggunakan “OR”. Kita akan mendapat informasi yang campur dan bermacam-macam. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Pada contoh di atas saya mencari orang yang bernama “Ibnu”, semua orang yang bernama ibnu akan dicari oleh aplikasi ini.

Dilain sisi, saya menggabungkan variabel “OR” untuk mencari orang yang umurnya lebih dari 20 tahun.

Jadi semua orang yang namanya Ibnu dan orang yang berumur lebih dari 20 tahun akan di tampilkan.

Pencarian Menggunakan Extention Intiligence Searh

extention inteligence search

 

Ada 6 jenis pencarian yang bisa kita gunakan menglalui apliksi Inteligence Search, yaitu pencarian People, Pages, Groups, Events, Posts dan Photos.

Dari beberapa fasilitas itu kita bisa mendapatkan informasi secara spesifik berdasarkan variabel yang kita masukkan.

Mencari teman di facebook (People)


Bagi yang ingin menambah pertemanan, jenis pencarian ini mungkin yang paling cocok bagi Anda.

Jika Anda ingin mencari teman masa kecil Anda yang sudah lama tidak pernah berjumpa. Anda bisa berikhtiar mencarinya dengan memasukkan hal-hal yang berkaitan dengan teman Anda.

Misal namanya Eko, Dia pernah tinggal di Jakarta, umurnya sekitar 21 tahun. Maka semua orang yang bernama Eko, berusia 21 tahu, dan pernah tinggal di Jakarta akan dimunculkan.

Beberapa valiabel lain juga bisa Anda masukkan untuk mendapatkan data yang lebih spesifik untuk mencari teman Anda.

Mencari teman di facebook berdasarkan Fanspage (Pages)

Tokoh-tokoh terkenal pasti memiliki banyak penggemar. Kalau sudah suka dengan tokoh tersebut, pasti dia akan selalu ingin tahu hal-hal terupdate dari tokoh tersebut, seperti Ustad Salim A Fillah.

Banyak orang yang suka dengan beliau karena ilmu yang beliau miliki. Terbukti bahwa akun beliau sampai tidak bisa menambah pertemanan lagi, beliau sampai membuat 4 akun untuk berteman dengan Jama’ahnya.

Hal ini bisa diatasi dengan membuat akun fanspage yang bisa menampung juatan liker.

Mencari teman di facebook berdasarkan Group (Groups)

Group merupakan pilihan bagi mereka yang memiliki kesukaan atau tujuan yang sama.

Saya ambil contoh group LPDP. Orang-orang yang bergabung di group ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Entah itu di dalam negeri atau di luar negeri. Semua berkumpul dalam satu group untuk saling sharing informasi tentang cara mendapatkan beasiswa dari LPDP.

Dengan aplikasi ini, kita cukup memilih menu groups dan memasukkan nama group yang kita inginkan. Maka akan muncul semua group yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Mencari teman di facebook berdasarkan Even (Events)


Bagi Anda yang memiliki hobi tertentu, bahkan Anda rela mendatanginya meskipun diseluruh penjuru bumi ini. Anda bisa mencarinya even yang anda inginkan dengan aplikasi ini.

Cukup Anda masukkan nama event-nya dan pilih (future) untuk waktunya, maka even yang Anda ingikan akan muncul.

Contohnya jika Anda suka dengan event hacking, Anda bisa cari dengan aplikasi ini, dan hasilnya akan nampak seperti gambar di atas.

Mencari teman di facebook berdasarkan Status (Posts)


Pernah melihat seseorang update status?
Sedangkan staturnya berisi informasi yang penting bagi Anda. Anda baru menyadarinya setelah beberapa beberapa hari berlalu.

Nah… Anda bisa mencarinya menggunakan menu Posts.

Anda cuma perlu mengingat-ingat salah satu kata yang ada distatus tersebut, dan tentukan nama tokoh yang anda tuju dengan menggunakan penghubung “AND” untuk variabelnya. Maka anda akan menemukan hasil pencariannya.

Mencari teman di facebook berdasarkan Gambar (Photos)

Diantara beberapa fasilitas yang ada diaplikasi ini, saya paling suka menggunakan menu ini.

