Cara Membuat Molen Aneka Rasa yang Mudah dan Praktis 5/5 (1)

cara membuat molen

Cara membuat molen aneka rasa memang cukup mudah, tidak perlu punya keahlian khusu untuk bisa membuatnya. Dengan bahan-bahan yang ada di dapur, Anda sudah bisa menghidangkan camilan sehat dan enak untuk keluarga.

Roti molen adalah makanan khas Bandung yang memiliki cita rasa yang lezat, dengan tekstru roti yang lembut dan cryspi, membuat roti ini banyak dicari para wisatawan lokal dan mancanegara untuk dibawa pulang ke kampunng halamannya.

Roti molen pisang adalah makanan yang terbuat dari bahan baku pisang, dilapisi dengan lembaran-lembaran adonan tepung terigu dan cara memasaknya dengan cara digoreng.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang suka dengan roti moleh, mebuat para produsen roti banyak berinofasi menciptakan roti molen yang beraneka rasa.

Ada banyak jenis roti molen yang bisa kita temukan di pasaran seperti, kue molen pisang, kue molen keju, kue molen coklat, bahkan ada yang namanya kue molen Arab asli buatan Indonesia.

Asal Usul Roti Molen

alat-berat07.blogspot.co.id

Anda pasti pernah makan roti molen, tapi apakah Anda tahu kenapa roti yang satu ini disebut sebagai roti molen?

Kalau Anda belum tahu, mungkin penjelasan berikut bisa membantu menjawab rasa penasaran Anda.

Kata “molen” sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti “gudang yang ada kincir anginnya” atau bahasa Inggris disebut dengan Mill.

Di Indonesia, kata molen dianggap sebagai benda yang bisa bergerak berputar. Kita sering menggunakannya untuk menyebut truk pengaduk semen atau truk molen.

Itulah sebabnya, kenapa roti ini disebut sebagai roti molen, karena bentuknya yang menyerupai truk pengaduk semen.

Toko Kartika Sari adalah toko yang pertama kali mempopulerkan pembuatan roti ini. Semakin lama, roti ini semakin dikenal masyarakat dan akhirnya pembuatan roti molen diikuti oleh toko-toko roti dan pengusaha catering Bandung lainnya dengan versi mereka sendiri

Toko Kartika Sari terletakk di Kota Bandung, Jawa Barat. Sekarang toko ini memiliki 9 cabang yang tersebar seluruh dipenjuru Kota Bandung dan sebagian berada di luar kota.

Selain menjual roti molen, toko ini juga menjual banyak makanan khas Bandung, seperti kacang hijau bollen, almond cookies, brownies kusus original, bagelen special keju, dan masih banyak lagi jenis roti khas Bandung yang dijual di toko ini.

Kalau Anda ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke toko ini untuk melihat berbelanja makanan khas Kota Bandung sebagai oleh-oleh keluarga Anda di rumah.

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke toko Kartika Sari untuk membeli oleh-oleh, seperi turis dari  Malaysia, Singapura, Brunai dan masih banyak lainnya. Mereka mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asalnya. Meskipun banyak jenis roti yang dijaul di toko Kartika, roti yang menjadi primadona adalah roti molen.

Jenis-jenis Roti Molen

cara membuat molen
ratukuliner.com

Roti molen yang asli terbuat dari bahan baku pisang. Tetapi, semakin berkembangnya kuliner di Indonesia, banyak bermunculan roti molen dengan cita rasa yang beraneka ragam.

Beberapa jenis roti molen yang populer dimasyarakat seperti, kue molen pisang, kue molen ubi, strawberry, keju, coklat, nanas bahkan ada roti molen Arab.

Pada dasarnya, bahan dasar pembuatan roti molen berasal dari tepung terigu, mentega, telur, gula pasir, baking power, sedangkan untuk isinya bisa diganti-ganti sesuai selera.

Diantara aneka roti mole yang ada di Indonesia, roti molen Arab memiliki bentuk yang paling besar. Roti ini dibuat oleh seorang mahasiswa yang berasal dari Medan, namanya Syariful Burha. Berawal dari kesukaannya dengan roti molen, dia membuat rori molen versinya sendiri.

Awalnya, Burhan merasakan kalau roti molen yang biasa ia makan berukuran kecil, sehingga perlu makan beberapa biji untuk bisa kenyang. Akhirnya dia membuat roti molen dengan ukuran yang besar dan panjang, sehingga dalam sekalai makan, orang yang memakannya akan langsung merasa kenyang.

Untuk membuat roti moleh Arab yang enak, Buarhan melakukan uji coba sampai 7 kali. Setelah itu, dia menguji roti molen cipataanya dengan menawarkan kepada teman sekampusnya. Ternyata, temannya langsung tertarik dan menanyakan harga roti tersebut untuk membelinya.

Dengan ukurannya yang cukup besar, roti molen Arab dibandrol seharga Rp 3000 per biji.

Cara Membuat Molen

cara membuat molen aneka rasa
youtube.com

Cara membuat molen aneka rasa boleh dibilang cukup mudah, kita bisa membuatnya dirumah dengan bahan-bahan yang bisa kita dapatkan di toko-toko klontong.

Persiapan bahan

Untuk membuat molen yang enak, dibutuhkan bahan-bahan yang berkwalitas. Bahan utama yang digunakan adalah pisang, tapi semakin hari, banyak orang yang berinofasi dalam membuat roti molen, sehingga buah pisang diganti dengan bahan yang lain sebagai pengganti isi roti.

Isi molen yang berbeda-beda tidak merubah nama dari roti tersebut, karena menurut sejarah, roti moleh dibukus dengan kulit crispy yang menyerupai truk molen. Jadi, selama bentuknya masih menyerupai truk molen, maka namanya masih dianggap sebagai roti  molen.

Bahan yang di guanakan

molen arab bandung
pusatroti.wordpress.com

1. Pisang raja yang sudah masak sebagai isi (bisa disesuaikan dengan kebutuhan) atau bisa diganti dengan bahan yang lainnya.
2. Tepung terigu 500 gram.Gunakan tebung terigu yang kualitasnya bagus untuk mendapatkan citra rasa yang enak. Sebaiknya tepung diayak terlebih untuk mendapatkan tekstur yang lembut.
3. Baking power (pengembang kue) kurang lebih 2 sendok.
4. Gula halus (gula bubuk) kurang lebih 120-140 gram.
5. Telur ayam ukuran sedang (+ 2-3 butir)
6. Air dingin secukupnya ( yang dibutuhkan cuma sekitar 2 sendok).
7. Miyak goreng.