Menu pencarian photos sering saya gunakan untuk meng-kepo-in orang. Biasanya saya gunakan untuk melihat histori dari orang yang baru saya kenal.

Ada pepatah yang mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang”. Maka untuk mengenal seseorang, saya biasanya melihat pribadi orang tersebut berdasarkan sejarah foto-foto yang pernah diupload di facebook.

Variabel yang biasa saya gunakan adalah Tagged With (nama orang yang ingin kita lihat). Maka dari situ, kita bisa lihat pribadi seseorang berdasarkan foto yang dia upload.

Mungkin demikian, sedikit informasi yang bisa saya bagikan.

Dari tulisan saya ini, saya menyadari masih banyak kekurangan dan hal-hal yang belum saya bahas.

Untuk itu,saya minta maaf jika ada kesalahan dan kekurangan.

Jika ada pertanyaan, Adan bisa mengirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected]

Terimakasih.

Baca juga:

CARA MENCARI TEMAN DI FACEBOOK

Please rate this

Pertemuan Dengan Sahabat Surgaku 5/5 (1)

Dalam tulisan ini saya akan menceritakan kisah hijrahku, dan pertemuan dengan sahabat yang mengajak ku ke jalan kebenaran. Dulu saya yang punya minset Dunia Oriented setelah bertemu temen-temen yang sholeh Alhamdulllah berubah 180 derajat menjadi Akhirat Orienten. Meskipun ndak Islami-Islami banget, paling ndak terus berusaha untuk menjadi Muslim beneran hehe

Bermula masuk ke dunia kampus

Ilustrasi PKK | sumber: belajardemibangsa.blogspot.co.id

Pemikiran anak SMA yang masing ingin melanjutkan studinya pasti menginginkan melanjutkan pendidikan ke Univesitas ternama. Salah satunya adalah saya, saya mencoba mendaftar di beberapa Universitas dan akhirnya terdampar di Kampus UPN “V” Yogyakarta dengan jalur undangan.

Setelah memenuhi segala berkas yang di butuhkan , alhamdulillah secara resmi saya di terima menjadi salah satu mahasiswa di kampus ini. Minggu pertama kuliah, kita diwajibkan mengikut PKK ( Pengenalan Kehidupan Kampus ) kalau bahasa umumnya adalah MOS ( Masa Orientasi Siswa).

Hari pertama kita disuruh membawa perlatan yang aneh-aneh.

Suruh buat tas dari kardus, bawa roti gencet, pakai capil petani dengan motif yang neko-neko dll.

Kadang sampai kesel sendiri sama senior, baru masuk kampus, udah diperlakukan seperti ini.

Inginnya tu disambut dengan baik, diajak keliling kampus, di kasih tahu tempat-tempat makanan enak, sekalian ditraktir gitu kan enak :D.

Tapi yang saya dapatkan adalah sebuah penggojlokan dari senior.

Udah mukannya ndak enak, sering bentak-bentak, di kasih hukuman, wah… pokoknya ndak enak lah.

Kasih tugasnya juga ndak bermutu, asal-asal aja. Mungkin ini bentuk pembalasan mereka yang pernah mendapatkan perlakuan yang sama dari senior sebelumnya.

Tapi, ya tidak seperti gitu juga lah….

MOS yang penuh dengan penggojoan itu tidak mendidik.

Tapi, Alhamdulilah sekarang tidak ada lagi penggojloan. Penggojlokan kepada siswa baru sudha dihapuskan atas kebijakan dari bapak Anis Baswedan selaku mentri Kemendikbut pada saat itu, sehingga tidak ada lagi korban gara-gara MOS.

“Tidak ada lagi MOS yang dilakukan oleh senior. Orientasi sekolah hanya dilakukan oleh guru pada jam-jam belajar, serta di dalam lingkungan sekolah,” kata Anies”

Anis Basewedan berkunjung ke sekolah | cnnindonesia.com

Di hari terakhir PKK, ada acra yang namanya Gelar Prestasi. Dalam acara tersebut, tidak ada lagi senior yang membentak-bentak. Adanya pameran UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan kreatifitas mahasiswa, ada juga BEM Universitas dengan berbagai prestasinya.