Cara membuat adonan molen

cara membuat molen crispy
foodnetwork.com

1. Pertama, siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan roti.
2. Masuukan tepung terigu, gula bubuk, dan pengembang kue (dua sendok). Aduk-aduk sebentar sampai semua tercampur.
3. Ayak ketiga bahan tadi, jika ada kotoran bisa tersaring supaya tidak terikut ke dalam adonan.
4. Campurkan margarin dan telur ke dalam adonan bersama ketiga bahan tadi. Aduk semua bahan sampai menggumpal.
5. Masukan air matang dingin sedikit demi sedikit. Uleni dengan tangan semua bahan sampai rata dan kalis.

Membuat kulit molen

resep pisang molen

1. Siapkan gilingan yang bisa digunakan untuk membuat mie atau roll pin, bisa juga menggunnakan botol kaca yang tidak terpakai. Tetapi, kalau menggunakan botol kaca, agak sulit mendapatkan ukuran yang tepat.
2. Masukkan adonan ke dalam penggilingan untuk membuat kulit molen dengan lebar sekitar 1-1,5 cm, atau bisa disesuaikan dengan selera.
3. Potong pisang yang sudah disiapkan menjadi kecil-kecil sebagai isi molen.
4. Bungkus pisang yang sudah dipotong dengan kulit molen yang sudah digiling menjadi tipis.
5. Masukkan minyak agak banyak ke dalam penggorengan. Panaskan minyak sampai benar-benar panas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
6. Masukkan pisang molen kedalam penggorengan setelah minyak benar-benar panas.
7. Sesekali bolak-balik molen supaya tidak gosong dan matang secara merata.
8. Kalau molen sudah berwarna kuning kecoklantan, tandanya molen sudah matang.
9. Angakat dan tiriskan molen dari penggorengan, hidangkan di piring.
10. Molen siap disantap.

Begitulah cara membuat molen pisang. Cukup mudah kan ?
Untuk pembuatan molen dengan rasa yang lainnya, kurang lebih sama saja. Tapi ada sedikit treatment yang berbeda untuk membuatnya.

Baca juga : Kue Ulang Tahun

Cara membuat monlen aneka rasa

cara membuat roti molen pisang aneka rasa
brilio.net

Untuk cara membuat molen aneka rasa, seperti molen ubi, nanas, keju, dan coklat, tidak jauh berbeda dengan membuat molen pisang.

Untuk molen keju dan coklat, bisa langsung dimasukkan di sela-sela pisang yang diguanak sebagai isi. Sedangkan untuk membuat molen ubi atau nanas, karena bentuknya yang tidak cair, maka ubi dan nanas tersebut digunakan sebagai isi yang menggantikan pisang.

Kita juga bisa berkreasi membuat molen versi kita sendiri, misalnya bahan nanas + coklat, sehingga menjadi molen nanas coklat. Begitulah cara membuat molen aneka rasa yang bisa Anda buat di rumah.

Untuk cara membuat molen Arab memang agak sedikit berbeda, karena molen arab memiliki ukuran yang besar dan panjang.

Anda bisa mempertebal kulit mempertebalkan kulit molen dan memperbanyak isinya, sehingga ukuran molen akan menjadi lebih besar.

Demikian informasi cara membuat molen aneka rasa yang bisa saya baikan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada saudara Anda supaya mereka juga mendapatkan manfaatnya.

Terimakasih.

 

Please rate this

Kue Ulang Tahun Anak Lucu dan Unik Beserta Cara Menghiasinya No ratings yet.

kue ulang tahun

KUE ULANGA TAHUN – Anak teman saya Julia pernah berkata, “Sebuah pesta tanpa roti, hanya pertemuan saja,” Dengan pemikiran seperti itu, kita tidak setuju dengannya.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami sajikan beberapa resep favorit kue ulang tahun yang akan membuat teman kau, anak-anak, dan keluarga mengingat hari spesial mereka.

Berikut kue ulang tahun anak yang bisa menjadi inspirasi untuk hari spesial buah hati Anda.

Kue Ulang Tahun Blue Bell Ice Cream Bombe

roti ulang tahun
roti ulang tahun ©countryliving.com

Bahan

  • 5 sampai 6 c. Blue Bell strawberry ice cream
  • 4 sampai 5 c. Blue Bell chocolate-chip ice cream
  • 3 sampai 4 c. Blue Bell pistachio-almond ice cream
  • 2 c. Blue Bell Belanda chocolate ice cream.
  • Taburan putih

Cara Membuat Kue

  • Siapkan 3 mangkuk untuk membuat bentuk roti dengan pastik pembungkus, susun menjadi tiga bagian.
  • Buatlah ketebalan roti kira-kira 2 inchi
  • Dinginkan selama kurang lebih 10 menit
  • Haluskan 5 sampai 6 cangkir Blue Bell stowberry es cream sampai halus.
  • Gunakan spatula karet untuk mengaduk
  • Masukkan ke dalam mangkuk yang sudah dipersiapkan bersama es cream
  • Buatlah ketebalan yang sama setiap layernya
  • Dinginkan selama 2 jam
  • Ulangi proses tersebut sebanyak 4 sampai 5 cangkir Blue Bell chocolate-chip es cream dan lakukan lagi 3 sampai 4 cangkir Blue Bell pistachio-almon ice cream.
  • Dinginkan setiap layernya
  • Masukkan rongga roti yang tersisa dengan 2 cangkir Blue Bell Dutch chocolate es cream
  • Tutup dengan plastik pembungkus dan bekukan sampai roti benar-benar mengeras, kurang lebih selama 8 jam.

Penyajian roti

Untuk menyajikan roti ulang tahun ini, balikkan roti yang terdapat dalam mangkuk di atas piring datar untuk menyajikan.

Angkat mangkuk dan plastik penutup. Tempelkan dan ratakan olesan putih yang sudah dipersiapkan di seluruh permukaan roti.

Dinginkan kembali pada freezer atau bisa langsung di sajikan.

Easy Chocolate Party Cake

roti ulang tahun
roti ulang tahun ©countryliving.com

Orang menyebut ini sebagai “roti buangan” dimana roti ini dibuat dengan mencampurkan semua bahan yang dibuang ke dalam satu mangkok, dicampur ke dalam satu adonan, dan dipanggang dalam keadaan lembab, kemudian dilapisi dengan fudgy.