 

Para anggota UKM saling menawarkan organisasinya kepada para mahasiswa baru. Ada yang menggunakan selembaran (leaflet), form pendaftaran, maupun atraksi-atraksi yang dapat menarik perhatian mahasiswa baru.

Saya kelling terlebih dahulu untuk melihat setiap stand-stand yang ada. Saya menganalisis kelebihan dan kekurangan setiap UKM . Dan pada akhirnya saya melihat ada mas-mas dan mbak mbak yang pakai baju rapi dan jilbabnya gede-gede, saya kira ini adalah UKM yang bagus.

Ketika saya menghampiri stand mereka, saya diberikan selembaran pendaftaran dan memberi snak kepada saya.

Wah pas banget nih, lagi laper ada snack, mbak-mbaknya baik nih kasih snack ke kita. “batin saya”

Karena kebaikan hati mbaknya akhirnya saya ngisi formulir pendaftaran itu dan saya gabung UKM itu hehe :-).

Organisasi tersebut namanya KMI (Keluarga Mahasiswa Islam), taglinenya : “Karena Kita Keluarga

Saya rasa, organisasi ini pas banget untuk saya yang merantau jauh-jauh dari kampung halaman untuk mencari ilmua tanpa sanak saudara.

Setelah mendaftar dalam organisasi tersebut, saya disuruh mengikuti acara Open Housenya pada hari berikutnya,  hari Ahad tepatnya.
Mbak-nya : Besok jangan lupa ikut Open House ya dek .
Saya : Open House, itu apan ya mbak ?
Mbak-nya : Ya kayak perkenalan lebih dalam gitu dek, ada makan-makanya juga kok.
Saya : Mamakan-makan?! Wah… Oke mbak… 😀

Hari Ahad berikutnya, seperti janji saya, saya datang di acara Open House. Di sana ada acara openning dari ketua KMI yang memberikan tausiah kepada mahasiswa baru.

Ada juga materi dari Ustad yang diselingi dengan hiburan.

Setelah itu ada makan-makan untuk para peserta, ini nih yang di tunggu-tunggu hehe

Suasana Open Hose KMI

SURUH IKUT LK 1

Kegitan LK 1

Rangkaian kegitan selanjutnya untuk bisa bergabung dengan UKM KMI adalah mengikuti agenda LK(Latihan Kepemimpinan) 1. Awalnya saya agak ragu untuk ikut acara ini. Soalnya kita di suruh menginap di lokasi selama 2 hari 3 malam tanpa diperbolehkan menggunakan HP.

LK 1 ini adalah dauroh tingkat dasar untuk para anggota baru. Di sini kita dilatih menjadi seorang pemimpin yang mencintai Islam dan mau membela Agama Allah.

Dalam acara tersebut ada materi dari para Trainer, ada FGD (Focus Group Discussion), Outbond dan Jurit malam.

Dari beberapa agenda yang disediakan oleh panitia, yang paing berkesan bagi saya adalah agenda Jurti malam.

Dalam agenda jurit malam tersebut, peserta dibangunkan sekitar pukul 2.00 wib, kita di bangunkan untuk menyusuri beberapa pos yang ada di sekitar lokasi dauraoh.

Sebelum keberangkatan, kita di bagi menjadi beberapa kelompok dan diberangkatkan secara bergilir, saya berada di kelompok terakhir. Sembari menunggu giliran, kita disuruh berdzikir memperbanyak sholawat dan mengingat Allah.

Akhirnya tibalah giliran kita untuk berangkat menyusuri rute yang telah di tetapkan panitia. Di Pos Pertama, kita di sambut panitia dengan salam yang hangat, kita di beri nasihat-nasiat terkait meluruskan niat dalam mengikuti agenda ini. Jangan sampai agenda yang kita ikuti ini berlalu sia-sia tanpa mendapat pahala dari Allah SWT.

Pos Ke Dua, kita di chek hafalan ayat yang sudah di berikah oleh panitia. Ayat yang di suruh menghafal oleh panitia adalah Surat Ali Imran ayat 101 dan Surat Muhammad ayat 7.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آَمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. Qs.3:110

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS:Muhammad:7)

Dari dua ayat tersebut kita di suruh menghafalnya ayat dan artinya. Kita juga di suruh untuk mentadaburi setiap makna yang terkandung dalam ayat tersebut. Betapa Allah menyebut orang-orang yang berbuat ma’ruf dan mencegah orang dari kemungkaran sebagai manusia terbaik yang dilahirkan di muka bumi ini.

Allah juga menjanjikan pertolongan bagi orang-orang yang mau menolong Agama Allah. Betapa beruntungnya kita jika kita termasuk orang-orang tersebut. Semoga Allah mengizinkan kita untuk istiqomah dalam perjalanan hijrah ini.

Seteleh menyelesaikan tantangan di pos 2. Kita melanjutkan perjalanan ke pos 3. Dalam pos ini panitia menanyakan kepada setiap peserta. Bagaimana komitmen kita untuk memegang Islam ini ?. Satu persatu peserta menjawab pertanyaan dari panitia sesuai versi mereka sendiri-sendiri.

Ada yang menjawab akan istiqomah dalam berIslam dengan menjauhi segala larangan yang telah ditetapkan oleh Allah. Ada yang bersedia berjihad di jalan Allah. Ada juga yang sekedar mencoba menjaga sholat 5 waktu tepat waktu.

Apakah jawaban mereka sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam, ataukan sekedar mencari jawaban terbaik atas pertanyaan dari senior? Saya tidak tahu, wallahualam.

Satu demi satu panitia mendengarkan jawaban dari peserta, setelah selesai mendengarkan jawaban mereka. Diakhir sesi, panitia meluruskan jawaban mereka sesaui visi dan misi KM, kami sebagai peserta mendengarkan dengan seksama apa yang di sampaikan oleh panitia. Yang pasti kita diajarkan untuk Komitmen Menjadi seorang Muslim Sejati.

Sebelum melanjutkan di Pos 4, kita di suruh sholat Qiayamulail di Mushola samping pos 3 dan berdo’a supaya kita di mudahkan oleh Allah SWT dalam berTholabulilmi.

Di pos 4, kita diberikan pemahaman tentang makna Tauhid, dimana kita hanya patuh dan tunduk kepada Allah SWT. Tidak ada satu mahluk pun di dunia ini yang perlu kita takuti kecuali hanya Allah SWT.

Beberapa menit mendapatkan tausiah singkat tentang tauhid, kami diberi tantangan untuk mencari nama orang yang terukir di batu nisan kuburan  yang terletak di belakang pos 4. Berbekal satu lilin untuk 3 orang, kami mencarai nama yang telah ditentukan. Lama mencari tidak ketemu-ketemu, akhirnya kita di persilahkan untuk melanjutkan perjalanan ke pos selanjutnya.

Ilustrasi kuburan | sumber : blogbojonegoro.com

Pos 5 adalah pos terakhir dari rentetan kegiatan jurit malam. Di sini kita diberi tahu apa makna dari setiap post yang telah kita lalui, serta hikmah dibalik tugas dan tantangan yang telah di berikan panitia kepada peserta.

Akhirnya, kamipun berhasil menyelesaikan semua tantangan yang diberikan oleh panitia.

Azan Subuh berkumandang, tanda berakhirnya agenda jurit malam. Kami kembali ke shelter act yang kita gunakan sebagai tempat menginap. Kami sholat subuh berjama’ah lalu membaca dzikir Al Ma’tsurat bersama-sama.

Satu hari tiga malam kami menikuti rentetan agenda LK1, akhirnya kami sampai pada agenda terakhir, yaitu agenda Out Bound. Dalam outbound tersebut banyak game yang mengajarkan kita kerjasama tim. Meskipun harus berkotor-kotor dengan lumpur, kita tetep semangat untuk mengikuti agenda tersebut.

Outbound

Setelah berkotor-kotor dengan lumpur dan air, kami membersihkan diri dan bersiap-siap untuk pulang.

Agenda LK1 ditutup dengna ikrar peserta LK1 untuk selalu istiqomah dalam memegang Islam serta berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik. Dengan mengucap Syahadat dan ditutup dengan takmir, kami mengucapkan ikrar untuk selalu istiqomah memegan Islam dalam dada kami. Maka berakhirlah agenda LK1 dan kami kembali ke rumah masing-masing.