Bahan yang diperlukan

  • 2 c. semua tepung yang dibutuhkan
  • 1,5 susu yang digunakan
  • 67 c. gula pasir
  • 67 c. gula coklat gelap
  • 1/2 c. biji cokelat yang tidak diberi gula
  • 3/4 mentega
  • 3 telur yang besar
  • 2 sendok teh vanilla extract
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking power
  • 1/2 sendok teh garam
  • Fudgy Cream – keju yang sudah membeku

Membuat adonan

  • Panaskan oven sampai 350 derajat F
  • Gunakan kuas kecil untuk melumuri dua panci berukuran 8 inchi dengan mentega lunak
  • Masukkan tepung ke dalam panci dan masukkan segala roti atau sisa bahan yang tersisa.
  • Mixer segala bahan tersebut dengan kecepatan rendah,
  • Gabungkan antara adonan tepung dengan 10 bahan yang sudah kita persiapkan tadi
  • Tingkatkan kecepatan mixer sampai medium dan lakukan selama kurang lebih selama 3 menit lebih.

Panggang kue

  • Bagi sama rata antara dua panci secara merata
  • Tempatkan kue di tengah oven sampai indikator kembali ke titik normal
  • Dinginkan roti di atas rak kawat kurang lebih selama 10 menit
  • Gunakan pisau untuk melonggarkan atau memisahkan roti dari panci
  • Balikkan roti di atas rak kawat secara penuh

Bekukan Kue

  • Gunakan pisau bergerigi untuk membuat lapisan atas roti
  • Beri garis tepi paada piring kue dengan strip 3 inchi dengan menggunakan wax atau kertas perkamen untuk menempatkan lapisan kue, dipasangkan di sisi bawah dan atas.
  • Letakkan 1/2 cangkir Fudgy Cream-Cheese Frosting di atas roti secara merata.
  • Tempatkan lapisan ke-2 pada bagian pertama dan tutup dengan bagian atas, kemudian bagian samping lapisi dengan lapisan gula.
  • Ambil kertas strip dan sajikan
  • Robi bisa di dinginkan selama lebih dari 4 hari

Kue Ulang Tahun Rendah Gula Chocolate Sandwich Cake

kue ulang tahun
kue ulang tahun ©bbcgoodfood.com

Bahan untuk kue

  • 150ml minyak repeseed, dilebihkan sedikit untuk mengoleskan
  • 205g bit yang sudah dimasak
  • 50g kakao
  • 140g tepung terigu gandum
  • 100g tepung tupih polos
  • almon bubuk 50g
  • 200g xylitol, seperti total sweet
  • 2 sendok teh baking power
  • 1 sendok soda bikarbonat
  • 2 telur besar
  • 50ml susu skim

Bahan untuk cream coklat

  • 150ml pot alami bio-yoghurt
  • 2 sendok makan kakao
  • 100g xylitol seperti total sweet
  • 10ml pot double cream

Cara memasak

  1. Panaskan oven sampai 160C/140C/gas 3 dan panaskan juga olesan lembak pada cetakan lurang lebin dua x 20cm kareng roti dengan baking perkamen. Untuk membuat krim coklat aduk yogurt dengan kakao dan xylitol sampai benar-benar tercampur rata lalu sisihkan saat Anda membuat kue. Hal ini membantu untuk melarutkan butiran xylitol.
  2. Untuk membuat roti, aduk buah bit makanan sampai menyerupai bubur kental. Masukan ke dalam cetakna roti di kakao, tepung, almond bubuk, xylitol, baking power dan soda dan putar sebentar untuk mencampur bahan bersama-sama.
  3. Sekarang tambahkan telur,  150ml rapese oil, vanilla extrak, dan susu. Aduk lagi sampai campuran bahan menjadi campuran yang sempurna.
  4. Bagi adonan menjadi dua bagian sama rata, satu untuk mengolah adonan dengan cepat, yang satu sebagai mengolah baking power untuk mengolah segala bahan dari bahan cairan, lalu panggang selama 25-30 menit sampai tusuk sate menusuk ke tengah ke luar bersih. Dinginkan selama beberapa menit kemudian keluarkan dari cetakan roti, dan selesaikan pendinginan pada rak kawat. Selanjutnya, ambil paper penanda secara perlahan.
  5. Untuk membuat krim coklat, aduk-aduk cream ganda sampai benar-benar bercampur. Aduk dan campuran kakao. Letakkan dan ratakan sepertiga di atas kue spons dingin, dan sisakan untuk membuat finishing roti. Simpan roti pada remari es sampai bebrapa hari, sebelum di sajikan. Usahakan suhu roti dalam keadaan normal supaya enak dinikmati.

Bagaiman, mudah bukan membut kue ulang tahun sendiri. Kalau Anda kesusaha, beberapa jasa catering Bandung juga bisa menjadikan alternatif Anda dalam memilih kue ulang tahun kesukaan Anda.

Semoga beberapa resep tadi bisa menginspirasi Anda untuk membuat kue ulang tahun kreasi Anda sendiri.

Baca juga : Kuliner Surabaya yang Menggoyang lidah!

Please rate this

Wisata Kuliner Bandung yang Enak dan Murah Meriah, Tempat Nongkrong, Cafe, Restoran Recommended No ratings yet.

kuliner bandung colenak

KULINER BANDUNG – Siapa sih yang nggak kenal Bandung! Yaa, ane yakin kalian pasti udah pada tau. Selain terkenal tempat wisatanya ria atau labih sering dikenal dengan istilah Paris van Java ternyata Bandung juga mempunyai sejuta wisata kuliner yang enak-enak dengan harga bersahabat.

Ngomong-ngomong masalah bersahabat tentu nggak lepas dari yang namanya Anak Kos, loh kok bisa? Iya dong “ane kan sesepuh anak kos” hehe. Udah lah dari pada kebanyakan curhat, langsung aja kita liat-liat apa saja wisata kuliner di Bandung yang enak dan cocok buat masa depan dompetmu 😀

Kuliner Bandung Surabi Paling Recommended

kuliner bandung surabi
kuliner bandung surabi ©nibble.id

Pertama kita akan membahas tentang surabi, iya memang benar bahwa jajanan pasar tradisional ini sangat banyak ditemukan di Bandung. Pada mulanya surabi hanya memiliki 3 varian rasa yaitu original dengan sedikit tambahan toping kinca, telor, dan oncom.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman maka muncul berbegai macam ide di mana banyak berdiri warung-warung baru dengan memodifikasi menu rasa surabi, tak hanya satu varian tetapi ada beberapa toping tersedia yang bisa kamu jumpai pada warung di bawah ini.

Surabi Radja Kedai

Kamu dapat menemukan warung ini di Jl. Pluto Raya No 1 Maragahayu Raya atau sekitar jembatan penyebrangan by pass Jalan Soekarno Hatta.

Surabi Tenda Durian

Ini merupakan surabi khas di mana topingnya memakai durian dengan aroma yang begitu menggoda. Lokasinya ada di Jl. Prof. Eyckman.

Surabi Imut

Surabi imut atau bisa dibilang surabi enhaii, surabi ini merupakan pioner dalam pembuatan surabi modern yang dimodifikasi sedemikian rupa. Di namakan enhai karena letaknya yang berdekatan dengan kampus NHI (National Hotel Institute) tepatnya di Jl. Setiabudi no 194 Bandung.

Kuliner Bandung Bajigur

kuliner bandung ajigur
kuliner bandung bajigur ©tournesia.com

Selanjutnya kita akan kenalan dengan minuman hangat khas masyarakat Sunda khususnya daerah Jawa Barat, Indonesia. Untuk membuat minuman macam ini prosesnya cukup mudah dan bahannya juga mudah dicari di warung-warung atau pasar.

Bahan utama untuk membuat bajigur adalah santan dan gula aren, untuk menambah cita rasa khas, campurkan sedikit jahe, garam, serta bubuk vanili.

Pada umumnya bajigur dijajakan menggunakan gerobak yang dipasang kompor di bawahnya. Minuman ini sangat cocok apabila diminum pada saat cuaca dingin atau cuaca basah setelah hujan.

Biasanya orang menjadikan pisang, ubi rebus, atau kacang rebus untuk menemani segelas minuman bajigur ini.

Karena rasanya yang menggoda, tak jarang bajigur ini sering dihidangkan oleh para vendor kuliner catering Bandung pada acara pernikahan ataupun acara-acara lainnya.

Kuliner Bandung Nasi Kalong

kuliner bandung nasi kalong
©pergikuliner.com

Judulnya bikin kepo hehe, mungkin bagi sebagian kalian banyak yang belum tahu apa itu nasi kalong atau bahkan nggak tau sama sekali. Sesuai namanya warung nasi ini dibuka mulai jam 18.00 dan lokasinya berada di Jl. RE Martadinata.

Nasi kalong sangat cocok dijadikan sebagai menu ketika keroncongan di malam hari, dan nggak perlu takut untuk datang ke sini di malam hari, karena semakin malam tempat ini akan semakin rame dengan menu yang paling digemari yaitu nasi berwarna hitam dan ada 20 lebih jenis lauk yang bisa kamu pilih.

Pada dasarnya nasi berwana hitam itu adalah nasi merah yang dimasak menggunakan kluwek, ditambah cabai, daun salam, bawang merah, kelapa parut goreng, dan bumbu lainnya. Apabila kamu enggan memakan nasi hitam ini jangan kuwatir karena juga tersedia banyak nasi putih.

Bandung Maja House

tempta wisata bandung
tempta wisata bandung ©panduwisata.id

Maja house merupakan tempat wisata kuliner yang paling digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitar. Selain menawarnkan masakan yang enak, restoran ini juga sangat cocok untuk makan siang dan makan malam. Dengan pesona keindahan dan hawa sejuk yang ditawarkan.

Restoran ini berlokasi di Jl. Sersan Bajuri no. 72 letaknya satu lokasi dengan hotel Stevie G, tak hanya menyediakan satu tempat duduk saja, tempat ini juga menyediakan kasur dan selimut buat kamu yang nggak tahan dengan hawa dingin di sana.

Kuliner Bandung Colenak

kuliner bandung colenak
kuliner bandung colenak ©tutugo.com

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa orang Sunda itu paling seneng dalam singkat-menyingkat, hal ini tercermin dalam setiap makanan khas Sunda seperti yang akan kita bahasa ini. Colenak sendiri merupakan singkatan dari kalimat dicocol enak (bahasa Sunda).

Makanan ini terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar lalu disajikan menggunakan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.

Makanan ini mudah sekali untuk gosong karena karena kandungan gula yang ada di dalam tape tersebut, walau begitu bagian yang gosong ini merupakan bagian terenak bagi beberapa orang. Di Bandung sendiri saat ini terlihat sudah jarang terlihat iorang yang menjualnya.

Kuliner Khas Jawa Barat Bandrek

kuliner bandung jawa barat bandrek
kuliner bandung bandrek ©homefood.blogspot.com

Baandrek merupakan salah satu minuman tradisional masyarakat Sunda, minuman ini biasa dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh dan minumnya pun sering dinikmati pada kondisi cuaca dingin, seperti ketika hujan atau gerimis di malam hari.

Bahan dasar dari minuman ini adalah jahe dan gula merah, namun di daerah-daerah tertentu mereka menambahkan rempah-rempah tersendiri guna memperkuat rasa rasa hangat, bahan tambahan yang sering digunakan itu biasanya berupa merica, serai, pandan, telur ayam kampung, dan yang semisal.

Tak hanya itu, susu juga bisa ditambahkan dengan ukuran sesuai dengan selera si penikmat minuman. Bandrek dipercaya mempunyai khasiat sebagai penyembuh penyakit ringan seperti sakit tenggorokan.

Baca juga : Masakan Padang yang Menggoyang Lidah!

Please rate this

Masakan Padang Asli dan Sederhana, Resep Praktis untuk Keluarga di Rumah! No ratings yet.

kuliner bogor ayam goreng resto mbok berek

Masakan Padang tak cuma di Padang saja terkenal kelezatannya, melainkan sudah terkenal sampai di seluruh penjuru wilayah Nusantara. Ketika pergi ke daerah manapun, kita dengan mudah bisa menemukan restoran masakan padang atau rumah makan Padang.

Indonesia memang kaya dengan makanan enak dan kuliner yang beraneka ragam, bahkan ada juga yang sudah mendunia, salah satunya ialah Masakan Padang ini.

Anda ingin membuat masakan padang di rumah? Mudah saja, kita bisa coba sendiri berbagai macam masakan padang untuk menu makan di rumah. Silahkan simak artikel ini dan Anda bisa mempraktekannya step by stepnya.

Berikut beberapa resep masakan padang yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

1. Masakan Padang Padeh Gadang

masakan padang padeh gadang
masakan padang padeh gadang ©dedekedward1.blogspot.com

Masakan padang yang satu ini menjadi menu wajib warga Minang yang selalu hadir di hidangan makannya. Umumnya masakan asam pedah ini menggunakan bahan ikan, tapi asam pedah padang ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

Bahan Asam Padeh Padang

  • 500 gram daging sapi bagian khas dalam (dipotong kotak kecil)
  • 1 Sendok makan bawang goreng
  • 1 liter air putih

Bumbu ayam padeh

  • 13 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 100 gram cabe kriting atau sesuai selera
  • 2 batang serai
  • 3 lebar daun jeruk purut
  • 1 lemabar daun kunyit
  • 1 sendok teh garam atau secukupnya

Cara membuat asam padeh gadang:

  • Haluskna lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabe dan garam
  • Masukkan potongan daging lalu aduk sampai merata
  • Tambahkan daun jeruk, serai dan kunyit. Setelah itu masak dengan menggunakan api kecil sambil diadauk sampai warnanya berubah.
  • Tambahkan air, masak lagi sampai tekstur daging menjadi empuk dan kuah mengental, lalu angkat. Taburkan bawang goreng diatasnya, masakan asam padeh siap disantap.