IKUT-IKUTAN NGAJI

Ilustrasi Liqo’ | forkitabrawijaya.wordpress.com

Bagi anggota baru, lembaga KMI mewajibkan setiap alumni LK1 ngaji rutin setiap pekannya. Mmereka menyebutnya dengan Liqo’. Awalnya saya penasaran, apa sih yang namanya Liqo’, ternyata itu ngaji rutin melingkar yang dipandu oleh satu orang yang kita sebut sebagai Murobi.

Di sini, kita difahamkan tentang Ma’rifatullah, Ma’rifatur Rasul, Ma’rifatul Insan, Ghazwul Fikri dan masih banyak lagi hal-hal yang menarik.

Materi-materi tersebut masih terdengar asing di telinga saya, karena sebelumnya saya tidak pernah mendengaran pengajian yang membahas hal seperti itu sebelumnya.

Maklum, saya tinggal di keluarga yang ndak Agamis-agamis banget, jadi keluarga saya ndak terlalu menekankan belajar agama secara mendalam. Tapi bapak ibu selalu menyuruh saya belajar di TPA pas masih kecil.

Dari beberapa materi yang saya sukai adalah materi tentang ghazwul fikr. Saya seperti dibukakan mata ketika mendapatkan materi ini.Saya baru tahu, ternyata banyak sekali konspirasi yang dilakukan oleh orang-orang jahat untuk menguasai dunia.
Dalam kelompok Liqo’ ini, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Saya mendapat banyak teman baru, ilmu, skill managerial dll.

Kami di persaudarakan layaknya kaum muhajirin dan ansor. Ketika ada temen yang lagi kesusahan, kita saling membantu. Ketika ada yang mendapat rezeki, kita syukuran makan makan, pokoknya saya merasa nyaman dengan kelompok seperti ini.

Kita juga bisa curhat terkait permasalahan kita kepada teman-teman kita satu kelompok, mereka pasti akan membantu sesuai kemampuan mereka.

Mungkin itu saja cetita dari saya, tentang bagaimana saya menemukan sahabat-sahabat surgaku  yang tak tergantikan.

Masih banyak cerita yang belum saya tuliska pada kesempatan kali ini. Kalau ada kesempatkan, saya akan tuliskan pengalaman-pengalman saya berpetualang bersma sahat-sahat saya.

Demikian, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Please rate this

99 Gambar Kaligrafi Asmaul Husna dengan Artinya yang Indah Menyejukkan Hati 5/5 (1)

kaligrafi asmaul husna foto-biasa.com

KALIGRAFI ASMAUL HUSNA – Assalamu’alaykum Akhi Ukhiti, alhamdulillah pada kesempatan kali ini inspiring.id bisa update konten menarik tentang kaligrafi yang sebelumnya kita sudah membahas tentang Kaligrafi Indah Allah dan Muhammad, Bismillah, dan kita juga sudah panjang lebar membahas tentang huruf hijaiyah. Bulai dari jenis hurufnya maupun hukum bacaannya.

Nah, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kaligrafi Asmaul Husna yang jika kita mengamalkannya, maka Insya Allah kita akan mendapat pahala yang berlimpah.

Kalian sudah tahu kan, apa itu Asmaul Husna? Ah, masak sih belum tahu? Oke, mari kita bahas sedikit tentang apa itu Asmaul Husna.

 Apa itu Asmaul Husna?

kaligrafi asmaul husna googleusercontent.com
googleusercontent.com

Kalau kamu perhatikan di halaman belakang mushaf Al Quran, pasti kamu akan menemukan ada 99 lafaz Asmaul Husna yang tertulis berjajar dengan rapi. Tataletak setiap mushaf tidak sama, tapi intinya 99 lafaz Asmaul Husna ini memiliki arti yang sama.

Asmaul Husna yaitu nama-nama terbaik Allah yang juga merupakan sifat Allah. Dimana Allah itu Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Merajai, dan banyak lagi sifat Allah yang ‘Maha’ dari seluruh mahluk di dunia ini.