2. Masakan Padang Ikan Cuka Gurami

masakan padang ikan cuka gurami
masakan padang ikan cuka gurami ©kreasiresepmasakan.blogspot.com

Cita rasa masakan yang nikmat dan lezat bisa Anda rasakan pada masakan Padang ikan guramie yang satu ini. Agar lebih gereget gunakan ikan yang dengan ukuran besar. Anda bisa juga mengganti ikan gurame dengan ikan lainnya yang sesuai denga selera Anda. Resep ini bisa untk 6 porsi makan.

Bahan ikan cuka gurame

  • 1 ekor gurame
  • 1 sendok makan cuka
  • 1 sendok makan air jeruk dan tambahkan 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula
  • 750 mili air putih
  • minyak goreng seperlunya

Cara membuat ikan cuka gurame

  • Lumuri gurame dengan garam dan juga air jeruk nipis, diamkan kurang lebih 30 menit. Cuci bersih lalu tiriskan.
  • Langkah selanjutinya goreng ikan gurame sampai matang tapi jangn samapai kekeringan.
  • Ambil 4 sendok makan minyak bekas goreng ikan gurame utuk menumis bumbu sampai bau bumbu hrum khas bumbu.
  • Tambahkan air dan masak hingga mendidih. Tambah garam, cuka dan gula. Masukkan ikan gurame yang sudah di persiapkan, kemudan masak sebentar hingga ikan terlihat matang.
  • Sajikan dalam piring yang cantik bersama saus kesukaan Anda.

3. Masakan Padang Kalio Ayam

masakan padang kalio ayam
masakan padang kalio ayam ©perutgendut.com.au

Masakan khas Padang yang satu ini mirip dengan rendang kuah kental namun bedanya untuk Kalio Ayam ini sedikit lebih cair. Bagi yang hobi memasak ayam, resep ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membuat masakan khas Padang.

Bahan-bahan

  • 2 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian
  • 1 sendok makan air jeruk nipis tambahkan 1 sendok makan garam
  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 lembar daun kunyit
  • 1 batang serai (dimemarkan)
  • 2 sendok makan cebe merah giling
  • 500 mili santan kental
  • 1 liter santan encer
  • minyak goreng seperlunya

Bumbu Ayam Kalio

  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas jehe
  • 1 ruas kunyit (dibakar)
  • 2 ruans lengkuas
  • garam secukupnya

Cara membuat ayam kalo Padang

  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan didiamkan kurang lebih 15 meter.
  • Tumis bumbu halus di minyak goreng yang sudah dipanaskan lalu tambah daun jeruk, daun kunyit dan serai sampai aromanya menjadi harum.
  • Masukkan cabe merah giling dan aduk sampai merata.
  • Masukkan daging ayam, daging dimasak sampai warna berubah dan kuah mendidih. Tambah juga santan encer, masak sampai daging menjadi lunak. Tuangkan santan kental sambil aduk pelan dengan api kecil sampai santan menjadi berminyak.
  • Siapkan piring saji lalu tata ayam kalio di atas piring dan ayam kalio siap sudah siap dihidangkan.

4. Masakan Padang Balado Telur

masakan padang balado telur
masakan padang balado telur ©resepjuga.blogspot.com

Telur balado juga termasuk salah satau menu dari masakan Padang yang sudah terkenal di masyarakat luas. Telur sambal balado padang ini dicampur dengan bumbu lada hitam.

Penasaran dengan masakan khas padang dan biasa dihidangkan juga pada catering Bandung ini? Silahkan simak resepnya dibawah ini.

Bahan bumbu balado telur lada hitam

  • 600 gram telur ayam (rebus dengan campuran sedikit cuka)
  • 21 buah cabe merah (potong panjang)
  • 2 siung bawang putih (iris kasar)
  • 5 siung bawang merah (iris kasar)
  • 1 buah tomat (potong kecil)
  • 1 sendok makan lada hitam
  • 3 sendok makan mentega
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok makan garam
  • 1,5 sendok teh penyedap rasa (jika suka)

Cara Membuat Balado Telur Lada Hitam

  • Cabe merah diulek kasar, bawang merah, bawang putih dan tambahkan tomat.
  • Minyak goreng dipanaskan, masukkan telur yang sudah dikupas sebentar saja hingga warna berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambah juga garam dan penyedap rasa, tumis hingga minyak berwarna kuning.

5. Masakan Padang Lauk Gadang

masakan padang lauk gadang
masakan padang lauk gadang ©rahmanpradana1501.wordpress.com

Lauk gadang merupakan masakan yang terbuat dari bahan daging sapi khas masakan Padang. Terbuat dari racikan berbagai macam rempah rahasia padang yang membuat lauk gadang ini memiliki citarasa yang nikmat. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan membuat Lauk Gadang

  • air panas 1 liter
  • daging sapi 750 gr 2 potong
  • serai 2 batang
  • daun kunyit 1 lembar (potong-potong)
  • minyak goreng secukupnya
  • asam kandis 2 buah

Bumbu Lauk gadang (dihaluskan)

  • bawang merah 10 butir
  • bawang putih 4 siung
  • cabe merah 10 buah
  • kemiri 3 buah
  • jahe 1 ruas jari
  • kemiri 3 butir
  • lengkuas 1 ruas jari
  • garam 1 sdm

Cara memasak Lauk Gadang

  • Tusuk semua daging yang sudah dipersiapkan dengan sendok garpu, kemudian lumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan, remas-remas daging supaya bumbu murah meresap pada daging.
  • Diamkan daging di dalam lemari es kurang lebih 2 jam.
  • Sebelum digoreng, lilit daging dengan benang supaya tidak mengembang.
  • Panaskan minyak goreng sampai panas. Kalau sudah panas, masukkan daging yang sudah di bumbui tadi ke dalam penggorengan bersamaan dengan daun kunyit, ayam kandis, serai, dan tuangkan air panas.
  • Masaklah dengan api kecil sambil di aduk-aduk hingga daging terlihat matang. Apabila kuah mulai mengental, tandanya Lauk gadang sudah matang. Angkat, dinginkan, dan sajikan pada tempat yang cantik.

Masyarakat padang biasanya menghidangkan masakan Lauk gadang pada pagi hari setelah di buat. Sajikan dengan taburan bawang goreng supaya lebih lezat.

6. Resep Cara Membuat Masakan Padang Rendang Ayam Asli

Kenikmatan masakan rendang padang memang sudah tersohor sampai ke mana-mana. Tidak cuma digemari oleh masyarakat Padang saja, akan tetapi masakan rendang sudah menjadi masakan favorit ketika seluruh masyarakat Indonesia.

Berikut ini resep rendang Padang yang bisa Anda buat di rumah:

Bahan maskan rendang padang

  1. Siapkan 1 kg daging yang rendah lemak, potong daging menjadi beberapa bagian lalu dicuci hingga bersir.
  2. Sipkanlah 3 butir buah kelapa yang sudah tua, kemudian parut semua kelapa sampai halus, peras parutan kelapa sehingga menjadi santan untuk bumbu.

Bahan bumbu:

  • 20 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 2 ruas jahe yang sudah dibersihkan
  • 1 ons cabe merah yang sudah digiling halus
  • 1 sendok teh merica (merica bubuk)

Bumbu tambahan:

  • Lengkuas, dimemarkan
  • 3 batang sereh, geprek bagian putihnya
  • 3 buah bunga pekak
  • 5 lembah daun jeruk
  •  3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun kunyit, sobek-sobek

Bumbu pelengkap:

  • 1 sendok makan kelapa serundeng giling (kelapa parut di sangrai sampai berwarna coklat, kemudian di diging halus hingga keluar minyaknya)
  • 1 sendok makan hati sapi rebus, di giling halus
  • 1 sendok makan air asam
  • garam, secukupnya
  • gula pasir, secukupnya

Cara membuat masakan padang Rendang ayam asli:

  • Ungkep/tutup daging pada wadah tertentu bersamaan dengna bumbu halus yang sudah dipersiapkan. Biarkanlah air dalam daging keluar dan biarkan air yang keluar dari daging hilang atau sudah mengering.
  •  Tuang santan, kemudian masukkan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap, dan aduk hingga rata
  • Aduk-aduk santan hingga santan mendidih dan jangan sampai santan pecak
  • Kecilkan api, masak sampai daging rendang dan bumbu mengeluarkan minyak
  •  Masukkan bumbu pelengkap daging rendang yang sudah dipersiapkan, kemudian aduk-aduk sampai merata
  • Masak terus sampai sesekali diaduk-aduk agar tidak lengket. Masak sampai bumbu rendang agak mengering atau berbedak dan berwarna coklat
  • Sajikan dengan nasi hangat

7. Masakan Padang Ikan Panggang Bumbu Kecap

maskan padang ikan panggang bumbu kecap
maskan padang ikan panggang bumbu kecap ©harianmu.com

Panggang ikan atau Ikan panggan khas Padang adalah salah satu kuliner Padang yang spesial. Resep ikan bakar khas padang ini cukup mudah Anda praktekan di rumah.

Panggang ikan khas padang ini memiliki citarasa yang unik dan menarik. Jika biasanya Anda mendapati masakan padang terbuat dari bahan daging sapi, kali ini terbuat dari bahan ikan.

Anda bisa menggunakan ikan jenis ikan mas, ikan kembung, ikan bawal atau ikan gurameh untuk membuat masakan Padang panggang ikan. Berikut bahan dan langkah-langkah membuatnya.

Bahan ikan panggang padang

  • ikan 6 ekor
  • air jeruk 2 sendok
  • garam 1 sendok teh
  • santan 1/2 gelas

Bumbu panggang ikan khas Padang :

  • bawang putih 3 siung
  • cabe merah 6 buah
  • 8 butir bawang merah
  • lengkuas 2 ruas
  • kunyit 1 ruas

Bahan bumbu kecap:

  • cabe rawit 10 buah (iris halus)
  • tomat 2 buah (potong-potong)
  • bawang merah 5 buah (iris kasar)
  • kecap manis 1/2 gelas
  • air jeruk nipis 1/2 gelas
  • garam secukupnya
  • air jeruk nipis 1 sendok teh

Cara membuat panggan ikan bumbu kecap khas Padang 

  • Lumuri ikan yang sudah dipersiapkan dengan garam jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Cuci, bersihkan, dan tiriskan.
  • Campurkan antara bumbu halus dengan santan, diamkan sekitar 30 menit.
  • Siapkan alat pemanggang untuk memanggang ikan. Panggang dan bakar ikan sambil sesekali dibalik dan dilumuri dengan bumbu sampai ikan benar-benar sudah matang.
  • Jika bumbu sudah mengering, tandanya ikan sudah mulai matang.
  • Angkat dan sajikan di atas piring saji.
  • Hidangkan panggang ikan dengan bumbu kecap.

Perlu Anda ketahui, masakan ikan panggang ini menjadi salah satu masakan favorit yang sering dihidangkan pada acara pesat oleh beberapa jasa kuliner. Seperti jasa catering Bandung, Jogja, Jakarta, dan banyak lagi.

Selain masakan Padang yang sudah kami paparkan di atas, masih banyak masakan Padang yang bisa Anda coba di rumah guna menyajikan makanan lezat dan bergizi, seperti rendang daging, ayam bakar, gulai kepala ikan kakap, dan banyak lagi.

Please rate this

Wisata Kuliner Bogor yang Terkenal, Makanan Khas dan Tempat Nongkrong yang Asyik dan Enak No ratings yet.

Kuliner Bogor – Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga memiliki hal lain lain yang perlu kita gali lebih dalam lagi. Selain tempat wisata dan pemandangan alamnya, Bogor juga memiliki banyak jenis kuliner yang mempunyai cita rasa khas.

1. Laksa Kp Cincau

kuliner bogor laksa kp cincau
kuliner bogor laksa kp cincau ©wisatabogor.id

Laksa adalah salah satu kuliner khas Sunda yang terbuat dari campuran toge, telur rebus, tahu kuning, dan oncom. Bahan tersbut kemudian diguyur dengan kuah kuning yang masih mendidih.

Sebagai pelengkap, bagian atas laksa diberi taburan bawang goreng dan juga daun kemangi. Di Bogor, laksa kp Cincau mulai merintis usaha kuliner ini sejak 1950.

Hingga saat ini, laksa kp Cincau masih eksis di Kota Bogor. Lokasinya ada di belakang supermarket Grand Suryakencana atau di depan Jl. Ranggading depan Kampus Kesatuan.

Laksa kp Cincau mulai buka pada pkl 07.00 – 11.00. Laksanya sendiri dijual dengan harga Rp 8.000 per porsinya.