Hal tersebut seperti yang digambarkan dalam Al Quran dalam surat Taha ayat 8 yang memiliki makna, bahwa Allah lah yang berhak di sembah dengan Amaul Husna atau nama-namanya yang indah.

Banyak sekali faedah yang kita dapatkan jika kita menghafal dan mengalkannya, mungkin pada kesempatan berikutnya akan kami bahas lebih mendalam.

Tapi, yang membuat saya semangat untuk mengamalkannya adalah ketika kita mengucapkan Asmaul Husna sebelum kita berdo’a meminta kepada Allah. Maka, Insya Allah do’a kita 99% akan terkabul.

Bagaimana?Tertarik untuk mengamalkannya? Kamu harus coba itu, paling tidak satu kali dalam seumur hidup 🙂

Kembali ke tujuan artikel ini dibuat, kami akan membagikan kaligrafi atau lafaz Asmaul Husna beserta artinya. Oke, langsung saja simah beberapa kaligrafi yang sudah kami sajikan di bawah ini.

1. Kaligrafi Asmaul Husna – Ar Rahman ( Yang Maha Pengasih)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

2. Kaligrafi Asmaul Husna –  Ar Rahiim (Yang Maha Penyayang)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

3. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Malik (Yang Maha Merajai)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

4. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Quddus (Yang Maha Suci)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

5. Kaligrafi Asmaul Husna – As Salaam (Allah Yang Maha Memberi Kesejahteraan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

6. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mu`min (Allah Yang Maha Memberi Keamanan) 99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website

7. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muhaimin (Allah Yang Maha Mengatur)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

8. Kaligrafi Asmaul Husna – Al `Aziiz (Allah Yang Maha Perkasa)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

9. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Jabbar (Allah Yang Memiliki Mutlak Kegagahan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

10. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mutakabbir (Allah Yang Maha Megah, Yang MemilikiKebesaran)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

11. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Khaliq (Allah Yang Maha Pencipta)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

12. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Baari` (Allah Yang Maha Melepaskan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

13. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mushawwir (Allah Yang Maha Membentuk Rupa(makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

14. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Ghaffaar (Yang Maha Pengampun)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

15. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Qahhaar (Yang Maha Memaksa)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

16. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Wahhaab (Yang Maha Pemberi Karunia)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

17. Kaligrafi Asmaul Husna – Ar Razzaaq (Yang Maha Pemberi Rezeki)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

18. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Fattaah (Allah Yang Maha Pembuka Rahmat)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

19. Kaligrafi Asmaul Husna – Al `Aliim (Allah Yang Maha Mengetahui)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

20. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Qaabidh (Allah Yang Maha Menyempitkan (makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

21. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Baasith (Allah Yang Maha Melapangkan(makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

22. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Khaafidh (Allah Yang Maha Merendahkan (makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

23. Kaligrafi Asmaul Husna – Ar Raafi` (Allah Yang Maha Meninggikan(makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

24. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mu`izz (Allah Yang Maha Memuliakan(makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

25. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mudzil (Allah Yang Maha Menghinakan(makhluknya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

26. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Samii`(Yang Maha Mendengar)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

27. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Bashiir (Yang Maha Melihat)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

28. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Hakam (Yang Maha Menetapkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

29. Kaligrafi Asmaul Husna – Al `Adl (Yang Maha Adil)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

30. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Lathiif (Yang Maha Lembut)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

31. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Khabiir (Yang Maha Mengenal)

32. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Haliim (Yang Maha Penyantun)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

33. Kaligrafi Asmaul Husna – Al `Azhiim (Yang Maha Agung)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

34. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Ghafuur (Yang Maha Memberi Pengampunan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

35. Kaligrafi Asmaul Husna – As Syakuur (Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

36. Kaligrafi Asmaul Husna – Al `Aliy (Yang Maha Tinggi)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

37. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Kabiir (Yang Maha Besar)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

38. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Hafizh (Yang Maha Memelihara)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

39. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muqiit (Yang Maha Pemberi Kecukupan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

40. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Hasiib (Yang Maha Membuat Perhitungan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

41. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Jaliil (Yang Maha Luhur)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

42. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Kariim (Yang Maha Pemurah)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