2. Nasi Uduk Bansus

nasi uduk bansus
nasi uduk bansus ©hellobogor.com

Salah satu yang menjadi ciri khas Nasi Uduk Bansus adalah penyajiannya yang menggunakan daun pisang. Bansus sendiri adalah singkatan dari brandek susu yang menjadi ciri khas dari tempat makan yang satu ini.

Nasi Uduk Bansus dapat kamu temukan di Jl Pahlawan dekat Ramayana atau Bogor Trade Mall. Salah satu yang jadi daya tarik lain dari Nasi Uduk Bansus adalah sambal kacangya yang enak.

3. Ayam Goreng Resto Mbok Berek

kuliner bogor ayam goreng resto mbok berek
kuliner bogor ayam goreng resto mbok berek ©paprika.co.id

Kuliner yang satu ini wajib kalian coba ketika mengunjungi daerah Puncak. Lokasi Resto Mbok Berek ada di Jl Raya Puncak – Tugu Selatan, Cisarua Bogor. Ayam goreng yang disajikan lebih gurih dan mempunyai aroma yang khas.

Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat antara Rp 30.00 – Rp 50.000. Resto Mbok Berek mulai buka jam 10.00 – 22.00.

4. Bakso Seuseupan Bantarjati

kuliner bogor bakso seuseupan bantarjati ©indonesiana.co.id

Bakso Seuseupan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan kedai bakso pada umumnya. Tempat yang luas, bersih, nyaman, rapih, dan tekstur daging bakso yang lembut serta aroma kuah kaldu gurih.

Selain itu, rasanya juga lebih enak dibandingkan bakso pada umumnya. Kedai Bakso Seuseupan ada di Jl Bangbarung Raya No 51, Bogor. Hatga bakso per porsinya adalah Rp 15.000.

5. Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak OO

kuliner bogor sate sumsum dan ginjal sapi pak OO
kuliner bogor sate sumsum dan ginjal sapi pak OO ©ulinulin.com

Biasanya penjual kuliner sate hanya menyediakan menu sate ayam, kambing, dan sapi saja. Bogor mempunyai tempat kuliner unik yang menawarkan sate sumsum dan ginjal sapi.

Kalau kamu penasaran bagaimana rasanya, datang saja ke Jl Suryakencana No 193 Bogor. Sate sumsum dan ginjal Pak OO dihargai Rp 22.000 per porsinya.

6. Mie Rampok

kuliner bogor mie rampok
kuliner bogor mie rampok ©makanan-indonesia.blogspot.com

Namanya saja sudah terdengar unik. Mie Rampok sendiri adalah singkatan dari Ramen Depok. Mie Rampok berisi mie basah, sayap ayam, kuah kari dan daun bawang.

Setiap porsi Mie Rampok juga diberi tambahan kerupuk lho. Lokasinya ada di depan Cibinong City Mall dengan konsep emperan. Cabang lainnya ada di ruko dekat SMP 2 Cibinong.

7. Martabak Air Mancur

kuliner bogor martabak air mancur
kuliner bogor martabak air mancur ©martabak-airmancur.web.id

Air Mancur Bogor adalah salah satu tempat paling ramai karena terkenal dengan banyaknya pedagang kuliner di sana. Salah satu kuliner enaknya adalah Martabak Air Mancur.

Martabak Air Mancur menawarkan berbagai jenis ukuran dan rasa martabak yang berbeda. Lokasi Martabak Air Mancur berada di samping Air Mancur Bogor.

8. Bakso Setan

kuliner bogor bakso setan
kuliner bogor bakso setan ©qrafed.com

Nama bakso yang satu ini memang terdengar serem. Bakso Setan ini sebenarnya memiliki ukuran yang tidak biasa alias jumbo. Saking besarnya, 1 porsi Bakso Setan harus disimpan pada 2 mangkok yang berbeda.

Di Bogor terdapat 2 tempat Bakso Setan yang bisa kamu kunjungi. Pertama adalah di pertigaan Taman Safari Puncak, dan ke-2 di daerah Cimanggu.

9. Soto Bogor Pak Salam

kuliner bogor soto bogor pak salam
kuliner bogor soto bogor pak salam ©goodindonesianfood.com

Soto Bogor Pak Salam beralamat di Jl. Siliwangi atau gang Aut Surya Kencana. Masalah rasa, Soto Bogor Pak Salam tidak perlu diragukan lagi. Warung yang mulai buka pkl 16.30 ini biasanya sudah tutup pkl 19.00.

Alasannya adalah karena dagangan kuliner yang dijajakan sudah habis. Pada akhir pekan, Soto Bogor Pak Salam biasanya diserbu pelanggan dari luar kota. Hasilnya, hanya dalam beberapa jam saja Soto Bogor Pak Salam sudah habis terjual.

10. Bebek Pak Ndut

kuliner bogor bebek pak ndut
kuliner bogor bebek pak ndut ©pakndut.co

Bebek Pak Ndut letaknya dekat dengan Air Mancur Bogor, tepatnya beralamat di Jl Pemuda No 9A, Bogor. Restoran ini juga menyediakan menu olahan ayam yang tidak kalah enak dengan menu bebeknya.

Rasa sambal yang khas dan bumbu yang meresap menjadi daya tarik pelanggan untuk makan di tempat ini. Suasana makan di atas meja, saung, dan lesehan juga ditawarkan untuk memuaskan pelanggan.

11. Resto Cimory

kuliner bogor resto cimory
kuliner bogor resto cimory ©jalan2.com

Salah satu tempat makan yang memiliki desain futuristik adalah Resto Cimory yang ada di Puncak. Cimory adalah salah satu brand yang terkenal dengan produk susu dan yoghurtnya. Cimory sendiri adalah singkatan dari Cisarua Montain Dairy.

Pemandangan di sekitar resto yang dekat dengan alam menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Di Bogor terdapat 2 resto Cimori. Pertama ada di Cimory Mountview dengan pemandangan gunung dan Cimory Riverside dengan pemandangan sungai.

Itulah beberapa kuliner yang bisa kalian coba ketika berkunjung ke Bogor. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya terkait catering Bandung atau kuliner Malang yang bisa membangkitkan gairah makan kalian.

Please rate this

Kuliner Jogja Murah yang Tersedia di Malam dan Siang Hari No ratings yet.

kuliner jogja angkringan pak man

KULINER JOGJA –  Jogja merupakan salah satu Kota Istimewa di Indonesia yang memiliki kesultanan dan kerajaan. Dimana, Sultan Hamengkubuwono memiliki dua tugas, yaitu berperan sebagai seorang sultan dan sebagai Gubernur DIY. Istiewa kotanya, istimewa juga budanyanya, termasuk masalah kulinernya. 

Kuliner Jogja

Menjadi salah satu daerah istimewa di Indonesia maka secara otomatis Jogja menjadi kota yang memiliki kekayaan wisata kuliner yang melimpah. Bukan begitu? Yup, pada kesempatan kali ini saya akan share review tempat makan enak yang wajib kamu kunjungi kalau mampir di kota pelajar ini. 

1. Rumah Raminten

kuliner jogja rumah raminten
kuliner jogja rumah raminten jogjarove.blogspot.com

Tempat Kuliner yang pertama yang akan kita bahas adalah Rumah Raminten. Jika kita baca nama restoran ini maka yang terbenak dalam pikiran kita adalah restoran yang terkesan western yang njowo. Tempat wisata Jogja yang satu ini menyediakan aneka makanan tradisional namun disajikan dengan cara berkelas nan eksklusif.

Jika kamu datang kesini maka kamu akan disajikan makanan tradisional seperti wedang, nasi kucing dan masih banyak lagi makanan tradisional yang disajikan ditempat ini.

Jika kamu datang ke tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang klasik dan santai. Gua jami, kamu bakalan betah di tempat kuliner ini.

Disini kamu akan dimanjakan dengan makanan-makanan yang sangat menggiurkan yang bisa menggoyang lidah.

2. Sate Klathak Pak Pong

kuliner jogja sate klathak pak pong yogyakarta
kuliner jogja sate klathak pak pong yogyakarta ©happy-bus.id

Buat kamu para penggemar sate, kamu harus coba sate yang satu ini. Sate ini tidak akan kamu temukan selain di Jogja. Sate klathak adalah salah satu sate yang terbuat dari daging kambing yang ditusuk dengan menggunakan jeruji.

Selain itu, dengan menggunakan jeruji, dapat menghemat penggunaan bambu tusuk sehingga dapat ramah lingkungan karena jeruji ini bisa digunakan berkali-kali. Selain unik dan memiliki rasa yang nikmat sate ini juga memiliki rasa yang enak banget. Kalau kamu ke Jogja, wajib mapir ke tempat ini, karena sate ini tidak ada di tempat lain.

3. Nasi Goreng Beringharjo

kuliner jogja nasi goreng beringharjo
kuliner jogja nasi goreng beringharjo ©wisatamu.com

Wisata kuliner Jogja yang selanjutnya adalah nasi goreng Beringharjo. Tempat makan yang satu ini sudah sangat dikenal oleh para masyarakat Jogja. Karena warung makan ini sudah ada sejak tahun 1960 sampai sekarang.

Cinta sudah berganti generasi, tetapi tetap saja cita rasa nasi goreng Beringharjo tidak akan lapuk di makan usia.

Meski tempat makan ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung, kamu tidak perlu khawatir untuk mengantri karena nasi goreng disini sudah distok dari sebelumnya. 

Jika menurut kamu dengan makan 1 porsi saja tidak cukup, maka kamu tidak perlu malu-malu pesan nasi goreng dengan porsi 1,5 atau langsung memesan 2 porsi. Tempat makan ini mulai buka dari pukul 19.00 sampai habis.

4. Mie Telap 12

kuliner jogja mie telap 12
kuliner jogja mie telap 12 ©anishidayah.com

Tempat kuliner Jogja yang selanjutnya adalah mie telap 12. Ditempat ini kita akan disajikan mie instan yang disajikan dengan rasa yang lebih nikmat dari mie instan biasanya.

Banyak mie instan menawarkan berbagai rasa. Jika kita melihat di televisi maka terlihat sangat enak. Dan ternyata kalau kita buat mie instan sendiri tidak sesuai dengan gambar yang ada di televisi.

Kalau kamu datang tempat ini, maka kamu akan mendapatkan mie instan yang sesuai dengan yang ada di iklan televisi. Salah satu contohnya adalah,  jika kamu memesan mie instan rasa redang, maka kamu  juga bisa menikmati daging rendang secara langsung. 

5. Angkringan Pak Man

kuliner jogja angkringan pak man
kuliner jogja angkringan pak man ©paketwisatajogja75.com

Kuliner Jogja selanjutnya yang harus kamu  kunjungi adalah angkringan Pak Man. Ditempat ini kita bisa menikmati berbagai variasi kuliner yang ada di Jogja. Angkringan dalam bahasa indonesia adalah nongkrong menjadi salah satu pilihan warga Jogja untuk mengisi perut yang lagi kosong.

Jika kita ke Jogja, maka kita akan menemukan banyak sekali tempat angkringan. Tempat angkringan yang paling terkenal dan selalu ramai pengunjung adalah angkringan pak man ini. Selain itu ternyata angkringan Pak Man ini sudah berdiri sejak tahun 1969.

Menu yang disajikan ditempat ini ada banyak variannya, mulai dari nasi kucing, sate telur puyuh dan masih banyak lagi varian makanan khas Jogja yang lainnya. 

Gaya penyajian makanan yang seperti angkringan banyak disukai di Jogja. Meskipun begitu, tidak jarang para pengusaha kuliner daerah lain sering menggunakan style angringan untuk sajiannya, seperti yang dilakukan oleh para pengusaha catering Bandung.

6. Gudeg Pawon

kuliner jogja gudeg pawon
kuliner jogja gudeg pawon ©panduanwisatajogja.com

Kuliner khas Jogja yang selanjutnya adalah Gudeg Pawon. Gudeg Pawon ini sudah berdiri lebih dari setengah abad atau lebih tepatnya adalah 1958. Tidak heran jika gudeg pawon ini memiliki pelanggan setia yang rela mengantri untuk merasakan nikmatnya gudeg pawon.

Sesuai dengan namanya, gudeg ini memiliki keunikan rasa yang berbeda dengan gudeg yang lainnya. Meski  memiliki tampilan yang sederhana, akan tetapi tidak mengubah cita rasa yang dimiliki gudeg pawon ini.

Gudeg pawon ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu jika sedang kelaparan dimalam hari. Dengan menikmati gudeg dengan ditambah ayam dan teh hangat di Jogja lebih hangat dan nikmat.

Jika kamu ingin menikmati gudeg pawon ini, kamu harus rela mengantri berlama-lama. Kalau kamu ingin menikmati kuliner gudeg ini, kamu dapat langsung berkunjung ke Jl. Soepomo.

Sekian sharing kali ini tentang kuliner Jogja. Masih banyak lagi wisata kuliner di Indonesia yang perlu kita cicipi. Kalau kamu berkunjung ke Bogor, kamu wajib mengicipi juga wisata kuliner Bogor yang ada di sana.

Demikian, semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa mampir kalau berkunjung ke Jogja 🙂

Please rate this