43. Kaligrafi Asmaul Husna – Ar Raqiib (Yang Maha Mengawasi)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

44. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mujiib (Yang Maha Mengabulkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

45. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Waasi` (Yang Maha Luas)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

46. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Hakiim (Yang Maha Maka Bijaksana)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

47. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Waduud (Yang Maha Mengasihi)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

48. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Majiid (Yang Maha Mulia)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

49. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Baa`its (Yang Maha Membangkitkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

50. Kaligrafi Asmaul Husna – As Syahiid (As Syahiid)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

51. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Haqq (Yang Maha Benar)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

52. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Wakiil (Yang Maha Memelihara)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

53. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Qawiyyu (Yang Maha Kuat)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

54. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Matiin (Yang Maha Kokoh)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

55. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Waliyy (Yang Maha Melindungi)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

56. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Hamiid (Yang Maha Terpuji)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

57. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muhshii (Yang Maha Mengalkulasi (Menghitung Segala Sesuatu)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

 

58. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mubdi`(Yang Maha Memulai)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

59. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mu`iid (Yang Maha Mengembalikan Kehidupan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

60. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muhyii (Yang Maha Menghidupkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

61. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mumiitu (Yang Maha Mematikan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

62. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Hayyu (Yang Maha Hidup)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

63. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Qayyuum (Yang Maha Mandiri)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

64. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Waajid (Yang Maha Penemu)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

65. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Maajid (Yang Maha Mulia)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

66. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Wahid (Yang Maha Tunggal)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

67. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Ahad (Yang Maha Esa)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

68. Kaligrafi Asmaul Husna – As Shamad (Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

69. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Qaadir (Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

70. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muqtadir (Yang Maha Berkuasa)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

71. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muqaddim (Yang Maha Mendahulukan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

72. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mu`akkhir (Yang Maha Mengakhirkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

73. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Awwal (Yang Maha Awal)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

74. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Aakhir (Yang Maha Akhir)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

75. Kaligrafi Asmaul Husna – Az Zhaahir (Yang Maha Nyata)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

76. Kaligrafi Asmaul Husna – Az Zhaahir (Yang Maha Nyata)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

77. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Waali (Yang Maha Memerintah)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

78. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muta`aalii (Yang Maha Tinggi)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

79. Asma Allah Al Barru (Yang Maha Penderma (Maha Pemberi Kebajikan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

80. Kaligrafi Asmaul Husna – At Tawwaab (Yang Maha Penerima Tobat)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

81. Asma Allah Al Muntaqim (Yang Maha Pemberi Balasan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

82. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Afuww (Yang Maha Pemaaf)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

83. Asma Allah Ar Ra`uuf (Yang Maha Pengasuh)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

84. Kaligrafi Asmaul Husna – Malikul Mulk (Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

85. Asma Allah Dzul Jalaali Wal Ikraam (Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

86. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Muqsith (Yang Maha Pemberi Keadilan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

87. Asma Allah Al Jamii` (Yang Maha Mengumpulkan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

88. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Ghaniyy (Yang Maha Kaya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

89. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Mughnii (Yang Maha Pemberi Kekayaan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

90. Asma Allah Al Maani (Yang Maha Mencegah)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

91. Kaligrafi Asmaul Husna – Ad Dhaar (Yang Maha Penimpa Kemudharatan)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

92. Asma Allah An Nafii (Yang Maha Memberi Manfaat)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

93. Asma Allah An Nuur (Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya)

94. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Haadii (Yang Maha Pemberi Petunjuk)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

95. Asma Allah Al Badii’ (Yang Maha Pencipta Yang Tiada Bandingannya)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

96. Asma Allah Al Baaqii (Yang Maha Kekal)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

97. Kaligrafi Asmaul Husna – Al Waarits (Yang Maha Pewaris)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

98. Asma Allah Ar Rasyiid (Yang Maha Pandai)

99. Asma Allah As Shabuur (Yang Maha Sabar)

99 kaligrafi asmaul husna grafis-media.website
grafis-media.website

Oke, itu tadi kaligrafi Asmaul Husna yang bisa kami paparkan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menambah keberkahan ilmu dan pahala untuk mendapatkan surganya Allah SWT. Amiin.

Please rate this